Minggu, 02 Oktober 2016

RPP PAI KELAS XII TENTANG MERAIH KASIH ALLAH DENGAN IHSAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
No. 06


Satuan Pendidikan      : ..........................................
Kelas /Semester        : XII / Ganjil
Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
  Topik                         : Meraih kasih Allah dengan Ihsan
  Materi Pokok           : Q.S. Al-Baqarah (2): 83.
  Alokasi Waktu          : 2 X 3 Jam Pelajaran
Jumlah Pertemuan    : 2 x Pertemuan

A.   Kompetensi Inti       :
(K1)   : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
(K2) : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan   alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
(K3) : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan    wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  (K4)     : Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait  dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,   dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.   Kompetensi Dasar

          2.4     Menunjukkan perilaku saling menasihati dan berbuat baik (ihsan) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Luqman (31) : 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83, serta hadits terkait.
          3.2    Menganalisis Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83, serta hadits  tentang saling menasihati dan berbuat baik (ihsan).
          4.2.1 Membaca Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 sesuai dengan  kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
          4.2.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 denagn lancar

A.               Indikator Pencapaian Kompetensi

1.      Mampu menunjukkan perilaku berbuat baik ( Ihsan ) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 83  dan hadits terkait
  1. Mampu  Menganalisis Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan hadits tentang berbuat baik(Ihsan)
  2. Mampu Membaca Q.S. Al-Baqarah (2): 83 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
  3. Mampu Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dengan  lancar
  4. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif)
B.               Tujuan Pembelajaran

Setelah dilaksanakan kegiatan pembelajaran  melalui model pembelajaran Saintifik kooperatif rool play,diskusi, ceramah  Mengamati (Menyimak bacaan, membaca, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid), dan mencermati kandungan  Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan hadits terkait.) Menanya ( Menanyakan cara membaca Q.S. Al-Baqarah (2): 83. Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid, asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan hadits terkait. ) siswa dapat :
1.      Menganalisis Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan  hadits tentang berbuat baik ( ihsan )
2.      Membaca Q.S. Al-Baqarah (2): 83 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
3.      Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dengan lancar
4.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif)

C.               Materi Ajar

  1. Materi Fakta (sesuatu yang dapat diindera)
Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan  hadits tentang berbuat baik ( ihsan )
  1. Materi Konsep (gabungan antar fakta yang saling berhubungan)
1.      Pengertian berbuat baik ( ihsan )
2.      Ruang lingkup ihsan
3.    Materi Prinsip (generalisasi hubungan antar konsep-konsep yang berkaitan:   hukum, teori, azas)
Jenis ihsan
Hikmah berbuat baik ( ihsan )
  1. Materi Prosedur (sederetan langkah yang sistematis dalam menerapkan prinsip)
Budayakan  dalam berbuat kebaikan
Cara memberi nasehat dalam kebaikan
Bacalah baik-baik ayat dibawah ini :

Artinya :83. dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat kebaikanlah kepada ibu bapa, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sebahagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling.

Pihak-pihak yang berhak menerima ihsan adalah sebagai berikut :
a.       Ihsan kepada Allah Swt, yaitu dengan beribadah hanya kepada Allah Swt
b.      Ihsan kepada sesama makhluk ciptaan Allah Swt, terdiri dari :
-          Ihsan kepada kedua orang tua
-          Ihsan kepada kerabat karib
-          Ihsan kepada anak yatim
-          Ihsan kepada fakir miskin
-          Ihsan kepada tetangga
-          Ihsan kepada tamu
-          Ihsan kepada karyawan/ pekerja
-          Ihsan kepada sesama manusia
-          Ihsan kepada binatang
-          Ihsan kepada alam sekitar

D.               Metode Pembelajaran
·         Saintifik
·         kooperatif
·         rool play,diskusi, ceramah

E.               Media Pembelajaran

Media
·      Video Pembelajaran
·      CD Pembelajaran Tajwid Interaktif
Alat
·      Komputer / Laptop
·      LCD Projector

F.     Sumber Belajar:
 
      Sumber Belajar :    
·         Buku PAI Kls XII Kemdikbud
·         Al-Quran dan Al-Hadits
·         Buku tajwid
·         Kitab tafsir Al-Qur’an
·         Buku lain yang menunjang
·         Multimedia interaktif dan Internet

G.           Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi
Alokasiwaktu

Pendahuluan
  • Memberikan salam
  • Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
  • Menanyakan kehadiran siswa
  • Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
  • Tanya jawab materi sebelumnya
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point.

10 menit

Inti
·         Mengamati
·         Menyimak bacaan, membaca, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid), dan mencermati kandungan  Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan  hadits terkait.
·         Menanya
·         Menanyakan cara membaca Q.S. Al-Baqarah (2): 83
·         Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid, asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah (2): 83  dan hadits terkait.
·         Mengumpulkan data/eksplorasi
·         Mendiskusikan cara membaca  Q.S. Al-Baqarah (2): 83 sesuai dengan hukum  bacaan tajwid;
·         Menterjemahkan  Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan hadits terkait;
·         Menganalisis asbabun nuzul/wurud dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83  dan  hadits terkait.
·         Mengasosiasi
·         Membuat kesimpulan dari kandungan Q.S. Al-Baqarah (2): 83  dan  hadits terkait.
·         Mengkomunikasikan:
Mendemonstrasikan bacaan (hafalan), menyampaikan hasil diskusi tentang  Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan  hadits terkait secara individu maupun kelompok

70 menit

Penutup
·         Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi
·         Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
·         Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
·         Mengucapkan salam

10 menit

J.   Penilaian       
1.  Prosedur        :
              a.Penilaian proses belajar mengajar oleh guru
              b.Penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay)
2.Alat Penilaian (Soal terlampir)
   
Aspek afektif
Isilah pernyataan-pernyataan berikut sesuai dengan sikapmu yang sebenarnya dengan cara mencontreng ( √ ) pada kolom yang tersedia

INTERNALISASI AKHLAK MULIA
No
Pernyataan
setuju
tidak setuju
tidak tahu
alasan
1
Shalat fardhu perlu dikerjakan sekhusyuk dan seikhlas mungkin
……
……
…..
……
 2
Perintah orang tua harus ditaati walaupun harus melanggar hak orang lain
……
……
…..
……
 3
Tetangga yang tidak beragama Islam tidak perlu dihormati
……
……
…..
……
4
Sebelum kita memotong ayam , sebaiknya kita beri makan dulu hingga kenyang
……
……
…..
……
5
Ikan dilautan disediakan Allah untuk manusia, oleh karena itu manusia boleh menggunakan cara apa saja untuk mendapatkannya
…..
….
….
…..

Lampiran 2 : Format Penilaian Proses bealajar
FORMAT PENGAMATAN SIKAP
No
Nama Siswa
Disiplin
Tanggung jawab
Peduli
Kerja keras
a
b
c
a
b
c
a
b
c
a
b
c
1
2
3
4
5

INDIKATOR KOMPETENSI INTI 1 DAN 2

1.      Disiplin
·         Selalu hadir di kelas tepat waktu
·         Mengerjakan LKS sesuai petunjuk dan tepat waktu
·         Mentaati aturan main dalam kerja mandiri dan kelompok
2.      Tanggung jawab
Berusaha menyelesaikan tugas dengan sungguh-sungguh
·         Bertanya kepada teman/guru bila menjumpai masalah
·         Menyelesaikan permasalahan yang menjadi tanggung jawabnya
·         Partisipasi dalam kelompok
3.      Peduli
·         Menjaga kebersihan kelas, membantu teman yang membutuhkan
·         Menunjukkan rasa empati dan simpati untuk ikut menyelesaikan masalah
·         Mampu memberikan ide/gagasan terhadap suatu masalah yang ada di sekitarnya
·         Memberikan bantuan sesuai dengan kemampuannya
4.      Kerja keras
·         Mengerjakan LKS dengan sungguh-sungguh
·         Menunjukkan sikap pantang menyerah
·         Berusaha menemukan solusi permasalahan yang diberikan

PEDOMAN PENILAIAN:

·         Penilaian dilakukan dengan cara membandingkan karakter siswa pada kondisi awal dengan pencapaian dalam waktu tertentu.
·         Hasil yang dicapai selanjutnya dicatat, dianalisis dan diadakan tindak lanjut.
1.      Tugas
Menghafal Q.S. Al-Baqarah (2): 83, dan  hadits terkait dengan cara mengisi lis  ( lembar tugas hafalan).
2.      Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
·         isi diskusi (kandungan ayat dan hukum bacaan)
·         sikap yang ditunjukkan peserta didik terkait dengan  tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
3.      Portofolio
·         Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang kandungan  Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan  hadits terkait;
·         Membuat paparan analisis dan identifikasi hukum bacaan yang ada pada  Q.S.  Al-Baqarah (2): 83
·         Membuat laporan perkembangan hafalan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan hadist terkait.
4.      Tes tulis
·         Menyalin Q.S. Al-Baqarah (2): 83 serta mengidentifikasi hukum bacaan tajwidnya;
·         Menjawab soal-soal tentang isi kandungan Q.S. Al-Baqarah (2): 83, dan hadist terkait.
5.      Tes lisan
Membaca dan menghafal Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan hadits terkait
Mengetahui
Kepala Sekolah



.........................................
NIP.

Banjarbaru, .....................
Pendidik Bidang Studi



...........................................
NIP. ...................................








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SURGA FIRDAUS IMPIAN ORANG BERIMAN

                                                             SURGA FIRDAUS      Setiap muslim pasti ingin masuk kedalam surga dan mereka b...