Pertemuan
1
Kegiatan
awal
Pesiapan (5 menit)
1. Mempersiapkan alat peraga/ media/bahan berupa laptop,
LCD projector, speaker active, laptop, handphone, kamera, atau media lain. 2. Memastikan bahwa ruang kelas sudah bersih, aman dan
nyaman 3. Menyiapkan bahan tayang dan multimedia pembelajaran
interaktif
Pendahuluan (10 menit)
4. Meminta pengurus kelas (Rohis/rohaniawan kelas) untuk memimpin
doa memulai kegiatan pembelaran (guru dan peserta didik berdoa secara
bersamaan dipimpin Rohis/ rohaniawan kelas). 5. Guru menyapa setiap siswa dengan kontak mata dan menanyakan
kondisi masing- masing dan menyampaikan apersepsi.
6. Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan yang terkait
dengan materi pelajaran, menyampaikan cakupan materi, tujuan pembelajaran,
dan kegiatan yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian.
7..
Tadarus Al-Qur’an Q.S. Al-Hasyr/59:
18-21
Kegiatan Pembelajaran Inti ( 110 menit)
8. Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan
perhatian pada topik materi “ Islam dan Peradaban”.
9. Guru menayangkan gambar/foto/video yang relevan, Peserta didik
mengamatiLembar kerja materi “Islam dan Peradaban”.
10. Pemberian contoh-contoh materi “Islam dan Peradaban” dari media
interaktif, dsb.
11. Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan “Islam dan Peradaban”.
12. Menulis rangkuman dari hasil pengamatan dan bacaan terkait “Islam dan
Peradaban”.
13. Pemberian materi “Islam dan Peradaban” oleh guru.
14. Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai materi : “Islam dan Peradaban”. 15.
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar
yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar 16.
Mengajukan pertanyaan tentang materi : yang tidak dipahami dari
apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang
apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.
17. Peserta didik
dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi
“Islam dan Peradaban”.
18. Mencatat
semua informasi tentang materi “Islam
dan Peradaban” yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan
yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
19. Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri “Islam dan Peradaban”sesuai
dengan pemahamannya.
20.
Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan
informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki
pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan
sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan
prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan
tentang materi “Islam dan Peradaban”.
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
21. Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi “Islam dan Peradaban” berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan.
22. Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi :“ Islam dan Peradaban”.
23. Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi “Islam dan Peradaban”.dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan.
24. Bertanya atas
presentasi tentang materi “Islam dan
Peradaban”yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
25.
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul dalam
kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa :
26. Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang materi : “Islam dan Peradaban”.
27. Menjawab
pertanyaan tentang materi “Islam dan
Peradaban” yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar
kerja yang telah disediakan.
28. Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi “Islam
dan Peradaban” yang akan selesai dipelajari
29. Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi “Islam
dan Peradaban”. yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek
penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
KEGIATAN PENUTUP (10 Menit)
30.
Peserta didik dapat menanyakan hal yang tidak dipahami pada guru.
31.
Peserta didik mengomunikasikan kendala yang dihadapi selama
mengerjakan
32.
Peserta didik menerima apresiasi dan motivasi dari guru.
33.
Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama-sama.
Pertemuan 2
Kegiatan awal
Pesiapan (5 menit)
1. Mempersiapkan alat peraga/ media/bahan berupa laptop,
LCD projector, speaker active, laptop, handphone, kamera, atau media lain.
2. Memastikan bahwa ruang kelas sudah bersih, aman dan
nyaman.
3. Menyiapkan bahan tayang dan multimedia pembelajaran
interaktif.
Pendahuluan ( 10 menit )
4. Meminta
pengurus kelas (Rohis/rohaniawan kelas) untuk memimpin doa memulai kegiatan
pembelaran (guru dan peserta didik berdoa secara bersamaan dipimpin Rohis/
rohaniawan kelas).
5. Guru menyapa
setiap siswa dengan kontak mata dan menanyakan kondisi masing- masing dan
menyampaikan apersepsi.
6. Guru
memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi
pelajaran, menyampaikan cakupan materi, tujuan pembelajaran, dan kegiatan
yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian.
7. Tadarus Al-Qur’an Q.S. Al-Hasyr/59: 18-21
Kegiatan Pembelajaran Inti ( 110 menit)
1. Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan
perhatian pada topik materi “Tokoh-Tokoh
Islam pada Masa Modern ” yaitu
ketokohan 1) Muhamammad Ali Pasya; 2) Rifa’ah Baidawi Rafi’at
at-Tahtawi, 3) Jamaludin al-Afghani, 4) Muhammad Abduh, 5) Rasyid Ridha.
2. Guru menayangkan gambar/foto/video yang relevan, Peserta didik
mengamati Lembar kerja materi “Tokoh-Tokoh
Islam pada Masa Modern ” yaitu
ketokohan 1) Muhamammad Ali Pasya; 2) Rifa’ah Baidawi Rafi’at
at-Tahtawi, 3) Jamaludin al-Afghani, 4) Muhammad Abduh, 5) Rasyid Ridha.
3. Pemberian contoh-contoh materi “Tokoh-Tokoh Islam pada Masa Modern ” yaitu ketokohan 1) Muhamammad Ali Pasya; 2) Rifa’ah Baidawi
Rafi’at at-Tahtawi, 3) Jamaludin al-Afghani, 4) Muhammad Abduh, 5) Rasyid
Ridha dari media interaktif, dsb.
4. Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan “Tokoh-Tokoh
Islam pada Masa Modern ” yaitu
ketokohan 1) Muhamammad Ali Pasya; 2) Rifa’ah Baidawi Rafi’at
at-Tahtawi, 3) Jamaludin al-Afghani, 4) Muhammad Abduh, 5) Rasyid Ridha.
5. Menulis rangkuman dari hasil pengamatan dan bacaan terkait “Tokoh-Tokoh Islam pada Masa Modern ” yaitu ketokohan 1) Muhamammad Ali Pasya; 2) Rifa’ah Baidawi
Rafi’at at-Tahtawi, 3) Jamaludin al-Afghani, 4) Muhammad Abduh, 5) Rasyid
Ridha.
6. Pemberian materi “Tokoh-Tokoh
Islam pada Masa Modern ” yaitu
ketokohan 1) Muhamammad Ali Pasya; 2) Rifa’ah Baidawi Rafi’at
at-Tahtawi, 3) Jamaludin al-Afghani, 4) Muhammad Abduh, 5) Rasyid Ridha.oleh guru.
7. Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai materi : “Tokoh-Tokoh
Islam pada Masa Modern ” yaitu
ketokohan 1) Muhamammad Ali Pasya; 2) Rifa’ah Baidawi Rafi’at
at-Tahtawi, 3) Jamaludin al-Afghani, 4) Muhammad Abduh, 5) Rasyid Ridha.
8. Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar.
9. Mengajukan
pertanyaan tentang materi : yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat.
10. Peserta didik
dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi
“Tokoh-Tokoh Islam pada Masa
Modern ” yaitu ketokohan 1)
Muhamammad Ali Pasya; 2) Rifa’ah Baidawi Rafi’at at-Tahtawi, 3) Jamaludin
al-Afghani, 4) Muhammad Abduh, 5) Rasyid Ridha.
11. Mencatat
semua informasi tentang materi “Tokoh-Tokoh
Islam pada Masa Modern ” yaitu
ketokohan 1) Muhamammad Ali Pasya; 2) Rifa’ah Baidawi Rafi’at
at-Tahtawi, 3) Jamaludin al-Afghani, 4) Muhammad Abduh, 5) Rasyid Ridha yang
telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar.
12. Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri “Tokoh-Tokoh
Islam pada Masa Modern ” yaitu
ketokohan 1) Muhamammad Ali Pasya; 2) Rifa’ah Baidawi Rafi’at
at-Tahtawi, 3) Jamaludin al-Afghani, 4) Muhammad Abduh, 5) Rasyid Ridha sesuai dengan pemahamannya.
13. Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi“Tokoh-Tokoh Islam pada Masa Modern ” yaitu ketokohan 1) Muhamammad Ali
Pasya; 2) Rifa’ah Baidawi Rafi’at at-Tahtawi, 3) Jamaludin al-Afghani, 4) Muhammad
Abduh, 5) Rasyid Ridha antara lain
dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
14. Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi ““Tokoh-Tokoh Islam pada Masa Modern ” yaitu ketokohan 1) Muhamammad Ali
Pasya; 2) Rifa’ah Baidawi Rafi’at at-Tahtawi, 3) Jamaludin al-Afghani, 4) Muhammad
Abduh, 5) Rasyid Ridha berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara
lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi,
kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
15. Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi “Tokoh-Tokoh Islam pada Masa Modern ” yaitu ketokohan 1) Muhamammad Ali Pasya; 2) Rifa’ah Baidawi
Rafi’at at-Tahtawi, 3) Jamaludin al-Afghani, 4) Muhammad Abduh, 5) Rasyid
Ridha.
16. Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi “Tokoh-Tokoh Islam pada Masa Modern ” yaitu ketokohan 1) Muhamammad Ali Pasya; 2) Rifa’ah Baidawi
Rafi’at at-Tahtawi, 3) Jamaludin al-Afghani, 4) Muhammad Abduh, 5) Rasyid
Ridha dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
17. Bertanya atas
presentasi tentang materi “Tokoh-Tokoh
Islam pada Masa Modern ” yaitu
ketokohan 1) Muhamammad Ali Pasya; 2) Rifa’ah Baidawi Rafi’at
at-Tahtawi, 3) Jamaludin al-Afghani, 4) Muhammad Abduh, 5) Rasyid Ridha yang
dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
18. Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi
: “Tokoh-Tokoh Islam pada Masa
Modern ” yaitu ketokohan 1)
Muhamammad Ali Pasya; 2) Rifa’ah Baidawi Rafi’at at-Tahtawi, 3) Jamaludin
al-Afghani, 4) Muhammad Abduh, 5) Rasyid Ridha.
19. Menjawab
pertanyaan tentang materi “Tokoh-Tokoh
Islam pada Masa Modern ” yaitu
ketokohan 1) Muhamammad Ali Pasya; 2) Rifa’ah Baidawi Rafi’at
at-Tahtawi, 3) Jamaludin al-Afghani, 4) Muhammad Abduh, 5) Rasyid Ridha yang
terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah
disediakan.
20. Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada
siswa berkaitan dengan materi “Tokoh-Tokoh
Islam pada Masa Modern ” yaitu
ketokohan 1) Muhamammad Ali Pasya; 2) Rifa’ah Baidawi Rafi’at
at-Tahtawi, 3) Jamaludin al-Afghani, 4) Muhammad Abduh, 5) Rasyid Ridha yang
akan selesai dipelajari.
21. Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi “Tokoh-Tokoh
Islam pada Masa Modern ” yaitu
ketokohan 1) Muhamammad Ali Pasya; 2) Rifa’ah Baidawi Rafi’at
at-Tahtawi, 3) Jamaludin al-Afghani, 4) Muhammad Abduh, 5) Rasyid Ridha yang terdapat pada buku pegangan
peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu
untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
KEGIATAN PENUTUP (10 Menit)
1.
Peserta didik dapat menanyakan hal yang tidak dipahami pada guru.
2.
Peserta didik mengomunikasikan kendala yang dihadapi selama
mengerjakan
3.
Peserta didik menerima apresiasi dan motivasi dari guru.
4.
Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama-sama.
Pertemuan 3
Kegiatan awal
Pesiapan (5 menit)
1. Mempersiapkan alat peraga/ media/bahan berupa laptop,
LCD projector, speaker active, laptop, handphone, kamera, atau media lain.
2. Memastikan bahwa ruang kelas sudah bersih, aman dan
nyaman.
3. Menyiapkan bahan tayang dan multimedia pembelajaran
interaktif.
Pendahuluan ( 10 menit )
4. Meminta
pengurus kelas (Rohis/rohaniawan kelas) untuk memimpin doa memulai kegiatan
pembelaran (guru dan peserta didik berdoa secara bersamaan dipimpin Rohis/
rohaniawan kelas).
5. Guru menyapa
setiap siswa dengan kontak mata dan menanyakan kondisi masing- masing dan
menyampaikan apersepsi.
6. Guru
memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan yang terkait dengan materi
pelajaran, menyampaikan cakupan materi, tujuan pembelajaran, dan kegiatan
yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian.
7. Tadarus
Al-Qur’an Q.S. Yūsuf/12: 111, Q.S Al-Qashash/28: 25
Kegiatan Pembelajaran Inti ( 110 menit)
1. Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan
perhatian pada topik materi “Tokoh-Tokoh
Islam pada Masa Modern ” yaitu
ketokohan 6) Sultan Mahmud II, 7) Muhammad Iqbal, 8) KH. Ahmad Dahlan, 9) KH.
Hasyim Asy’ari.
2. Guru menayangkan gambar/foto/video yang relevan, Peserta didik
mengamati Lembar kerja materi “Tokoh-Tokoh
Islam pada Masa Modern ” yaitu
ketokohan 6) Sultan Mahmud II, 7) Muhammad Iqbal, 8) KH. Ahmad Dahlan, 9) KH.
Hasyim Asy’ari.
3. Pemberian contoh-contoh materi “Tokoh-Tokoh Islam pada Masa Modern ” yaitu ketokohan 6) Sultan Mahmud II, 7) Muhammad Iqbal, 8) KH. Ahmad Dahlan, 9) KH.
Hasyim Asy’ari dari media interaktif,
dsb.
4. Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi
yang berhubungan dengan “Tokoh-Tokoh
Islam pada Masa Modern ” yaitu
ketokohan 6) Sultan Mahmud II, 7) Muhammad Iqbal, 8) KH. Ahmad Dahlan, 9) KH.
Hasyim Asy’ari.
5. Menulis rangkuman dari hasil pengamatan dan bacaan terkait “Tokoh-Tokoh Islam pada Masa Modern ” yaitu ketokohan 6) Sultan Mahmud II, 7) Muhammad Iqbal, 8) KH. Ahmad Dahlan, 9) KH.
Hasyim Asy’ari.
6. Pemberian materi “Tokoh-Tokoh
Islam pada Masa Modern ” yaitu
ketokohan 6) Sultan Mahmud II, 7) Muhammad Iqbal, 8) KH. Ahmad Dahlan, 9) KH.
Hasyim Asy’ari oleh guru.
7. Penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi
pelajaran mengenai materi : “Tokoh-Tokoh
Islam pada Masa Modern ” yaitu
ketokohan 6) Sultan Mahmud II, 7) Muhammad Iqbal, 8) KH. Ahmad Dahlan, 9) KH.
Hasyim Asy’ari.
8. Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar.
9. Mengajukan
pertanyaan tentang materi : yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat.
10. Peserta didik
dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi
““Tokoh-Tokoh Islam pada Masa
Modern ” yaitu ketokohan 6) Sultan Mahmud
II, 7) Muhammad Iqbal, 8) KH. Ahmad Dahlan, 9) KH. Hasyim Asy’ari.
11. Mencatat
semua informasi tentang materi “Tokoh-Tokoh
Islam pada Masa Modern ” yaitu
ketokohan 6) Sultan Mahmud II, 7) Muhammad Iqbal, 8) KH. Ahmad Dahlan, 9) KH.
Hasyim Asy’ari yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang
rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
12. Peserta didik
mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan materi dengan rasa
percaya diri “Tokoh-Tokoh
Islam pada Masa Modern ” yaitu
ketokohan 6) Sultan Mahmud II, 7) Muhammad Iqbal, 8) KH. Ahmad Dahlan, 9) KH.
Hasyim Asy’ari. sesuai dengan pemahamannya.
13. Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi“Tokoh-Tokoh Islam pada Masa Modern ” yaitu ketokohan 6) Sultan Mahmud
II, 7) Muhammad Iqbal, 8) KH. Ahmad Dahlan, 9) KH. Hasyim Asy’ari antara lain dengan : Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah
dikerjakan oleh peserta didik.
14. Menyampaikan
hasil diskusi tentang materi “Tokoh-Tokoh Islam pada Masa Modern ” yaitu ketokohan 6) Sultan Mahmud
II, 7) Muhammad Iqbal, 8) KH. Ahmad Dahlan, 9) KH. Hasyim Asy’ari berupa kesimpulan berdasarkan hasil
analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap
jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan
pendapat dengan sopan.
15. Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang materi “Tokoh-Tokoh Islam pada Masa Modern ” yaitu ketokohan 6) Sultan Mahmud II, 7) Muhammad Iqbal, 8) KH. Ahmad Dahlan, 9) KH.
Hasyim Asy’ari.
16. Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan tentanag materi “Tokoh-Tokoh Islam pada Masa Modern ” yaitu ketokohan 6) Sultan Mahmud II, 7) Muhammad Iqbal, 8) KH. Ahmad Dahlan, 9) KH.
Hasyim Asy’ari dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
17. Bertanya atas
presentasi tentang materi “Tokoh-Tokoh
Islam pada Masa Modern ” yaitu
ketokohan 6) Sultan Mahmud II, 7) Muhammad Iqbal, 8) KH. Ahmad Dahlan, 9) KH. Hasyim
Asy’ari yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
18. Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang materi
: “Tokoh-Tokoh Islam pada Masa
Modern ” yaitu ketokohan 6) Sultan Mahmud
II, 7) Muhammad Iqbal, 8) KH. Ahmad Dahlan, 9) KH. Hasyim Asy’ari.
19. Menjawab
pertanyaan tentang materi “Tokoh-Tokoh
Islam pada Masa Modern ” yaitu
ketokohan 6) Sultan Mahmud II, 7) Muhammad Iqbal, 8) KH. Ahmad Dahlan, 9) KH.
Hasyim Asy’ari yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
20. Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan
kepada siswa berkaitan dengan materi “Tokoh-Tokoh
Islam pada Masa Modern ” yaitu
ketokohan 6) Sultan Mahmud II, 7) Muhammad Iqbal, 8) KH. Ahmad Dahlan, 9) KH.
Hasyim Asy’ari yang akan selesai dipelajari.
21. Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi “Tokoh-Tokoh
Islam pada Masa Modern ” yaitu
ketokohan 6) Sultan Mahmud II, 7) Muhammad Iqbal, 8) KH. Ahmad Dahlan, 9) KH.
Hasyim Asy’ari yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan
secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
KEGIATAN PENUTUP (10 Menit)
1.
Peserta didik dapat menanyakan hal yang tidak dipahami pada guru.
2.
Peserta didik mengomunikasikan kendala yang dihadapi selama
mengerjakan
3.
Peserta didik menerima apresiasi dan motivasi dari guru.
4.
Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama-sama.
|