MODUL
AJAR 2 PAI SMK FASE F
A. Informasi Umum
Kode Modul |
PAI.F.XI.2 |
Penyusun/Tahun |
Kamrani,S.Ag /2024 |
Kelas/Fase Capaian |
XI/Fase F |
Elemen/Topik |
Al-Qur’an dan Hadis/ Kajian
Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan Hadis tentang
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
|
Alokasi Waktu |
135 menit x 2 (2 pekan) |
Pertemuan Ke- |
1-2 |
Profil Pelajar Pancasila |
Beriman, Bertaqwa, kepada Tuhan Yang
Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, Bergotong royong dan Mandiri. |
Sarana Prasarana |
LCD, Proyektor, Papan Tulis |
Target
Peserta Didik |
Regular/Tipikal |
Model
Pembelajaran |
Discovery
Learning |
Mode Pembelajaran |
Tatap Muka |
B.
Komponen
Inti
Tujuan
Pembelajaran
1. Peserta didik dapat menganalisis
Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan hadis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi.
2.
Peserta didik dapat membaca dan
menghafal Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan hadis tentang ilmu pengetahuan dan
teknologi.
3. Peserta didik dapat menjelaskan isi
kandungan Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan hadis
tentang ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga terbiasa membaca Al-Qur’an.
4. Peserta didik dapat mengimplementasikan
Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan hadis tentang ilmu
pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.
Pertanyaan
Pemantik
1.
Bagaimana
cara membaca yang benar Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan hadis
tentang ilmu pengetahuan dan teknologi?
2.
Jelaskanlah tafsir
Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dari buku-buku tafsir yang Anda ketahui?
3.
Bagaimana
mengimplementasikan Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan hadis tentang ilmu
pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan sehari-hari?
Persiapan
Pembelajaran
1. Guru
melakukan asesmen diagnostik dalam bentuk kuis sebelum pembelajaran.
2. Guru
menyiapkan bahan tayang PPT Q.S.
Ar-Rahman/55: 33 dan hadis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi.
Pertemuan Pekan
Pertama:
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
(15 menit)
a. Guru membuka kegiatan
pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b. Perwakilan
peserta didik memimpin doa.
c. Guru
menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.
d. Sebelum
memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit
yang dipimpin oleh ketua kelas. Guru meminta peserta didik untuk membaca Q.S.
Ar-Rahman/55: 33 dengan tartil beserta terjemahannya.
e. Guru memberikan apersepsi tentang cara membaca Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan hadis tentang ilmu
pengetahuan dan teknologi.
f.
Guru memberikan gambaran tentang cara membaca yang benar sesuai tajwid Q.S.
Ar-Rahman/55: 33 dan hadis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi.
g. Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi cara membaca yang benar Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan hadis
tentang ilmu pengetahuan dan teknologi.
2.
Kegiatan
Inti (105 menit)
Langkah 1. Orientasi Masalah
a. Guru melakukan tes
membaca Q.S. Ar-Rahman/55: 33 untuk mengetahui kemampuan peserta didik
dalam membaca Al-Qur’an, dari hasil tes tersebut kemudian dikelompokkan menjadi
tiga kelompok yaitu mahir, sedang, dan kurang.
b. Guru mendorong peserta
didik untuk berlatih membaca Al-Qur’an agar terbiasa membaca Al-Qur’an dan
hadis dengan memindai QR Code dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 24 dan 27.
c. Guru memberikan
kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar cara
membaca dan menghafal Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan hadis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi.
Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik
a. Peserta didik dibagi
dalam tiga kelompok sesuai hasil tes yang dilakukan guru.
b. Peserta didik
diminta melakukan Kegiatan Aktivitas
Mandiri dan Ruang Kolaborasi dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 30-31 untuk memahami cara
membaca dan menghafal Q.S. Ar-Rahman/55:33.
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok
a. Guru meminta peserta didik dalam kelompok untuk berlatih
mengidentifikasi hukum tajwid yang terdapat dalam Q.S. Ar-Rahman/55: 33.
b.
Guru
meminta peserta didik dalam kelompok untuk mengidentifikasi arti perkata dari Q.S.
Ar-Rahman/55: 33 juga hadis yang terkait.
c. Guru berkeliling
untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik dalam kelompok
masing-masing.
d. Guru memberikan
bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a. Guru meminta dengan
sukarela perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hukum tajwid yang terdapat
dalam Q.S. Ar-Rahman/55: 33.
b. Kelompok lain
diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang
dipresentasikan.
c. Guru meminta
perwakilan kelompok lain untuk mempresentasikan arti
perkata dari Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan hadis tentang ilmu pengetahuan dan
teknologi.
d. Kelompok lain
diminta kembali untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang
dipresentasikan.
Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a. Guru meminta semua
peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok
yang telah sukarela mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang
sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.
b. Guru memberikan penguatan
apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
3.
Kegiatan
Penutup (15 menit)
a. Guru bersama peserta
didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu cara
membaca dan menghafal Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan hadis
tentang kompetisi dalam kebaikan.
b. Guru mengonfirmasi
materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan Pekan
Kedua:
Kegiatan
Pembelajaran
1. Pendahuluan (15
menit)
a. Guru membuka kegiatan
pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b. Perwakilan
peserta didik memimpin doa.
c. Guru
menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.
d. Sebelum
memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit
yang dipimpin oleh ketua kelas.
e. Guru memberikan apersepsi tentang tafsir
Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan mengimplementasikan Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dalam
kehidupan sehari-hari.
f.
Guru memberikan gambaran tentang tafsir Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan mengimplementasikan Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dalam
kehidupan sehari-hari.
g. Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi kajian Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan hadis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi.
2.
Kegiatan
Inti (105 menit)
Langkah 1. Orientasi Masalah
a. Guru memberikan permasalahan tentang tafsir dari Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan dan
mengimplementasikan Q.S. Ar-Rahman/55: 33 hadis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi.
b. Guru meminta peserta didik merumuskan masalah tentang
tafsir dari Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan mengimplementasikan
Q.S. Ar-Rahman/55: 33 serta hadis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi..
c. Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait
permasalahan seputar tema.
Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik
a. Peserta didik membagi diri menjadi beberapa kelompok terdiri 4-5 orang, yang dibagi secara
acak dan mempertimbangkan heteroginitas.
b. Peserta
didik dalam kelompok mendiskusikan jawaban atas rumusan masalah tersebut,
dengan melakukan aktivitas pengumpulan data dan informasi dari berbagai buku
tafsir dan melakukan analisa perbandingan isinya.
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok
a. Guru berkeliling
untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik.
b. Guru melihat sampel
pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah
dilakukan.
c. Guru memberikan
bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a. Guru meminta
masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi tentang tafsir Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan mengimplementasikan Q.S. Al-Maidah/5:
32 dan hadis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi.
b. Kelompok lain
diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.
Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a. Guru meminta semua
peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok
yang telah mempresentasikan hasil diskusi dan bagi peserta didik yang sudah
terlibat aktif dalam pembelajaran.
b. Guru memberikan
penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
3.
Kegiatan
Penutup (15 menit).
a. Guru bersama peserta
didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu tafsir
dari Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan mengimplementasikan Q.S. Ar-Rahman/55: 33 serta hadis tentang ilmu pengetahuan dan teknologi.
a. Guru memberikan
tugas rumah untuk mengerjakan soal-soal pada fitur Yuk, Asah Literasimu, Uji Kemampuan Diri, dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 34-35.
b. Guru mengkonfirmasi
materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
Rencana
Asesmen:
Peserta didik mengerjakan
tugas terstruktur, yaitu Yuk, Asah
Literasimu, Uji Kemampuan Diri, Soal Latihan Bab, Soal Tipe AKM dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 34-42.
Pengayaan
dan Remedial:
Pindailah QR Code dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 43, untuk mengakses
soal-soal remedial dan pengayaan. Pilih dan kerjakanlah Soal-soal Pengayaan
jika Anda tidak melihat kembali materi saat menjawab soal-soal pada fitur Yuk, Asah Literasimu, Uji Kemampuan Diri,
Soal Latihan Bab, dan Soal Tipe AKM. Sebaliknya apabila Anda masih melihat kembali materi, maka pilih dan kerjakan Soal-soal
Remedial.
Refleksi
Peserta Didik dan Guru
Refleksi Peserta Didik
Ø Tuliskan
ayat beserta isi kandungan dari Q.S. Ar-Rahman/55:
33.
Ø Tuliskan hadis yang berkaitan dengan perintah ilmu pengetahuan dan
teknologi.
Ø Tuliskan
contoh perilaku yang mencerminkan Q.S. Ar-Rahman/55:
33 dalam kehidupan sehari-hari.
Refleksi Guru
Ø Apakah
pembelajaran dapat berlangsung sesuai rencana?
Ø Apakah
peserta didik yang mengalami hambatan, dapat teridentifikasi dan terfasilitasi
dengan baik?
C. Lampiran
Lembar
Aktivitas
Silakan kerjakan Yuk, Asah Literasimu, Uji Kemampuan Diri, Soal Latihan Bab, dan Soal
Tipe AKM
dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 34-42.
Bahan
Bacaan Guru dan Peserta Didik
Buku Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas XI dari
PT Penerbit Erlangga halaman 23-43.
Glosarium
·
Ilmu pengetahuan:
gabungan berbagai pengetahuan yang disusun secara logis dan sistematis dengan
memperhitungkan sebab akibat.
·
Teknologi: metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan
terapan
·
Fardhu ‘Ain: kewajiban perorangan yang wajib dilakukan oleh seorang muslim
dan tidak dapat diwakilkan.
·
Fardhu Kifayah: merupakan suatu amalan wajib yang dibebankan kepada umat
Islam tetapi bisa diwakilkan.
·
Empiris: berdasarkan pengalaman (terutama yang diperoleh dari
penemuan, percobaan, pengamatan yang telah dilakukan)
Daftar
Pustaka
H.A. Sholeh Dimyathi, dkk. 2022. Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas XI.
Jakarta: PT Penerbit Erlangga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar