MODUL
AJAR 3 PAI SMK FASE F
A. Informasi Umum
Kode Modul |
PAI.F.XI.3 |
Penyusun/Tahun |
Kamrani, S.Ag /2024 |
Kelas/Fase Capaian |
XI/Fase F |
Elemen/Topik |
Akidah/Cabang Iman: Memenuhi Janji,
Mensyukuri Nikmat, Memelihara Lisan dan Menutup Aib Orang Lain. |
Alokasi Waktu |
135 menit x 3 (3 pekan) |
Pertemuan Ke- |
1-3 |
Profil Pelajar Pancasila |
Beriman, Bertaqwa, kepada Tuhan Yang
Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, Bernalar Kritis dan Bergotong royong. |
Sarana Prasarana |
LCD, Proyektor, Papan Tulis |
Target
Peserta Didik |
Regular/Tipikal |
Model
Pembelajaran |
Discovery
Learning dan Project-Based Learning |
Mode Pembelajaran |
Tatap Muka |
B.
Komponen
Inti
Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat menganalisis cabang iman: memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan,
dan menutup aib orang lain.
2.
Peserta didik dapat menjelaskan tentang memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan, dan menutup
aib orang lain.
3.
Peserta didik dapat menjelaskan bahwa cabang iman adalah perintah agama.
4.
Peserta didik dapat mengimplementasikan sikap
tanggung jawab, memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan, dan menutup
aib orang lain.
Pertanyaan
Pemantik
1.
Jelaskanlah pengertian
cabang iman?
2.
Jelaskan
pengertian dari memenuhi janji, mensyukuri nikmat,
memelihara lisan, dan menutup aib orang lain?
3.
Bagaimana cara membiasakan
sikap
sikap tanggung jawab, memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan, dan menutup
aib orang lain dalam kehidupan?
Persiapan
Pembelajaran
1. Guru
melakukan asesmen diagnostik dalam bentuk kuis sebelum pembelajaran.
2.
Guru menyiapkan
bahan tayang PPT tentang cabang iman: memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan, dan menutup
aib orang lain.
Pertemuan Pekan
Pertama:
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
(15 menit)
a. Guru membuka kegiatan
pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b. Perwakilan
peserta didik memimpin doa.
c. Guru
menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.
d. Sebelum
memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit
yang dipimpin oleh ketua kelas. Guru meminta peserta didik untuk membaca Q.S.
Al-Ahzab/33: 70-71 dengan tartil beserta terjemahannya
e. Guru memberikan apersepsi tentang cabang iman: memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan,
dan menutup aib orang lain.
f.
Guru memberikan gambaran tentang cabang iman: memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan,
dan menutup aib orang lain.
g. Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi cabang iman: memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan,
dan menutup aib orang lain.
2.
Kegiatan
Inti (105 menit)
Langkah 1. Orientasi Masalah
a. Guru bertanya
tentang cabang iman: memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan,
dan menutup aib orang lain.
b. Guru mendorong peserta
didik untuk mempelajari dan mengumpulkan informasi lain dari berbagai sumber untuk
memahami tentang cabang iman: memenuhi janji,
mensyukuri nikmat, memelihara lisan, dan menutup aib orang lain.
c. Guru memberikan
kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar tema cabang iman: memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan,
dan menutup aib orang lain.
Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik
a. Peserta
didik membagi diri menjadi beberapa kelompok terdiri 4-5
orang, yang dibagi secara acak dan mempertimbangkan heteroginitas.
b. Peserta didik
diminta melakukan kegiatan di Ruang Kolaborasi dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 63 untuk memahami cabang iman: memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan,
dan menutup aib orang lain.
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok
a. Guru membimbing peserta didik untuk melakukan kegiatan di Ruang
Kolaborasi.
b. Guru berkeliling
untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik dalam kegiatan di Ruang
Kolaborasi.
c. Guru memberikan
bantuan terbatas, apabila ada peserta didik yang mengalami kesulitan.
Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a. Guru meminta masing-masing
kelompok secara bergantian untuk mempresentasikan hasil dari kegiatan di Ruang
Kolaborasi.
b. Peserta didik
lainnya diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.
c. Guru meminta peserta
didik untuk mengumpulkan tugas berupa laporan dalam bentuk Powerpoint dari kegiatan
di Ruang
Kolaborasi.
Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a. Guru meminta semua
peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap kelompok yang telah
mempresentasikan hasil dari kegiatan di Ruang Kolaborasi dan peserta didik yang
sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.
b. Guru memberikan penguatan
apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
3.
Kegiatan
Penutup (15 menit).
a. Guru bersama peserta
didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu cabang iman: memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan,
dan menutup aib orang lain.
b. Guru mengkonfirmasi
materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan Pekan
Kedua:
Kegiatan
Pembelajaran
1. Pendahuluan (15
menit)
a. Guru membuka kegiatan
pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b. Perwakilan
peserta didik memimpin doa.
c. Guru
menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.
d. Sebelum
memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit
yang dipimpin oleh ketua kelas.
e. Guru memberikan apersepsi tentang dalil-dalil
terkait cabang iman: memenuhi janji, mensyukuri
nikmat, memelihara lisan, dan menutup aib orang lain.
f.
Guru memberikan gambaran tentang dalil-dalil terkait cabang iman: memenuhi janji,
mensyukuri nikmat, memelihara lisan, dan menutup aib orang lain.
g. Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi cabang iman: memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan,
dan menutup aib orang lain.
2.
Kegiatan
Inti (105 menit)
Langkah 1. Orientasi Masalah
a. Guru memberikan permasalahan tentang dalil-dalil terkait cabang iman:
memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan, dan menutup aib orang lain.
b. Guru meminta peserta didik merumuskan masalah tentang
dalil-dalil terkait cabang iman:
memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan, dan menutup aib orang
lain.
c. Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait
permasalahan seputar tema cabang iman:
memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan, dan menutup aib orang lain.
Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik
a. Peserta didik membagi diri menjadi beberapa kelompok terdiri 4-5 orang, yang dibagi secara
acak dan mempertimbangkan heteroginitas.
b. Peserta
didik dalam kelompok mendiskusikan jawaban atas rumusan masalah tersebut,
dengan melakukan aktivitas pengumpulan data dan informasi dari berbagai sumber.
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok
a. Guru berkeliling
untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik.
b. Guru melihat sampel
pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah
dilakukan.
c. Guru memberikan
bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a. Guru meminta
masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi tentang dalil-dalil terkait cabang iman:
memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan, dan menutup aib orang lain.
b. Kelompok lain
diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang
dipresentasikan.
Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a. Guru meminta semua
peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok
yang telah mempresentasikan hasil diskusi dan peserta didik yang sudah terlibat
aktif dalam pembelajaran.
b. Guru memberikan
penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
3.
Kegiatan
Penutup (15 menit)
a. Guru bersama peserta
didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu dalil-dalil terkait cabang iman:
memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan, dan menutup aib orang lain.
b. Guru mengkonfirmasi
materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan Pekan
Ketiga:
Kegiatan
Pembelajaran
1. Pendahuluan (15
menit)
a. Guru membuka kegiatan
pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b. Perwakilan
peserta didik memimpin doa.
c. Guru
menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.
d. Sebelum
memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit
yang dipimpin oleh ketua kelas.
e. Guru memberikan apersepsi tentang contoh
cabang iman: memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan,
dan menutup aib orang lain.
f.
Guru memberikan gambaran tentang contoh cabang iman: memenuhi janji,
mensyukuri nikmat, memelihara lisan, dan menutup aib orang lain.
g. Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi cabang iman: memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan,
dan menutup aib orang lain.
2. Kegiatan Inti (105
menit)
Langkah 1. Orientasi Masalah
a. Peserta didik diminta
melakukan kegiatan dalam Aktivitas
Mandiri dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMK Kelas XI dari PT Penerbit
Erlangga halaman 66 untuk memahami contoh cabang iman: memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan,
dan menutup aib orang lain.
b. Guru memberikan
kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar tema cabang iman: memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan,
dan menutup aib orang lain.
Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik
a. Peserta didik membagi diri menjadi beberapa kelompok terdiri 4-5 orang, yang dibagi secara
acak dan mempertimbangkan heteroginitas.
b. Peserta
didik dalam kelompok mendiskusikan jawaban sesuai dengan perintah dalam Aktivitas Mandiri,
dengan melakukan aktivitas pengumpulan data dan informasi dari berbagai sumber.
c. Setelah
semua bahan terkumpul, kemudian masing-masing kelompok membuat mind mapping
dengan menggunakan media Powerpoint.
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok
a. Guru berkeliling
untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik.
b. Guru melihat sampel
pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah
dilakukan.
c. Guru memberikan
bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a. Guru meminta
masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi tentang contoh cabang iman: memenuhi janji,
mensyukuri nikmat, memelihara lisan, dan menutup aib orang lain, dalam bentuk mind
mapping dengan menggunakan media Powerpoint.
b. Kelompok lain
diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang
dipresentasikan.
Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses
Pemecahan Masalah
a. Guru meminta semua peserta
didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok yang
telah mempresentasikan hasil diskusi dan peserta didik yang sudah terlibat
aktif dalam pembelajaran.
b. Guru memberikan
penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
c. Guru memberikan
sampel soal dalam Soal Latihan Bab, Soal
Tipe AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMK Kelas XI dari PT Penerbit
Erlangga halaman 72-77 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik
pembelajaran.
3. Kegiatan Penutup
(15 menit).
a. Guru bersama peserta
didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu contoh cabang iman: memenuhi janji,
mensyukuri nikmat, memelihara lisan, dan menutup aib orang lain..
b. Guru memberikan tugas
rumah untuk mengerjakan soal-soal pada fitur Yuk, Asah Literasimu, Uji Kemampuan Diri, dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 68-70.
c. Guru mengkonfirmasi
materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
Rencana
Asesmen
Peserta didik mengerjakan
tugas terstruktur, yaitu Yuk, Asah
Literasimu, Uji Kemampuan Diri, Soal Latihan Bab, dan Soal Tipe AKM dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 68-77.
Pengayaan
dan Remedial
Pindailah QR Code dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 78, untuk mengakses
soal-soal remedial dan pengayaan. Pilih dan kerjakanlah Soal-soal Pengayaan
jika Anda tidak melihat kembali materi saat menjawab soal-soal pada fitur Yuk, Asah Literasimu, Uji Kemampuan Diri,
Soal Latihan Bab, dan Soal Tipe AKM. Sebaliknya apabila Anda masih melihat kembali materi, maka pilih dan kerjakan Soal-soal
Remedial.
Refleksi
Peserta Didik dan Guru
Refleksi Peserta Didik
Ø Tuliskan pengertian dari memenuhi janji.
Ø Tuliskan pengertian dari mensyukuri nikmat.
Ø Tuliskan pengertian dari memelihara lisan.
Ø Tuliskan pengertian dari menutup aib.
Refleksi Guru
Ø Apakah
pembelajaran dapat berlangsung sesuai rencana?
Ø Apakah
peserta didik yang mengalami hambatan, dapat teridentifikasi dan terfasilitasi
dengan baik?
C. Lampiran
Lembar
Aktivitas
Silakan kerjakan Yuk, Asah Literasimu, Uji Kemampuan Diri, Soal Latihan Bab, dan Soal
Tipe AKM
dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 68-77.
Bahan
Bacaan Guru dan Peserta Didik
Buku Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas XI dari
PT Penerbit Erlangga halaman 47-78.
Glosarium
· Cabang Iman adalah
ajaran tentang keimanan untuk membimbing manusia
selaku makhluk yang dapat berpikir dan memiliki keyakinan, ajaran tentang
peribadatan untuk membimbing tingkah laku lahir manusia sebagai penggejalaan
dari nafsu manusia dan ajaran tentang akhlak untuk membimbing manusia selaku
makhluk yang memiliki budi pekerti.
·
Janji: ucapan yang menyatakan kesediaan dan
kesanggupan untuk berbuat
·
Memenuhi janji:
upaya untuk melakukan segala hal yang sudah dijanjikan
·
Syukur nikmat:
ungkapan berupa sikap pengakuan atas kesenangan lalu memanfaatkannya sesuai
dengan ketentuan pemberi nikmat.
·
Memelihara lisan:
menjaga lidah agar tidak mengeluarkan ucapan yang dilarang.
·
Menutup aib: menjadikan
tidak terbuka sesuatu hal yang bersifat tercela.
Daftar
Pustaka
H.A. Sholeh Dimyathi, dkk. 2022. Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas XI.
Jakarta: PT Penerbit Erlangga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar