MODUL
AJAR 4 PAI SMK FASE F
A. Informasi Umum
Kode Modul |
PAI.F.XI.4 |
Penyusun/Tahun |
Kamrani, S.Ag /2024 |
Kelas/Fase Capaian |
XI/Fase F |
Elemen/Topik |
Akhlak/Menghindari Akhlak Mazmumah: Perkelahian Antarpelajar, Mengonsumsi
Minuman Keras dan Narkoba. |
Alokasi Waktu |
135 menit x 3 (3 pekan) |
Pertemuan Ke- |
1-3 |
Profil Pelajar Pancasila |
Beriman, Bertaqwa, kepada Tuhan Yang
Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, Bergotong royong, Bernalar Kritis dan Kreatif.
|
Sarana Prasarana |
LCD, Proyektor, Papan Tulis |
Target
Peserta Didik |
Regular/tipikal |
Model
Pembelajaran |
Discovery
Learning dan Project-Based Learning |
Mode Pembelajaran |
Tatap Muka |
B.
Komponen
Inti
Tujuan
Pembelajaran
1. Peserta
didik dapat memecahkan masalah perkelahian antarpelajar, minuman keras (miras), dan
narkoba dalam Islam.
2. Peserta
didik dapat membuat konten tentang cara mengatasi masalah perkelahian antarpelajar, minuman
keras, dan narkoba dan diposting di media sosial.
3. Peserta
didik dapat menjelaskan bahwa agama melarang melakukan perkelahian antarpelajar, mengonsumsi minuman
keras, dan narkoba.
4. Peserta
didik dapat membiasakan sikap taat pada aturan, peduli
sosial, tanggung jawab dan cinta damai.
Pertanyaan
Pemantik
1.
Apa pengertian
perkelahian
antarpelajar, minuman keras (miras), dan narkoba?
2.
Jelaskanlah bahaya
dari perkelahian
antarpelajar, minuman keras (miras), dan narkoba.
3.
Jelaskanlah
manfaat menghindari perkelahian
antarpelajar, minuman keras (miras), dan narkoba?
4.
Jelaskanlah contoh
cara mengatasi perkelahian antarpelajar, minuman keras (miras), dan
narkoba?
Persiapan
Pembelajaran
1. Guru
melakukan asesmen diagnostik dalam bentuk kuis sebelum pembelajaran.
2.
Guru menyiapkan
bahan tayang PPt tentang menghindari
akhlak mazmumah: perkelahian
antarpelajar, minuman keras (miras), dan narkoba dalam kehidupan
sehari-hari.
Pertemuan Pekan
Pertama:
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
(15 menit)
a. Guru membuka kegiatan
pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b. Perwakilan
peserta didik memimpin doa.
c. Guru
menanyakan
kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.
d. Sebelum
memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit
yang dipimpin oleh ketua kelas. Guru meminta peserta didik untuk membaca Q.S.
Al-Maidah/5: 90-91 dengan tartil beserta terjemahannya.
e. Guru memberikan apersepsi terkait perkelahian antarpelajar, minuman
keras (miras), dan narkoba.
f.
Guru memberikan gambaran terkait perkelahian antarpelajar, minuman
keras (miras), dan narkoba.
g. Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi menghindari
akhlak mazmumah: perkelahian
antarpelajar, minuman keras (miras), dan narkoba)
dalam kehidupan sehari-hari.
2.
Kegiatan
Inti (105 menit)
Langkah 1. Orientasi Masalah
a. Guru memberikan permasalahan
terkait dengan perkelahian
antarpelajar, minuman keras (miras), dan narkoba.
b. Guru mendorong peserta
didik untuk mempelajari dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terkait
dengan perkelahian
antarpelajar, minuman keras (miras), dan narkoba.
c. Guru
memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan
seputar tema perkelahian
antarpelajar, minuman keras (miras), dan narkoba.
Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik
a.
Peserta didik membagi diri menjadi beberapa
kelompok terdiri 4-5 orang, yang dibagi secara acak dan mempertimbangkan
heteroginitas.
b.
Peserta didik diminta melakukan kegiatan di
Ruang Kolaborasi dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga
halaman 94 untuk memahami akhlak mazmumah: perkelahian
antarpelajar, minuman keras (miras), dan narkoba)
dalam kehidupan sehari-hari.
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok
a. Guru membimbing peserta didik untuk melakukan kegiatan di Ruang
Kolaborasi.
b. Guru berkeliling
untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik dalam kegiatan di Ruang
Kolaborasi.
c. Guru memberikan
bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a. Guru meminta masing-masing
kelompok untuk mempresentasikan hasil dari kegiatan di Ruang
Kolaborasi.
b. Peserta didik
lainnya diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang dipresentasikan.
c. Guru meminta peserta
didik untuk mengumpulkan tugas berupa laporan dalam bentuk infografis dengan menggunakan
computer dari kegiatan di Ruang Kolaborasi.
Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a. Guru meminta semua
peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik dalam
kelompok yang telah mempresentasikan hasil dari kegiatan di Ruang
Kolaborasi dan peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.
b. Guru memberikan penguatan
apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
3.
Kegiatan
Penutup (15 menit).
a. Guru bersama peserta
didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu tentang
perkelahian
antarpelajar, minuman keras (miras), dan narkoba.
b. Guru mengkonfirmasi
materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan Pekan
Kedua:
Kegiatan
Pembelajaran
1. Pendahuluan (15
menit)
a. Guru membuka kegiatan
pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b. Perwakilan
peserta didik memimpin doa.
c. Guru
menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.
d. Sebelum
memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit
yang dipimpin oleh ketua kelas.
e. Guru memberikan apersepsi tentang manfaat menghindari perkelahian
antarpelajar, minuman keras (miras), dan narkoba.
f.
Guru memberikan gambaran tentang manfaat menghindari perkelahian
antarpelajar, minuman keras (miras), dan narkoba.
g. Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi menghindari
akhlak mazmumah: perkelahian
antarpelajar, minuman keras (miras), dan narkoba.
2.
Kegiatan
Inti (105 menit)
Langkah 1. Orientasi Masalah
a. Guru memberikan permasalahan tentang manfaat menghindari perkelahian
antarpelajar, minuman keras (miras), dan narkoba.
b. Guru meminta peserta didik merumuskan masalah tentang
manfaat menghindari perkelahian
antarpelajar, minuman keras (miras), dan narkoba.
c. Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait
permasalahan seputar tema.
Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik
a. Peserta didik membagi diri menjadi beberapa kelompok terdiri 4-5 orang, yang dibagi secara
acak dan mempertimbangkan heteroginitas.
b. Peserta
didik dalam kelompok mendiskusikan jawaban atas rumusan masalah tersebut,
dengan melakukan aktivitas pengumpulan data dan informasi dari berbagai sumber.
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok
a. Guru berkeliling
untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik.
b. Guru melihat sampel
pekerjaan peserta didik/kelompok dan diskusi ringan tentang apa yang sudah
dilakukan.
c. Guru memberikan
bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a. Guru meminta
masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi tentang manfaat menghindari perkelahian
antarpelajar, minuman keras (miras), dan narkoba.
b. Kelompok lain
diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang
dipresentasikan.
Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a. Guru meminta semua
peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik/kelompok
yang telah mempresentasikan hasil diskusi dan peserta didik yang sudah terlibat
aktif dalam pembelajaran.
b. Guru memberikan
penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
3.
Kegiatan
Penutup (15 menit)
a. Guru bersama peserta
didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu manfaat menghindari perkelahian
antarpelajar, minuman keras (miras), dan narkoba.
b. Guru mengkonfirmasi
materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan Pekan
Ketiga:
Kegiatan
Pembelajaran
1. Pendahuluan (15
menit)
a. Guru membuka kegiatan
pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b. Perwakilan
peserta didik memimpin doa.
c. Guru
menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.
d. Sebelum
memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit
yang dipimpin oleh ketua kelas.
e. Guru memberikan apersepsi tentang contoh cara mengatasi perkelahian antarpelajar, minuman
keras (miras), dan narkoba.
f.
Guru memberikan gambaran tentang contoh
cara mengatasi perkelahian
antarpelajar, minuman keras (miras), dan narkoba.
g. Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi menghindari
akhlak mazmumah: perkelahian
antarpelajar, minuman keras (miras), dan narkoba dalam kehidupan
sehari-hari.
2.
Kegiatan
Inti (105 menit)
Langkah 1. Orientasi Masalah
a. Peserta didik
diminta melakukan kegiatan dalam Aktivitas
Mandiri dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMK Kelas XI dari PT Penerbit
Erlangga halaman 96 untuk memahami cara mengatasi perkelahian antarpelajar, minuman
keras (miras), dan narkoba.
b. Guru memberikan
kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar tema.
Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik
a. Guru
membagi peserta menjadi delapan kelompok dengan masing-masing kelompok terdisi
4-5 orang
b. Masing-masing
kelompok sesuai dengan perintah dalam Aktivitas Mandiri,
melakukan aktivitas pengumpulan data dan informasi dari berbagai sumber.
c. Setelah
semua bahan terkumpul, kemudian masing-masing kelompok sesuai topik membuat powerpoint
yang kemudian dijadikan konten. Konten dapat berupa teks, gambar, audio
maupun video.
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok
a. Guru berkeliling
untuk melihat kegiatan yang dilakukan masing-masing kelompok.
b. Guru melakukan
diskusi ringan tentang apa yang harus dilakukan.
c. Guru memberikan
bantuan terbatas, apabila ada kelompok yang mengalami kesulitan.
Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a. Masing-masing
kelompok mengunggah konten yang telah dibuat pada media sosial yang dimiliki
dan bagikan link menuju konten tersebut di media sosial.
b. Masing-masing
kelompok diminta untuk berkunjung ke media sosial tempat keompok lain menggugah
kontennya, dan beri komentar terkait konten tersebut dengan komentar yang baik
Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a. Guru meminta semua
peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap kelompok yang telah mengunggah
konten terkait materi di medsos dan bagi peserta didik yang sudah terlibat
aktif dalam pembelajaran.
b. Guru memberikan apresiasi
dan penguatan dan motivasi atas hal tersebut.
c. Guru memberikan
sampel soal dalam Soal Latihan Bab, Soal
Tipe AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMK Kelas XI dari PT Penerbit
Erlangga halaman 103-109 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik
pembelajaran.
3.
Kegiatan
Penutup (15 menit)
a. Guru bersama peserta
didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu manfaat
menghindari sikap hidup berfoya-foya, ria, sumah, takabur dan hasad.
b. Guru memberikan
tugas rumah untuk mengerjakan soal-soal pada fitur Yuk, Asah Literasimu, Uji Kemampuan Diri dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 99-101.
Rencana
Asesmen
Peserta didik mengerjakan
tugas terstruktur, yaitu Yuk, Asah
Literasimu, Uji Kemampuan Diri, Soal Latihan Bab, dan Soal Tipe AKM dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 99-109.
Pengayaan
dan Remedial
Pindailah QR Code dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 109, untuk mengakses
soal-soal remedial dan pengayaan. Pilih dan kerjakanlah Soal-soal Pengayaan
jika Anda tidak melihat kembali materi saat menjawab soal-soal pada fitur Yuk, Asah Literasimu, Uji Kemampuan Diri,
Soal Latihan Bab, dan Soal Tipe AKM. Sebaliknya apabila Anda masih melihat kembali materi, maka pilih dan kerjakan Soal-soal
Remedial.
Refleksi
Peserta Didik dan Guru
Refleksi Peserta Didik
Ø Tuliskan
pengertian dan bahaya perkelahian
antarpelajar, minuman keras (miras), dan narkoba.
Ø Tuliskan manfaat menghindari perkelahian
antarpelajar, minuman keras (miras), dan narkoba.
Ø Tuliskan solusi untuk mengatasi perkelahian antarpelajar, minuman keras (miras), dan
narkoba.
Refleksi Guru
Ø Apakah
pembelajaran dapat berlangsung sesuai rencana?
Ø Apakah
peserta didik yang mengalami hambatan, dapat teridentifikasi dan terfasilitasi
dengan baik?
C. Lampiran
Lembar
Aktivitas
Silakan kerjakan Yuk, Asah Literasimu, Uji Kemampuan Diri, Soal Latihan Bab, Soal
Tipe AKM
dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 99-109.
Bahan
Bacaan Guru dan Peserta Didik
Buku Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas XI dari
PT Penerbit Erlangga halaman 79-110.
Glosarium
· Perkelahian
antarpelajar: pertengkaran atau perkelahian yang biasanya dilakukan secara
beramai-ramai dengan melibatkan banyak pelajar.
· Minuman keras: jenis
minuman yang mengandung alcohol sehingga dapat menimbulkan ketagihan dan
memabukkan.
· Narkotika: zat yang
dapat menyebabkan penurunan kesadaran, hilangnya rasa, menghilangkan rasa nyeri
dan dapat menimbulkan ketergantungan.
· Sakaw (sakit karena
kau narkoba): kondisi di mana seseorang mengalami rasa gelisah atau gangguan
psikologis akibat kencanduan narkoba
Daftar Pustaka
H.A. Sholeh Dimyathi, dkk. 2022. Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas XI.
Jakarta: PT Penerbit Erlangga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar