MODUL
AJAR 5 PAI SMK FASE F
A. Informasi Umum
Kode Modul |
PAI.F.XI.5 |
Penyusun/Tahun |
Kamrani, S.Ag /2024 |
Kelas/Fase Capaian |
XI/Fase F |
Elemen/Topik |
Fikih/Ketentuan Khutbah, Tabligh, dan
Dakwah |
Alokasi Waktu |
135 menit x 4 (4 pekan) |
Pertemuan Ke- |
1- 4 |
Profil Pelajar Pancasila |
Beriman, Bertaqwa, kepada Tuhan Yang
Maha Esa, dan Berakhlak Mulia, Mandiri, dan Bergotong royong. |
Sarana Prasarana |
LCD, Proyektor, Papan Tulis |
Target
Peserta Didik |
Regular/Tipikal |
Model
Pembelajaran |
Discovery
Learning dan Project-Based Learning |
Mode Pembelajaran |
Tatap Muka |
B.
Komponen
Inti
Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat menganalisis ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.
2.
Peserta didik dapat menyusun teks
khutbah dengan tema nilai-nilai Islam rahmat li al-alamin.
3.
Peserta didik dapat menerapkan ketentuan khutbah, tablig dan dakwah.
4.
Peserta didik dapat membangun sikap menebarkan Islam rahmat
lil-alamin.
Pertanyaan
Pemantik
1.
Apa perbedaan
antara khutbah,
tablig dan dakwah?
2.
Jelaskan
dalil-dalil terkait khutbah, tablig dan dakwah?
3.
Bagaimana
cara menebarkan Islam rahmat
lil-alamin melalui khutbah, tablig dan dakwah?
Persiapan
Pembelajaran
1. Guru
melakukan asesmen diagnostik dalam bentuk kuis sebelum pembelajaran.
2.
Guru menyiapkan
bahan tayang PPT tentang khutbah, tablig
dan dakwah.
Pertemuan Pekan
Pertama:
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
(15 menit)
a. Guru membuka kegiatan
pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b. Perwakilan
peserta didik memimpin doa.
c. Guru
menanyakan
kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.
d. Sebelum
memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit
yang dipimpin oleh ketua kelas. Guru meminta peserta didik untuk membaca Q.S.
Ali Imran/3: 110 dengan tartil beserat terjemahannya.
e. Guru memberikan apersepsi tentang perbedaan antara khutbah, tablig
dan dakwah.
f.
Guru memberikan gambaran tentang perbedaan
antara khutbah,
tablig dan dakwah.
g. Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi khutbah, tablig
dan dakwah.
2.
Kegiatan
Inti (105 menit)
Langkah 1. Orientasi Masalah
a. Guru bertanya
tentang perbedaan antara khutbah, tablig dan dakwah.
b. Peserta didik
diminta untuk mencari literatur tentang khutbah, tablig
dan dakwah
c. Peserta didik
diminta untuk membandingkan antara khutbah, tablig dan dakwah.
d. Peserta didik
diminta untuk menarik kesimpulan tentang hal tersebut.
e. Guru mendorong
peserta didik untuk mempelajari dan mengumpulkan informasi lain dari berbagai
sumber untuk memahami perbedaan tersebut.
f.
Guru memberikan kesempatan bertanya
kepada peserta didik terkait permasalahan seputar tema khutbah, tablig
dan dakwah.
Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik
a. Guru
membagi peserta didik dalam kelompok, dengan masing-masing kelompok terdisi 4-5
orang
b. Masing-masing
kelompok, melakukan aktivitas pengumpulan data dan informasi dari berbagai
sumber.
c. Setelah
semua bahan terkumpul, kemudian masing-masing kelompok menuliskan kesimpulan
dari perbedaan antara khutbah, tablig dan dakwah dalam bentuk powerpoint.
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok
a. Guru berkeliling
untuk melihat kegiatan yang dilakukan kelompok dalam mencari informasi terkait
materi dari berbagai sumber.
b. Guru melihat sampel
pekerjaan kelompok dan berdiskusi ringan
tentang apa yang sudah dilakukan.
c. Guru memberikan
bantuan terbatas, apabila ada kelompok yang mengalami kesulitan.
Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a. Guru mempersilakan masing-masing
kelompok secara bergantian untuk mempresentasikan kesimpulan
dari perbedaan antara khutbah, tablig dan dakwah.
b. Masing-masing
kelompok diminta untuk memberikan komentar atas penampilan kelompok lain.
Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a. Guru meminta kelompok
untuk saling melakukan apresiasi
terhadap kelompok lain yang sudah mempresentasikan dan bagi peserta didik yang
sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.
b. Guru memberikan penguatan
apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
3.
Kegiatan
Penutup (15 menit)
a. Guru bersama peserta
didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu khutbah, tablig
dan dakwah.
b. Guru mengkonfirmasi
materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan Pekan
Kedua:
Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pendahuluan
(15 menit)
a. Guru membuka kegiatan
pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b. Perwakilan
peserta didik memimpin doa.
c. Guru
menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.
d. Sebelum
memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit
yang dipimpin oleh ketua kelas.
e. Guru memberikan apersepsi tentang dalil-dalil terkait khutbah, tablig
dan dakwah.
f.
Guru memberikan gambaran tentang dalil-dalil
terkait khutbah,
tablig dan dakwah.
g. Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi khutbah, tablig
dan dakwah.
2.
Kegiatan
Inti (105 menit)
Langkah 1. Orientasi Masalah
a. Guru memberikan permasalahan tentang dalil-dalil terkait khutbah, tablig dan dakwah.
b. Guru meminta peserta didik merumuskan masalah tentang
dalil-dalil terkait khutbah, tablig dan dakwah.
c. Guru memberikan
kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan seputar tema khutbah, tablig
dan dakwah.
Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik
a. Guru
membagi peserta didik dalam kelompok, dengan masing-masing kelompok terdisi 4-5
orang
b. Peserta
didik dalam kelompok mendiskusikan jawaban atas rumusan masalah tersebut,
dengan melakukan aktivitas pengumpulan data dan informasi dari berbagai sumber.
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok
a. Guru berkeliling
untuk melihat kegiatan yang dilakukan masing-masing kelompok.
b. Guru melakukan
diskusi ringan tentang apa yang harus dilakukan.
c. Guru memberikan
bantuan terbatas, apabila ada kelompok yang mengalami kesulitan.
Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a. Guru meminta
masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi tentang dalil-dalil terkait khutbah, tablig dan dakwah.
b. Kelompok lain
diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang
dipresentasikan.
Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a. Guru meminta semua
peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap kelompok yang telah menampilkan
paparan dan bagi peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.
b. Guru memberikan apresiasi
dan penguatan atas penampilan dari masing-masing kelompok.
3.
Kegiatan
Penutup (15 menit).
a. Guru bersama peserta
didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu dalil-dalil
terkait khutbah,
tablig dan dakwah.
b. Guru mengonfirmasi
materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan Pekan
Ketiga:
Kegiatan
Pembelajaran
1. Pendahuluan (15
menit)
a. Guru membuka kegiatan
pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b. Perwakilan
peserta didik memimpin doa.
c. Guru
menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.
d. Sebelum
memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit
yang dipimpin oleh ketua kelas.
e. Guru memberikan apersepsi tentang cara menyusun teks dakwah.
f.
Guru memberikan gambaran tentang cara
menyusun teks dakwah
g. Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi cara
menyusun teks dakwah.
2. Kegiatan Inti (105
menit)
Langkah 1. Orientasi Masalah
a. Guru memberikan permasalahan tentang cara
menyusun teks dakwah.
b. Guru mendorong peserta
didik untuk berlatih menyusun teks dakwah dengan memindai QR
Code
dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 122.
c. Peserta didik
diminta melakukan kegiatan dalam Aktivitas
Mandiri dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga
halaman 124.
d. Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait
permasalahan seputar cara menyusun teks dakwah.
Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik
a. Masing-masing
peserta didik diminta melakukan kegiatan menyusun teks dakwah sesuai perintah dalam Aktivitas Mandiri.
b. Setelah
selesai, kumpulkan teks tersebut kepada guru.
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok
a. Guru berkeliling
untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik.
b. Guru melihat sampel
pekerjaan peserta didik dan diskusi ringan tentang apa yang sudah dilakukan.
c. Guru memberikan
bantuan terbatas, apabila ada peserta didik yang mengalami kesulitan.
Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a. Guru meminta dengan
sukarela perwakilan peserta didik untuk membacakan teks dakwah.
b. Peserta didik lain
diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang
dipresentasikan.
Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah
a. Guru meminta semua
peserta didik untuk melakukan apresiasi terhadap peserta didik yang telah
sukarela membacakan teks dakwah.
b. Guru memberikan
penguatan dan motivasi.
3. Kegiatan Penutup
(15 menit).
a. Guru bersama peserta
didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu membuat
teks dakwah.
b. Guru mengkonfirmasi
materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan Pekan
Keempat:
Kegiatan
Pembelajaran
1. Pendahuluan (15
menit)
a. Guru membuka kegiatan
pembelajaran dengan mengucapkan salam.
b. Perwakilan
peserta didik memimpin doa.
c. Guru
menanyakan kabar peserta didik dan mengecek kehadiran peserta didik.
d. Sebelum
memulai pembelajaran, peserta didik melakukan tadarus Al-Qur’an selama 5 menit
yang dipimpin oleh ketua kelas.
e. Guru memberikan apersepsi tentang cara menyusun teks khutbah.
f.
Guru memberikan gambaran cara
menyusun teks khutbah.
g. Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dalam materi cara
menyusun teks khutbah.
2. Kegiatan Inti (105
menit)
Langkah 1. Orientasi Masalah
a. Guru memberikan permasalahan tentang cara
menyusun teks khutbah.
b. Guru mendorong peserta
didik untuk berlatih menyusun teks khutbah dengan memindai QR
Code
dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 122.
c. Peserta didik
diminta melakukan kegiatan dalam Ruang
Kolaborasi dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMK Kelas XI dari PT Penerbit
Erlangga halaman 121.
d. Guru memberikan kesempatan bertanya kepada peserta didik terkait permasalahan
seputar cara
menyusun teks khutbah.
Langkah 2. Mengorganisasi Peserta Didik
a. Peserta didik membagi diri menjadi beberapa kelompok terdiri 4-5 orang, yang dibagi secara
acak dan mempertimbangkan heteroginitas.
b. Peserta didik dalam kelompok diminta melakukan kegiatan berdasarkan perintah di Ruang
Kolaborasi untuk menyusun teks khutbah berdasarkan undian yaitu teks khutbah
shalat Jum’at, khutbah nikah, khutbah shalat Idhul Fitri dan Idhul Adha,
khutbah shalat kusuf dan khusuf.
Langkah 3. Membimbing Penyelidikan Kelompok
a. Guru membimbing peserta didik dalam kelompok untuk melakukan kegiatan di Ruang
Kolaborasi.
b. Guru berkeliling
untuk melihat kegiatan yang dilakukan peserta didik dalam kelompok di Ruang Kolaborasi.
c. Guru memberikan
bantuan terbatas, apabila ada peserta didik/kelompok yang mengalami kesulitan.
Langkah 4. Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya
a. Guru meminta
masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasil dari kegiatan di Ruang
Kolaborasi.
b. Peserta didik
lainnya diminta untuk menanggapi dan memberikan argumen tentang apa yang
dipresentasikan.
c. Guru meminta peserta
didik untuk mengumpulkan tugas berupa teks menyusun khutbah sesuai undian yang
didapat dari kegiatan di Ruang Kolaborasi.
Langkah 5. Menganalisis dan Mengevaluasi Proses
Pemecahan Masalah
a. Guru meminta semua
peserta didik untuk saling melakukan apresiasi terhadap peserta didik dalam
kelompok yang telah mempresentasikan hasil dari kegiatan di Ruang
Kolaborasi dan peserta didik yang sudah terlibat aktif dalam pembelajaran.
b. Guru memberikan
penguatan apabila ada jawaban peserta didik yang kurang sesuai.
c. Guru memberikan
sampel soal dalam Soal Latihan Bab, dan Soal
Tipe AKM dari Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti SMK Kelas XI dari PT Penerbit
Erlangga halaman 129-135 untuk mengecek pemahaman peserta didik dan memberikan umpan balik
pembelajaran.
3. Kegiatan Penutup
(15 menit).
a. Guru bersama peserta
didik melakukan refleksi mengenai pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu menyusun
teks khutbah.
b. Guru memberikan
tugas rumah untuk mengerjakan soal-soal pada fitur Yuk, Asah Literasimu, dan Uji Kemampuan Diri, dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 126-128.
c. Guru mengkonfirmasi
materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
Rencana
Asesmen
Peserta didik mengerjakan
tugas terstruktur, yaitu Yuk, Asah
Literasimu, Uji Kemampuan Diri, Soal Latihan Bab, dan Soal Tipe AKM dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 126-135.
Pengayaan
dan Remedial
Pindailah QR Code dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 136, untuk mengakses
soal-soal remedial dan pengayaan. Pilih dan kerjakanlah Soal-soal Pengayaan
jika Anda tidak melihat kembali materi saat menjawab soal-soal pada fitur Yuk, Asah Literasimu, Uji Kemampuan Diri,
Soal Latihan Bab, Soal Tipe AKM. Sebaliknya
apabila Anda masih melihat kembali materi, maka pilih dan kerjakan Soal-soal
Remedial.
Refleksi
Peserta Didik dan Guru
Refleksi Peserta Didik
Ø Tuliskan
pengertian dari khutbah, tablig, dan dakwah!
Ø Tuliskan
dalil tentang khutbah, tablig, dan dakwah!
Ø Tuliskan
perbedaan dari khutbah, tablig, dan dakwah!
Refleksi Guru
Ø Apakah
pembelajaran dapat berlangsung sesuai rencana?
Ø
Apakah peserta
didik yang mengalami hambatan, dapat teridentifikasi dan terfasilitasi dengan
baik?
C. Lampiran
Lembar
Aktivitas
Silakan kerjakan Yuk, Asah Literasimu, Uji Kemampuan Diri, Soal Latihan Bab, dan Soal
Tipe AKM
dari Buku
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
SMK Kelas XI dari PT Penerbit Erlangga halaman 126-135.
Bahan
Bacaan Guru dan Peserta Didik
Buku Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas XI dari
PT Penerbit Erlangga halaman 111-136.
Glosarium
·
Khutbah: menyampaikan pesan dengan takwa sesuai perintah Allah
Swt. dengan syarat dan rukun tertentu.
·
Tablig: suatu pekerjaan yang dilakukan untuk menyampaikan
atau menyiarkan agama Islam kepada umat.
·
Dakwah: mengajak atau menyeru untuk meyakini kebenaran
ajaran Islam dan menjalankan syariatnya.
·
Dakwah bil lisan: Dakwah yang menggunakan ucapan,
perkataan, nasehat, kritik, saran
·
Dakwah bil hal: Dakwah melalui
perbuatan, sikap dan perbuatan yang nyata, perilaku dan akhlak mulia yang
dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.
Daftar Pustaka
H.A. Sholeh Dimyathi, dkk. 2022. Pendidikan
Agama Islam dan Budi Pekerti SMK Kelas XI.
Jakarta: PT Penerbit Erlangga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar