Senin, 04 Januari 2016

IJAZAH TASBIH

 IJAZAH TASBIH

الحمد لله ربّ العالمين والصّلاة والسّلام على سيّد المرسلين على اله وصحبه اجمعين  اما بعد : فقد تلقين الذكر والتّسبح بالسّبحة عن شيخي :
1.    Dari SYEKH H.MUHAMMAD DZUKHRAN IRFAN ALI ALBANJARI
2.    Dari SYEKH ZAINI AJAD
3.    Dari SYEKH YASIN
4.    Dari SYEKH ABDUL HAYYA
5.    Dari SYEKH HUSEIN
6.    Dari SYEKH MUHAMMAD
7.    Dari SYEKH MUHAMMAD AL-AMIR
8.    Dari SYEKH AHMAD
9.    Dari SYEKH ABDULLAH
10. Dari SYEKH MUHAMMAD
11. Dari SYEKH ASSA’ID
12. Dari SYEKH SA’ID
13. Dari SYEKH AHMAD
14. Dari SYEKH IBRAHIM
15. Dari SYEKH ABDUL FATAH
16. Dari SYEKH AHMAD
17. Dari SYEKH MUHAMMAD
18. Dari SYEKH YUSUF
19. Dari SYEKH MAHMUD
20. Dari SYEKH ABDUSH SHAMAD
21. Dari SYEKH AHMAD
22. Dari SYEKH MUHAMMAD
23. Dari SYEKH ABDULLAH
24. Dari SYEKH MUHAMMAD
25. Dari SYEKH ABDUL WAHHAB
26. Dari SYEKH ALI
27. Dari SYEKH ABUL HASAN
28. Dari SYEKH JUNAIDI ALBAGHDADI
29. Dari SYEKH SARI SAQATI
30. Dari SYEKH MA’RUF
31. Dari BATSAZ ALHAFI
32. Dari SYEKH UMAR ALMAKI
33. Dari SYEKH HASANUL BASHRI
شيخه اصحب النبى وفى ايديهم سبحة والحاصل ان سبحة ليمن بدعة ولا منكر لأنه الاصحاب كانوا يلبسون السّبحة وبذالك اجزت الى .......................   وارجو منه ان يدعوبى بصالح الدعوات تاريخ 1435 هجرية
المجيز :

أستاذ كمرانى يانى البنجاري




IJAZAH SHOLAT MAZDHAB IMAM SYAFI'I

  اجازة الصلاة لمذهب الشافعى 

بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله الذى هدنا لهذا وما كنا لنهتدي لولا ان هدانا الله العلى والصلاة والسلام على سيدنا محمد الرفوع الأعلى وعلى اله واصحابه النجباى اما بعد ! فقد اجازنى كيفية الصلاة لمذهب الشافعى. شيخي 1- الحاج محمّد ذخران عرفان على البنجارى بقرأة هذه الحديث : اذا قمت الى الصلاة فكبّر الى اخر وهو يأخذ من اشياخه 2- عن الشيخ ابن اجاد 3-  عن الشيخ حسن مشاط 4- عن الشيخ شريف 5- عن الشيخ عبد الكبير 6- عن الشيخ عبد الغنى 7- عن الشيخ ابى سعيد 8- عن الشيخ عبد العزيز 9- عن الشيخ احمد 10- عن الشيخ ابى طاهر محمّد بن ابراهيم 11- عن الشيخ ابراهيم الكورانى 12- عن الشيخ محمّد بن محمّد 13- عن الشيخ بدر الدّين 14- عن الشيخ زكريا انصارى 15- عن الشيخ احمد بن حجر عسقلانى 16- عن الشيخ ابراهيم بن احمد 17- عن الشيخ احمد بن ابى طالب 18- عن الشيخ حسين بن مبارك 19- عن الشيخ عبد الاوّل بن عيسى 20- عن الشيخ عبد الرحمن بن محمّد بن مظفر 21- عن الشيخ عبد الله بن احمد 22- عن الشيخ محمّد بن يوسف 23- عن الشيخ محمّد بن اسماعيل البخارى وهو تفقه على مذهب الامام الشافعى رضي الله عنه وكيفة تلقينه صلوا كما رأيتمني اصلي واجزت الى ................... تاريخ 1435 هجريه
المجيز :
أستاذ كمرانى يانى البنجاري




Jumat, 13 November 2015

RPP K 13 PAIBP KELAS XII POKOK BAHASAN MEYAKINI HARI AKHIR

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
No. 01
Satuan Pendidikan      : SMKN ...............
Kelas /Semester           : XII / Ganjil
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Topik                           : Iman
Materi Pokok              : Semangat beribadah dengan menyakini Hari Akhir
Alokasi Waktu            : 3 X 45 Jam Pelajaran
Jumlah Pertemuan      : 3 x Pertemuan

A.    Kompetensi Inti

KI (1).      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI (2). Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,tanggung jawab,peduli,santun,ramah lingkungan,gotong royong,kerjasama,cinta damai,responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI (3). Memahami, menerapkan,menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan ingintahunya tentan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
KI (4).   Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta daam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan,

B.     Kompetensi  Dasar
1.1 Menghayati nilai-nilai keimanan kepada hari akhir
2.5    Menunjukkan sikap mawas diri dan taat beribadah sebagai cerminan dari kesadaran beriman kepada hari akhir
 3.3 Memahami makna iman kepada hari akhir.
      4.3 Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Hari  Akhir.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Mampu  menyebutkan arti beriman pada hari akhir
2.      Mampu menjelaskan Pengertian kiamat sugra dan kiamat kubra
3.      Perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir, dijelaskan dengan benar.
4.      Perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir, ditampilkan dengan baik dan benar.
5.      Beribadah dan bertaubat dalam kehidupan sehari-hari
6.      Hikmah beriman kepada Hari Akhir, dijelaskan dengan benar.
7.      Hikmah beriman kepada hari akhir dideskripsikan dengan benar
8.      Hikmah beriman kepada Hari Akhir diterapkan dengan baik dan benar.

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran, Peserta didik mampu:

1)  Menghayati nilai-nilai keimanan kepada Hari akhir
2)  Menunjukkan sikap mawas diri dan taat beribadah sebagai cerminan dari kesadaran beriman kepada Hari Akhir.
3)  Memahami makna iman kepada Hari Akhir
4)  Berperilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Hari Akhir
E.     Materi Pembelajaran

1. Menyebutkan dalil naqli yang terkait dengan Hari Akhir
2. Hari Akhir menurut Al-Qur’an terbagi menjadi dua: kiamat sugra dan kiamat kubra
3. Hari kiamat menurut ilmu pengetahuan, baik menurut Giologi maupun  teori fisika
4. Periode Hari Akhir meliputi tahapan-tahapan : yaumul ba’ast, yaumul hasyr, buku catatan, yaumul hisabdan mizan, shiratal mustaqim, yaumul jaza, balasan kebaikan dengan surga dan balasan perbuatan buruk dengan neraka
5. Hakikat beriman dengan Hari Akhir merupakan landasan utama untuk menyadarkan diri agar selalu taat kepada ajaran Allah Swt, yang merupakan salah satu ciri orang beriman
6. Hikmah beriman kepada Hari Akhir yaitu benci terhadap kemaksiatan, menyejukkan dan menggembirakan hati orang beriman, tertanam ketaatan kepada Allah Swt, memotivasi untuk berbuat baik, menghindari niat-niat buruk.

F.     Metode pembelajaran

·         Scientific Method (metode ilmiah)
·         Contextual Teaching and Learning
·         Direct Instruction (Model Pengajaran Langsung)

G.    Media Pembelajaran

Media
·      Video Pembelajaran
·      CD Pembelajaran Tajwid Interaktif
Alat
·      Komputer / Laptop
·      LCD Projector
H.    Sumber Belajar
1.    Kitab al-Qur’anul Karim dan terjemahnya, Depag RI
2.    Kitab Hadits Sohih
3.    Buku Teks Siswa PAI SMK Kelas XII

I.       Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan           : Ke 1
Alokasi Waktu     : 3 x 45 menit

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
b.      Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
c.       Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
d.      Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an Secara bersama bertadarus al-Qur’an  (selama 5-10 menit)
e.       Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
f.       Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).
(20 Menit)

Inti
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a.      Mengamati
-       Menyimak bacaan dan mencermati Q.S.Ali Imran;185, QS.At-Takwir; 1-3 dan hadis dan hadits terkait
b.      Menanya
-       Menanyakan tentag isi kandungan Q.S.Ali Imran;185, QS.At-Takwir; 1-3 dan hadis dan hadits terkait
-       Menanyakan tentang kiamat sugra dan kubra
c.       Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Mendiskusikan isi kandungan  Q.S.Ali Imran;185, QS.At-Takwir; 1-3 dan hadis dan hadits terkait
-       Menganalisis asbabun nuzul/wurud Q.S.Ali Imran;185, QS.At-Takwir; 1-3 dan hadis dan hadits terkait
-       Mengidentifikasi sifat-sifat terpuji yag terkandung pada Q.S.Ali Imran;185, QS.At-Takwir; 1-3 dan hadis dan hadits terkait
-       Mengumpulkan data/ bukti bahwa hari kiamat pasti terjadi baik dalil Al-Qur’an maupun ilmu pengetahuan.
d.      Mengasosiasi
-       Membuat kesimpulan dari isi kandungan Q.S.Ali Imran;185, QS.At-Takwir; 1-3 dan hadis dan hadits terkait
e.       Mengkomunikasikan:
-       Menpresentasikan isi kandungan, manfaat, dan hikmah sifat terpuji yang terdapat Q.S.Ali Imran;185, QS.At-Takwir; 1-3 dan hadis dan hadits terkait
-       Mempresentasikan hasil temuan tentang tanda-tanda hari kiamat
(100 Menit)
Penutup
-       Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca Q.S.Ali Imran;185, QS.At-Takwir; 1-3 dan hadis dan hadits terkait
-       Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca Q.S.Ali Imran;185, QS.At-Takwir; 1-3 dan hadis dan hadits terkait
-       Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
-       Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam
1.      enit)

J.      PENILAIAN
       1.Tes (tertulis dan lisan)
       2.Non tes (tugas, observasi, dan portofolio)

Lembar Penilaian
-   Tes Tertulis
No
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Jelaskan isi kandungan Q.S.Ali Imran;185, QS.At-Takwir; 1-3

2.
Jelaskan pembagian hari kimat menurut Al-Qur’an

3.
Jelaskan teori ilmu pengetahuan tentang hari kiamat


-       Lisan (mempresantasikan hasil diskusi)
No.
Nama Peserta didik
Kemampuan Mempresentasikan
1
2
3
4
5
1.           1
Adul





2.           2
Khadijah





3.           3
Idah





Dst
Dst..........................






Keterangan :                                                                Skor Tes lisan :           
·      Mempresentasikan sangat baik                               = 80 – 90 = A
·      Mempresentasikan baik                                          = 70 – 79 = B
·      Mempresentasikan kurang baik                              = 60 – 69 = C
·      Mempresentasikan tidak lancar                              = 50 – 59 = D
·      Tidak dapat mempresentasikan                              = kurang dari 50 = E

Non Tes
-       Tugas (mengidentifikasi ilmu tajwid dan isi kandungan Q.S.Ali Imran;185, QS.At-Takwir; 1-3
-       Observasi (mengamati perilaku beriman kepada Hari Akhir  terhadap teman sejawat atau orang lain;
-       Potofolio (tugas dan observasi dikerjakan di lembar kerja dan diserahkan kepada pendidik)

Pertemuan           : Ke 2
Alokasi Waktu     : 3 x 45 menit

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
·         Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·         Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an Secara bersama bertadarus al-Qur’an  (selama 5-10 menit)
·         Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
·         Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).
(20 Menit)

Inti
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a.      Mengamati
-     Menyimak para siswa menyebutkan  tahapan-tahapan Hari Akhir ( yaumul ba’ast, yaumul hasyr, buku catatan, yaumul hisabdan mizan, shiratal mustaqim, yaumul jaza, balasan kebaikan dengan surga dan balasan perbuatan buruk dengan neraka)
b.      Menanya
-          Menanyakan  tahapan-tahapan  Hari Akhir yaitu tentang  ( yaumul ba’ast, yaumul hasyr, buku catatan, yaumul hisabdan mizan, shiratal mustaqim, yaumul jaza, balasan kebaikan dengan surga dan balasan perbuatan buruk dengan neraka )
 c.  Mengumpulkan data/eksplorasi
-          Mendiskusikan tahapan-tahapan  Hari Akhir yaitu tentang  ( yaumul ba’ast, yaumul hasyr, buku catatan, yaumul hisabdan mizan, shiratal mustaqim, yaumul jaza, balasan kebaikan dengan surga dan balasan perbuatan buruk dengan neraka )
-          Menganalisis tahapan-tahapan  Hari Akhir yaitu tentang  ( yaumul ba’ast, yaumul hasyr, buku catatan, yaumul hisabdan mizan, shiratal mustaqim, yaumul jaza, balasan kebaikan dengan surga dan balasan perbuatan buruk dengan neraka )
-          - Mengidentifikasi tahapan-tahapan  Hari Akhir yaitu tentang  ( yaumul ba’ast, yaumul hasyr, buku catatan, yaumul hisabdan mizan, shiratal mustaqim, yaumul jaza, balasan kebaikan dengan surga dan balasan perbuatan buruk dengan neraka )
c.       Mengasosiasi
-          Membuat kesimpulan tahapan-tahapan  Hari Akhir yaitu tentang  ( yaumul ba’ast, yaumul hasyr, buku catatan, yaumul hisabdan mizan, shiratal mustaqim, yaumul jaza, balasan kebaikan dengan surga dan balasan perbuatan buruk dengan neraka )
d.      Mengkomunikasikan:
-          Menpresentasikan hasil diskusi tahapan-tahapan  Hari Akhir yaitu tentang  ( yaumul ba’ast, yaumul hasyr, buku catatan, yaumul hisabdan mizan, shiratal mustaqim, yaumul jaza, balasan kebaikan dengan surga dan balasan perbuatan buruk dengan neraka )
(100 Menit)
Penutup
-          Pendidik meminta agar para peserta didik menyebutkan tahapan-tahapan  Hari Akhir yaitu tentang  ( yaumul ba’ast, yaumul hasyr, buku catatan, yaumul hisabdan mizan, shiratal mustaqim, yaumul jaza, balasan kebaikan dengan surga dan balasan perbuatan buruk dengan neraka )
-          Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
-          Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam
(15 Menit)

PENILAIAN
·         Tes (tertulis dan lisan)
·         Non tes (tugas, observasi, dan portofolio)
Lembar Penilaian
-          Tes Tertulis
No
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Jelaskan tahapan-tahapan  Hari Akhir yaitu tentang  ( yaumul ba’ast, yaumul hasyr, buku catatan, yaumul hisabdan mizan, shiratal mustaqim, yaumul jaza, balasan kebaikan dengan surga dan balasan perbuatan buruk dengan neraka )





-       Lisan (mempresantasikan hasil diskusi)
No.
Nama Peserta didik
Kemampuan Mempresentasikan
1
2
3
4
5
1
Adul





2
Khadijah





3
Idah





Dst
Dst..........................






Keterangan :                                                                Skor Tes lisan :           
·      Mempresentasikan sangat baik                               = 80 – 90 = A
·      Mempresentasikan baik                                          = 70 – 79 = B
·      Mempresentasikan kurang baik                              = 60 – 69 = C
·      Mempresentasikan tidak lancar                              = 50 – 59 = D
·      Tidak dapat mempresentasikan                              = kurang dari 50 = E

Non Tes
-          Tugas (mengidentifikasi manfaat dan hikmah tahapan-tahapan  Hari Akhir yaitu tentang  ( yaumul ba’ast, yaumul hasyr, buku catatan, yaumul hisabdan mizan, shiratal mustaqim, yaumul jaza, balasan kebaikan dengan surga dan balasan perbuatan buruk dengan neraka )
-          Observasi (mengamati perilaku tahapan-tahapan  Hari Akhir yaitu tentang  ( yaumul ba’ast, yaumul hasyr, buku catatan, yaumul hisabdan mizan, shiratal mustaqim, yaumul jaza, balasan kebaikan dengan surga dan balasan perbuatan buruk dengan neraka )
-       Potofolio (tugas dan observasi dikerjakan di lembar kerja dan diserahkan kepada pendidik)

Pertemuan           : Ke 3
Alokasi Waktu     : 3 x 45 menit

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
·         Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
·         Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·         Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an Secara bersama bertadarus al-Qur’an  (selama 5-10 menit)
·         Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
·         Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).

(20 Menit)

Inti
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a.         Mengamati
-          Menyimak para siswa menjelaskan hakikat beriman kepada Hari Akhir
-          Menyimak para siswa menjelaskan hikmah beriman kepada Hari Akhir
b.      Menanya
-          Menanyakan tentang  hakikat beriman kepada Hari Akhir
-          Menanyakan tentang hikmah beriman kepada Hari Akhir
c.        Mengumpulkan data/eksplorasi
-          Mendiskusikan tentang hakikat beriman kepada Hari Akhir
-          Mendiskusikan tentang hikmah beriman kepada Hari Akhir
-          Menganalisis perilaku yang mencerminkan hakikat dan hikmah beriman kepada Hari Akhir
-          Mengidentifikasi sifat-sifat terpuji yang mencerminkan  hakikat dan hikmah beriman kepada Hari Akhir
d.      Mengasosiasi
-          Membuat kesimpulan hakikat beriman kepada Hari Akhir
-          Membuat kesimpulan hikmah beriman kepada Hari Akhir
e.       Mengkomunikasikan:
-          Menpresentasikan hasil diskusi hakikat dan hikmah beriman kepada Hari Akhir

(100 Menit)
Penutup
·         Pendidik meminta agar para peserta didik senantiasa berperilaku yang mencerminkan hakikat dan hikmah  beriman kepada Hari Akhir
·         Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
·         Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
(15 Menit)

PENILAIAN
·           Tes (tertulis dan lisan)
·           Non tes (tugas, observasi, dan portofolio)
Lembar Penilaian
1.      Tes Tertulis
No
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Jelaskan hakikat beriman kepada Hari Akhir ?
 Ayat ini menjelaskan tentang Asmaul Husna
2.
Jelaskan hikmah beriman kepada Hari Akhir  ?
Ayat ini menjelaskan tentang Asmaul Husna










2.      Lisan (mempresantasikan hasil diskusi)
No.
Nama Peserta didik
Kemampuan Mempresentasikan
1
2
3
4
5
4.           1
Zainal





5.           2
Nanang





6.           3
Maya





Dst
Dst..........................






Keterangan :                                                                Skor Tes lisan :           
·      Mempresentasikan sangat baik                               = 80 – 90 = A
·      Mempresentasikan baik                                          = 70 – 79 = B
·      Mempresentasikan kurang baik                              = 60 – 69 = C
·      Mempresentasikan tidak lancar                              = 50 – 59 = D
·      Tidak dapat mempresentasikan                              = kurang dari 50 = E

Non Tes
                       i.      Tugas menulis ayat Al-Qur’an tentang hakikat dan hikmah beriman kepada Hari Akhir !
                     ii.      Observasi atau mengamati perilaku yang mencerminkan beriman kepada Hari Akhir
                   iii.      Potofolio (tugas dan observasi dikerjakan di lembar kerja dan diserahkan kepada pendidik)


Mengetahui
Kepala Sekolah



..............................................


Banjarbaru, 11 Agustus 2015
Pendidik Bidang Studi



............................................




SURGA FIRDAUS IMPIAN ORANG BERIMAN

                                                             SURGA FIRDAUS      Setiap muslim pasti ingin masuk kedalam surga dan mereka b...