RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
No. 04
Satuan Pendidikan :
SMKN 2 Banjarbaru
Kelas /Semester : XII / GENAP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Topik :
Rahmat Islam bagi Alam semesta
Materi Pokok
: Kemajuan dan kemunduaran Islam di
dunia
Alokasi Waktu :
3 X 3 Jam Pelajaran
Jumlah Pertemuan : 3 x
Pertemuan
A. Kompetensi Inti :
(K1) : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
(K2) : Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif) dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
(K3) : Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
(K4) : Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
A. Kompetensi Dasar
2.7 Menunjukkan sikap semangat melakukan
penelitian di bidang ilmu pengetahuan sebagai implementasi
dari pemahaman dan perkembangan Islam di dunia
3.10 Menganalisis faktor-faktor kemajuan dan kemunduran peradaban Islam
di dunia.
4.10 Mendeskripsikan faktor-faktor kemajuan dan kemunduran peradaban
Islam di dunia.
B. Indikator Pencapaian
Kompetensi
1.
Mampu Menganalisis
faktor-faktor kemajuan dan kemunduran peradaban Islam di dunia dengan benar.
2.
Mampu Mendeskripsikan faktor-faktor kemajuan dan kemunduran peradaban
Islam di dunia dengan benar.
3.
Bersikap semangat melakukan penelitian ilmu
pengetahuan
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah dilaksanakan kegiatan pembelajaran
siswa mampu :
1.
Menunjukkan sikap semangat melakukan
penelitian di bidang ilmu pengetahuan sebagai implementasi dari pemahaman dan
perkembangan Islam di dunia.
2.
Menganalisis
faktor-faktor kemajuan dan kemunduran peradaban Islam di dunia.
3.
Mendeskripsikan
faktor-faktor kemajuan dan kemunduran peradaban Islam di dunia.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Perkembangan Islam di dunia, meliputi :
-
Perkembangan Islam di Benua Asia, seperti ; India, Pakistan, Afganistan,
Tiongkok, Singapura, Thailand, Filipina, Malaisyia dan Brunei Darussalam.
-
Perkembangan Islam di Benua Aprika, meliputi; Ethiopia, Mesir, Afrika
Utara,
-
Perkembangan Islam di Benua Amerika.
-
Perkembangan Islam di Benua Eropa, seperti; Spanyol, Rusia, Inggris,
-
Perkembangan Islam di Autralia
2.
Masa kemajuan peradaban Islam di dunia, seperti;
-
Kemajuan Intelektual, antara lain; filsafat, kedokteran, astronomi,
matematika, fisika, kimia, sejarah dan georafi, geometri, kesenian, bahasa dan
sastra, kepustakaan, fiqih dan Tasawuf
-
Kemajuan kebudayaan dan seni arsitektur
3.
Masa kemunduran peradaban Islam
E. Metode Pembelajaran
·
Saintifik
·
kooperatif
·
rool play,diskusi,
F. Media Pembelajaran
Media
·
Video Pembelajaran
·
CD Pembelajaran Tajwid Interaktif
Alat
· Komputer / Laptop
· LCD Projector
G.
Sumber Belajar:
Sumber Belajar :
·
Buku PAI Kls XII Kemdikbud
·
Al-Quran dan Al-Hadits
·
Buku tajwid
·
Kitab tafsir Al-Qur’an
·
Buku lain yang menunjang
·
Multimedia interaktif dan Internet
H. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memberikan salam
·
Menanyakan kepada siswa kesiapan dan
kenyamanan untuk belajar
·
Menanyakan kehadiran siswa
·
Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·
Tadarus Al-Qur’an
·
Tanya jawab materi sebelumnya
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power
point.
|
20 menit
|
Inti
|
a.
Mengamati
- Mengamati tayangan video tentang
perkembangan Islam di dunia.
- Membaca artikel tentang kemajuan dan kemunduran peradaban Islam
di dunia.
b.
Menanya
-
Mengajukan
pertanyaan berkaitan dengan perkembangan Islam di dunia, seperti
faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemajuan dan kemunduran peradaban
Islam?
c.
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Diskusi
tentang perkembangan peradaban Islam di dunia
- Menelaah faktor-faktor yang memepengaruhi kemajuan peradaban
Islam di dunia
- Menelaah faktor-faktor yang memepengaruhi kemunduran peradaban
Islam di dunia
d.
Mengasosiasi
-
Menyimpulkan
perkembangan peradaban Islam di dunia
-
Menyimpulkan
faktor-faktor yang memepengaruhi kemajuan dan kemunduran peradaban Islam di
dunia
e.
Mengkomunikasikan:
- Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang faktor-faktor yang
mempengaruhi kemajuan dan kemunduran peradaban Islam di dunia
- Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan
menyanggah).
-
Membuat
resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
|
90 menit
|
Penutup
|
a.
Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan
materi
b.
Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
c.
Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
d.
Berdo’a
e.
Mengucapkan salam
|
10 menit
|
J. Penilaian
1. Prosedur :
a.Penilaian proses belajar
mengajar oleh guru
b.Penilaian hasil belajar (tes
lisan/ tertulis berbentuk Esay)
2.Alat Penilaian (Soal terlampir)
Aspek afektif
Isilah
pernyataan-pernyataan berikut sesuai dengan sikapmu yang sebenarnya dengan cara
mencontreng ( √ ) pada kolom yang tersedia
INTERNALISASI AKHLAK MULIA
|
|||||
No
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
KS
|
TS
|
1
|
Bagi
orang Amerika dan Eropa, umat Islam diidentikan dengan bodoh,miskin, jorok
dan tidak displin.
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
2
|
Negara
yang mayoritas penduduknya menganut ajaran Islam , pasti termasuk Negara
dengan kategori berkembang dan terkebelakang
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
3
|
“teroris”
seringkali dilontarkan oleh mereka yang phobia terhadap penganut ajaran
Islam.
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
4
|
Standar
sebuah Negara dikatakan Islami adalah banyaknya orang yang melaksanakan
shalat lima waktu.
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
5
|
Salah
satu factor kemunduran Islam di dunia, dikarenakan bangsa barat memiliki
kesempatan dan peluang lebih besar dibandingkan umat Islam.
|
…..
|
….
|
….
|
…..
|
6
|
Dengan
mempelajari perkembangan Islam di dunia, seharusnya termotivasi untuk
berdakwah sebagaimana yang dilakukan para tokoh Islam di berbagai dunia.
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
7
|
Seharusnya
Islamlah yang menguasai dunia karena seluruh konsep kehidupan sudah ada dalam
Al-Qur’an.
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
8
|
Bukan
masalah yang penting , kalau saat ini bukan umat Islam yang memegang dunia ,
karena hidup ini bagai roda yang berputar, kadang di bawah kadang diatas.
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
9
|
Untuk
mengembalikan kejayaan Islam pada lalu,umat islam di seluruh dunia harus
bersatu.
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
10
|
Orang
yang baru memeluk agama Islam , biasanya lebih konsisten daripada umat Islam
keturunan.
|
…..
|
….
|
….
|
…..
|
Lampiran 2 : Format Penilaian
Proses bealajar
FORMAT PENGAMATAN SIKAP
No
|
Nama
Siswa
|
Disiplin
|
Tanggung
jawab
|
Peduli
|
Kerja
keras
|
||||||||
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
4
|
|||||||||||||
5
|
INDIKATOR
KOMPETENSI INTI 1 DAN 2
1.
Disiplin
·
Selalu hadir di kelas tepat waktu
·
Mengerjakan LKS sesuai petunjuk dan
tepat waktu
·
Mentaati aturan main dalam kerja
mandiri dan kelompok
2.
Tanggung jawab
Berusaha menyelesaikan tugas dengan
sungguh-sungguh
·
Bertanya kepada teman/guru bila
menjumpai masalah
·
Menyelesaikan permasalahan yang
menjadi tanggung jawabnya
·
Partisipasi dalam kelompok
3.
Peduli
·
Menjaga kebersihan kelas, membantu
teman yang membutuhkan
·
Menunjukkan rasa empati dan simpati
untuk ikut menyelesaikan masalah
·
Mampu memberikan ide/gagasan
terhadap suatu masalah yang ada di sekitarnya
·
Memberikan bantuan sesuai dengan
kemampuannya
4.
Kerja keras
·
Mengerjakan LKS dengan
sungguh-sungguh
·
Menunjukkan sikap pantang menyerah
·
Berusaha menemukan solusi
permasalahan yang diberikan
PEDOMAN
PENILAIAN:
·
Penilaian dilakukan dengan cara
membandingkan karakter siswa pada kondisi awal dengan pencapaian dalam waktu
tertentu.
·
Hasil yang dicapai selanjutnya
dicatat, dianalisis dan diadakan tindak lanjut
Tugas
- Mengumpulkan artikel dan
tulisan tentang perkembangan Islam di dunia
- Mengumpulkan visualisasi tentang perkembangan Islam di dunia
Observasi
- Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
- isi diskusi (perkembangan Islam di dunia, faktor-faktor yang
mempengaruhi kemajuan dan kemunduran peradaban Islam)
- sikap semangatmelakukanpenelitian di bidangilmupengetahuansebagairefleksi daripemahamankemajuan dan
kemunduran peradaban Islam di dunia.
Portofolio
-
Membuatlaporanperkembangan
Islam di dunia dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan dan kemunduran
peradaban Islam di dunia.
Tes tulis
-
Tes kemampuan
kognitif dengan bentuk tes soal soal pilihan ganda dan uraian kemajuan dan kemunduran Islam di dunia.
Tes
lisan
·
Memaparkan sejarah singkat masuknya
Islam Eropa
Mengetahui
Kepala Sekolah
...............................................
NIP.
|
|
Banjarbaru, ....................
Pendidik Bidang Studi
.....................................
NIP. ...................................
|
<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-6303669560088871"crossorigin="anonymous"></script>