Rabu, 05 Oktober 2016

RPP PAI KELAS XII TENTANG MERAIH BERKAH DENGAN MAWARIS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
No. 02


Satuan Pendidikan     : ...................................
Kelas /Semester        : XII / GENAP
Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
  Topik                        : Meraih berkah dengan mawaris
  Materi Pokok            : Mawaris
  Alokasi Waktu          : 3 X 3 Jam Pelajaran
Jumlah Pertemuan     : 3 x Pertemuan

A.   Kompetensi Inti       :
(K1)   : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
(K2) : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan   alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
(K3) : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan    wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  (K4)     : Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait  dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,   dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.   Kompetensi Dasar
1.4. Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam melakukan pembagian harta warisan
3.8. Memahami ketentuan waris dalam Islam.
4.8. Mempraktikkan pelaksanaan pembagian waris dalam Islam

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi

1.      Mampu melaksanakan ketentuan syariat Islam dalam melaksanakan pembagian harta warisan dengan benar.
2.      Mampu  memahami  ketentuan waris dalam Islam dengan benar.
3.      Mampu mempraktikkan pembagian harta warisan dalam Islam

D.   Tujuan Pembelajaran

Setelah dilaksanakan kegiatan pembelajaran   siswa mampu :
1.      Menerapkan ketentuan syari’at Islam dalam melakukan pembagian harta warisan
2.      Memahami ketentuan waris dalam Islam
3.      Mempraktekkan pelaksanaan pembagian waris dalam Islam

E.   Materi Pembelajaran

Bacalah baik-baik ayat dibawah ini :
ÉA%y`Ìh=Ïj9 Ò=ŠÅÁtR $£JÏiB x8ts? Èb#t$Î!ºuqø9$# tbqç/tø%F{$#ur Ïä!$|¡ÏiY=Ï9ur Ò=ŠÅÁtR $£JÏiB x8ts? Èb#t$Î!ºuqø9$# šcqç/tø%F{$#ur $£JÏB ¨@s% çm÷ZÏB ÷rr& uŽèYx. 4 $Y7ŠÅÁtR $ZÊrãøÿ¨B ÇÐÈ  

Artinya : bagi orang laki-laki ada hak bagian dari harta peninggalan ibu-bapa dan kerabatnya, dan bagi orang wanita ada hak bagian (pula) dari harta peninggalan ibu-bapa dan kerabatnya, baik sedikit atau banyak menurut bahagian yang telah ditetapkan.
ÞOä3ŠÏ¹qムª!$# þÎû öNà2Ï»s9÷rr& ( ̍x.©%#Ï9 ã@÷VÏB Åeáym Èû÷üusVRW{$# 4 bÎ*sù £`ä. [ä!$|¡ÎS s-öqsù Èû÷ütGt^øO$# £`ßgn=sù $sVè=èO $tB x8ts? ( bÎ)ur ôMtR%x. ZoyÏmºur $ygn=sù ß#óÁÏiZ9$# 4 Ïm÷ƒuqt/L{ur Èe@ä3Ï9 7Ïnºur $yJåk÷]ÏiB â¨ß¡9$# $£JÏB x8ts? bÎ) tb%x. ¼çms9 Ó$s!ur 4 bÎ*sù óO©9 `ä3tƒ ¼ã&©! Ó$s!ur ÿ¼çmrOÍurur çn#uqt/r& ÏmÏiBT|sù ß]è=W9$# 4 bÎ*sù tb%x. ÿ¼ã&s! ×ouq÷zÎ) ÏmÏiBT|sù â¨ß¡9$# 4 .`ÏB Ï÷èt/ 7p§Ï¹ur ÓÅ»qム!$pkÍ5 ÷rr& AûøïyŠ 3 öNä.ät!$t/#uä öNä.ät!$oYö/r&ur Ÿw tbrâôs? öNßgƒr& Ü>tø%r& ö/ä3s9 $YèøÿtR 4 ZpŸÒƒÌsù šÆÏiB «!$# 3 ¨bÎ) ©!$# tb%x. $¸JŠÎ=tã $VJŠÅ3ym ÇÊÊÈ  
Artinya :Allah mensyari'atkan bagimu tentang (pembagian pusaka untuk) anak-anakmu. Yaitu : bahagian seorang anak lelaki sama dengan bagahian dua orang anak perempuan[272]; dan jika anak itu semuanya perempuan lebih dari dua[273], Maka bagi mereka dua pertiga dari harta yang ditinggalkan; jika anak perempuan itu seorang saja, Maka ia memperoleh separo harta. dan untuk dua orang ibu-bapa, bagi masing-masingnya seperenam dari harta yang ditinggalkan, jika yang meninggal itu mempunyai anak; jika orang yang meninggal tidak mempunyai anak dan ia diwarisi oleh ibu-bapanya (saja), Maka ibunya mendapat sepertiga; jika yang meninggal itu mempunyai beberapa saudara, Maka ibunya mendapat seperenam. (Pembagian-pembagian tersebut di atas) sesudah dipenuhi wasiat yang ia buat atau (dan) sesudah dibayar hutangnya. (Tentang) orang tuamu dan anak-anakmu, kamu tidak mengetahui siapa di antara mereka yang lebih dekat (banyak) manfaatnya bagimu. ini adalah ketetapan dari Allah. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana.

[272] Bagian laki-laki dua kali bagian perempuan adalah karena kewajiban laki-laki lebih berat dari perempuan, seperti kewajiban membayar maskawin dan memberi nafkah. (Lihat surat An Nisaa ayat 34).
[273] Lebih dari dua Maksudnya : dua atau lebih sesuai dengan yang diamalkan Nabi.

F.    Metode Pembelajaran
·         Saintifik
·         kooperatif
·         rool play,diskusi,

G.  Media Pembelajaran

Media
·      Video Pembelajaran
·      CD Pembelajaran Tajwid Interaktif
Alat
·      Komputer / Laptop
·      LCD Projector 
H.    Sumber Belajar:
 
      Sumber Belajar :    
·         Buku PAI Kls XII Kemdikbud
·         Al-Quran dan Al-Hadits
·         Buku tajwid
·         Kitab tafsir Al-Qur’an
·         Buku lain yang menunjang
·         Multimedia interaktif dan Internet

I.      Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu

Pendahuluan
·         Memberikan salam
·         Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·         Menanyakan kehadiran siswa
·         Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·         Tadarus Al-Qur’an
·         Tanya jawab materi sebelumnya
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point.

20 menit

Inti
a.      Mengamati
-       Menyimak bacaan al-Qur’an yang terkait dengan mawaris dalam Islam secara individu maupun kelompok.
-       Mengamati tayangan video pembagian warisan dalam Islam. atau mengamati langsung  proses pembagian warisan
b.      Menanya
-       Mengajukan  pertanyaan  tentang warisan dalam Islam, misalnya; berapa bagian untuk anak laki-laki, anak perempuan, ibu, ayah
c.       Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Menelaah ketentuan warisan dalam Islam
-       Diskusi tentang pembagian warisan dalam Islam
d.      Mengasosiasi
-       Menyimpulkan ketentuan warisan dalam Islam 
-       Menyimpulkan tata cara pembagian warisan dalam Islam
e.       Mengkomunikasikan:
-       Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang ketentuan warisan dalam Islam.
-       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-       Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
-       Mengadakan simulasi prosesi penikahan.

90 menit

Penutup
a.       Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi
b.      Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
c.       Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
d.      Berdo’a
e.       Mengucapkan salam

10 menit

J.   Penilaian       
1.  Prosedur        :
              a.Penilaian proses belajar mengajar oleh guru
              b.Penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay)
2.Alat Penilaian (Soal terlampir)
   
        Aspek afektif
Isilah pernyataan-pernyataan berikut sesuai dengan sikapmu yang sebenarnya dengan cara mencontreng ( √ ) pada kolom yang tersedia

INTERNALISASI AKHLAK MULIA
No
Pernyataan
SS
S
KS
TS
1
Konsep warisan dalam Islam mampu menghilangkan sikap kikir dan tamak pada seorang muslim
……
……
…..
……
 2
Ilmu faraidh sangat merepotkan dalam pembagian warisan, ketika ada orang meninggal.
……
……
…..
……
 3
Tidak masalah bila seorang muslim tidak memakai ilmu waris ketika membagi warisan dengan syarat semua ahli waris ridha
……
……
…..
……
4
Isteri berhak menentukan sendiri bagian warisannya, kalau suaminya meninggal.
……
……
…..
……
5
Lebih baik orang tua membagikan harta warisannya ketika masih hidup untuk menghindari perselisihan yang mungkin terjadi.
…..
….
….
…..
6
Apabila harta warisan berupa tanah dan bangunan, untuk memudahkan pembagiannya hendaknya diuangkan terlebih dahulu
……
……
…..
……
7
Bagian laki-laki dua kali lipat baagian perempuan merupakan bentuk keadilan dalam pembagian warisan.
……
……
…..
……
8
Bila seseorang meninggal dan tidak memiliki ahli waris, maka harta warisannya sebaiknya diberikan pada negara
……
……
…..
……
9
Mengambil harta warisan anak yatim, diperbolehkan dengan syarat apabila anak yatim  tersebut sudah baligh maka akan diganti
……
……
…..
……
10
Anak adopsi boleh mendapatkan wasiat dari orang yang meninggal, sebagai ganti dari harta waris.
…..
….
….
…..

Lampiran 2 : Format Penilaian Proses bealajar
FORMAT PENGAMATAN SIKAP
No
Nama Siswa
Disiplin
Tanggung jawab
Peduli
Kerja keras
a
b
c
a
b
c
a
b
c
a
b
c
1
2
3
4
5


INDIKATOR KOMPETENSI INTI 1 DAN 2

1.      Disiplin
·         Selalu hadir di kelas tepat waktu
·         Mengerjakan LKS sesuai petunjuk dan tepat waktu
·         Mentaati aturan main dalam kerja mandiri dan kelompok
2.      Tanggung jawab
Berusaha menyelesaikan tugas dengan sungguh-sungguh
·         Bertanya kepada teman/guru bila menjumpai masalah
·         Menyelesaikan permasalahan yang menjadi tanggung jawabnya
·         Partisipasi dalam kelompok
3.      Peduli
·         Menjaga kebersihan kelas, membantu teman yang membutuhkan
·         Menunjukkan rasa empati dan simpati untuk ikut menyelesaikan masalah
·         Mampu memberikan ide/gagasan terhadap suatu masalah yang ada di sekitarnya
·         Memberikan bantuan sesuai dengan kemampuannya
4.      Kerja keras
·         Mengerjakan LKS dengan sungguh-sungguh
·         Menunjukkan sikap pantang menyerah
·         Berusaha menemukan solusi permasalahan yang diberikan

PEDOMAN PENILAIAN:

·         Penilaian dilakukan dengan cara membandingkan karakter siswa pada kondisi awal dengan pencapaian dalam waktu tertentu.
·         Hasil yang dicapai selanjutnya dicatat, dianalisis dan diadakan tindak lanjut.
Tugas
Salinlah QS.An-Nisa ayat 7 dan 11, QS.An-Nahl ayat 75  tentang warisan
Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-       Isi diskusi (ketentuan waris dalam Islam.)
Portofolio
-       Membuatlaporantentang ketentuan waris dalam Islam.
Tes tulis
-      Teskemampuankognitifdenganbentuktessoal-soal pilihan ganda dan uraian tentang ketentuan waris dalam Islam.
Tes lisan
Membaca QS.An-Nisa ayat 7 dan 11, QS.An-Nahl ayat 75  tentang warisan dan hadits terkait
Mengetahui
Kepala Sekolah



...........................................
NIP.

Banjarbaru, ....................
Pendidik Bidang Studi



.........................................
NIP. 








SURGA FIRDAUS IMPIAN ORANG BERIMAN

                                                             SURGA FIRDAUS      Setiap muslim pasti ingin masuk kedalam surga dan mereka b...