RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
No. 06
Satuan Pendidikan : ..........................................
Kelas /Semester : XII / Ganjil
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Topik :
Meraih kasih Allah dengan Ihsan
Materi Pokok
: Q.S. Al-Baqarah (2): 83.
Alokasi Waktu :
2 X 3 Jam Pelajaran
Jumlah Pertemuan : 2 x
Pertemuan
A. Kompetensi Inti :
(K1) : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
(K2) : Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif) dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
(K3) : Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
(K4) : Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
2.4 Menunjukkan
perilaku saling menasihati dan berbuat baik (ihsan) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Luqman (31) : 13-14
dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83, serta hadits terkait.
3.2 Menganalisis Q.S. Luqman (31): 13-14 dan
Q.S. Al-Baqarah (2): 83, serta hadits tentang
saling menasihati dan berbuat baik (ihsan).
4.2.1 Membaca Q.S. Luqman
(31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2.2 Mendemonstrasikan
hafalan Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 denagn lancar
A.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Mampu menunjukkan perilaku berbuat
baik ( Ihsan ) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan hadits terkait
- Mampu
Menganalisis Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan hadits tentang berbuat
baik(Ihsan)
- Mampu
Membaca Q.S. Al-Baqarah (2): 83 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul
huruf.
- Mampu
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dengan lancar
- Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif)
B.
Tujuan Pembelajaran
Setelah dilaksanakan kegiatan pembelajaran
melalui model pembelajaran Saintifik kooperatif rool
play,diskusi, ceramah Mengamati (Menyimak bacaan, membaca,
mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid), dan mencermati kandungan Q.S.
Al-Baqarah (2): 83 dan hadits terkait.) Menanya ( Menanyakan cara
membaca Q.S. Al-Baqarah (2): 83. Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid,
asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan hadits terkait. )
siswa dapat :
1.
Menganalisis Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan hadits tentang berbuat baik ( ihsan )
2.
Membaca Q.S. Al-Baqarah (2): 83 sesuai dengan
kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
3.
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Baqarah (2):
83 dengan lancar
4.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-
aktif)
C.
Materi Ajar
- Materi
Fakta (sesuatu yang dapat diindera)
Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan hadits tentang berbuat baik ( ihsan )
- Materi Konsep (gabungan antar
fakta yang saling berhubungan)
1.
Pengertian berbuat baik ( ihsan )
2.
Ruang lingkup ihsan
3. Materi Prinsip
(generalisasi hubungan antar konsep-konsep yang berkaitan: hukum, teori, azas)
Jenis ihsan
Hikmah berbuat baik ( ihsan )
- Materi Prosedur (sederetan
langkah yang sistematis dalam menerapkan prinsip)
Budayakan
dalam berbuat kebaikan
Cara
memberi nasehat dalam kebaikan
Bacalah
baik-baik ayat dibawah ini :
Artinya :83. dan (ingatlah), ketika Kami
mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): janganlah kamu menyembah selain
Allah, dan berbuat kebaikanlah kepada ibu bapa, kaum kerabat, anak-anak yatim,
dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia,
dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. kemudian kamu tidak memenuhi janji
itu, kecuali sebahagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling.
Pihak-pihak yang berhak menerima ihsan adalah sebagai
berikut :
a.
Ihsan kepada Allah Swt, yaitu dengan
beribadah hanya kepada Allah Swt
b.
Ihsan kepada sesama makhluk ciptaan
Allah Swt, terdiri dari :
-
Ihsan kepada kedua orang tua
-
Ihsan kepada kerabat karib
-
Ihsan kepada anak yatim
-
Ihsan kepada fakir miskin
-
Ihsan kepada tetangga
-
Ihsan kepada tamu
-
Ihsan kepada karyawan/ pekerja
-
Ihsan kepada sesama manusia
-
Ihsan kepada binatang
-
Ihsan kepada alam sekitar
D.
Metode Pembelajaran
·
Saintifik
·
kooperatif
·
rool play,diskusi, ceramah
E.
Media Pembelajaran
Media
·
Video Pembelajaran
·
CD Pembelajaran Tajwid Interaktif
Alat
· Komputer / Laptop
· LCD Projector
F.
Sumber Belajar:
Sumber Belajar :
·
Buku PAI Kls XII Kemdikbud
·
Al-Quran dan Al-Hadits
·
Buku tajwid
·
Kitab tafsir Al-Qur’an
·
Buku lain yang menunjang
·
Multimedia interaktif dan Internet
G.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasiwaktu
|
Pendahuluan
|
|
10 menit
|
Inti
|
·
Mengamati
·
Menyimak bacaan, membaca, mengidentifikasi
hukum bacaan (tajwid), dan mencermati kandungan Q.S. Al-Baqarah (2): 83
dan hadits terkait.
·
Menanya
·
Menanyakan cara membaca Q.S. Al-Baqarah (2):
83
·
Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid,
asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan hadits terkait.
·
Mengumpulkan data/eksplorasi
·
Mendiskusikan cara membaca Q.S.
Al-Baqarah (2): 83 sesuai dengan hukum bacaan tajwid;
·
Menterjemahkan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan
hadits terkait;
·
Menganalisis asbabun nuzul/wurud dan Q.S.
Al-Baqarah (2): 83 dan hadits terkait.
·
Mengasosiasi
·
Membuat kesimpulan dari kandungan Q.S.
Al-Baqarah (2): 83 dan hadits terkait.
·
Mengkomunikasikan:
Mendemonstrasikan bacaan (hafalan), menyampaikan hasil diskusi
tentang Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan hadits terkait secara individu maupun
kelompok
|
70 menit
|
Penutup
|
·
Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru
menyimpulkan materi
·
Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran
·
Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan
pembelajaran
·
Mengucapkan salam
|
10 menit
|
J. Penilaian
1. Prosedur :
a.Penilaian proses belajar
mengajar oleh guru
b.Penilaian hasil belajar (tes
lisan/ tertulis berbentuk Esay)
2.Alat Penilaian (Soal terlampir)
Aspek
afektif
Isilah
pernyataan-pernyataan berikut sesuai dengan sikapmu yang sebenarnya dengan cara
mencontreng ( √ ) pada kolom yang tersedia
INTERNALISASI AKHLAK MULIA
|
|||||
No
|
Pernyataan
|
setuju
|
tidak
setuju
|
tidak
tahu
|
alasan
|
1
|
Shalat
fardhu perlu dikerjakan sekhusyuk dan seikhlas mungkin
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
2
|
Perintah
orang tua harus ditaati walaupun harus melanggar hak orang lain
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
3
|
Tetangga
yang tidak beragama Islam tidak perlu dihormati
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
4
|
Sebelum
kita memotong ayam , sebaiknya kita beri makan dulu hingga kenyang
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
5
|
Ikan
dilautan disediakan Allah untuk manusia, oleh karena itu manusia boleh
menggunakan cara apa saja untuk mendapatkannya
|
…..
|
….
|
….
|
…..
|
Lampiran 2 : Format Penilaian
Proses bealajar
FORMAT PENGAMATAN SIKAP
No
|
Nama
Siswa
|
Disiplin
|
Tanggung
jawab
|
Peduli
|
Kerja
keras
|
||||||||
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
4
|
|||||||||||||
5
|
INDIKATOR
KOMPETENSI INTI 1 DAN 2
1.
Disiplin
·
Selalu hadir di kelas tepat waktu
·
Mengerjakan LKS sesuai petunjuk dan
tepat waktu
·
Mentaati aturan main dalam kerja
mandiri dan kelompok
2.
Tanggung jawab
Berusaha menyelesaikan tugas dengan
sungguh-sungguh
·
Bertanya kepada teman/guru bila
menjumpai masalah
·
Menyelesaikan permasalahan yang
menjadi tanggung jawabnya
·
Partisipasi dalam kelompok
3.
Peduli
·
Menjaga kebersihan kelas, membantu
teman yang membutuhkan
·
Menunjukkan rasa empati dan simpati
untuk ikut menyelesaikan masalah
·
Mampu memberikan ide/gagasan
terhadap suatu masalah yang ada di sekitarnya
·
Memberikan bantuan sesuai dengan
kemampuannya
4.
Kerja keras
·
Mengerjakan LKS dengan
sungguh-sungguh
·
Menunjukkan sikap pantang menyerah
·
Berusaha menemukan solusi
permasalahan yang diberikan
PEDOMAN
PENILAIAN:
·
Penilaian dilakukan dengan cara
membandingkan karakter siswa pada kondisi awal dengan pencapaian dalam waktu
tertentu.
·
Hasil yang dicapai selanjutnya
dicatat, dianalisis dan diadakan tindak lanjut.
1.
Tugas
Menghafal Q.S. Al-Baqarah (2): 83, dan hadits terkait dengan cara mengisi lis (
lembar tugas hafalan).
2.
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
·
isi diskusi (kandungan ayat dan
hukum bacaan)
·
sikap yang ditunjukkan peserta
didik terkait dengan tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
3.
Portofolio
·
Melaporkan hasil obervasi berupa
paparan tentang kandungan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan hadits terkait;
·
Membuat paparan analisis dan
identifikasi hukum bacaan yang ada pada Q.S. Al-Baqarah (2): 83
·
Membuat laporan perkembangan
hafalan Q.S. Al-Baqarah (2): 83 dan hadist terkait.
4.
Tes tulis
·
Menyalin Q.S. Al-Baqarah (2): 83 serta mengidentifikasi hukum bacaan
tajwidnya;
·
Menjawab soal-soal tentang isi kandungan
Q.S. Al-Baqarah (2): 83, dan hadist terkait.
5.
Tes lisan
Membaca dan menghafal Q.S. Al-Baqarah (2): 83
dan hadits terkait
Mengetahui
Kepala Sekolah
.........................................
NIP.
|
|
Banjarbaru, .....................
Pendidik Bidang Studi
...........................................
NIP. ...................................
|