RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (
RPP )
No. 04
Satuan
Pendidikan : ..............................................
Kelas/
Semester : XII / Ganjil
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti
Topik : Bersatu dalam keragaman dan demokrasi
Materi Pokok
: Q.S. Ali-Imran (3) : 159
Alokasi Waktu :
3 X 3 Jam Pelajaran
Jumlah
Pertemuan : 2 x Pertemuan
A.
Kompetensi Inti :
(K1) : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
(K2) : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif) dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
(K3) :Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
(K4) :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
2.3 Menunjukkan sikap kritis
dan demokratis sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159, serta hadits
terkait.
3.1 Menganalisis Q.S.
Ali Imran (3): 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3): 159, serta hadits tentang
berpikir kritis dan bersikap demokratis.
4.1.1 Membaca Q.S. Ali Imran (3): 190-191 dan Q.S. Ali Imran (3):
159; sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3): 190-191 dan
Q.S. Ali Imran (3): 159 dengan lancar
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Mampu menunjukkan sikap Demokratis sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Ali Imran :159 dan hadits terkait.
2. Mampu
Menganalisis Q.S. Ali Imran (3): 159 dan hadits tentang bersikap
demokratis
3. Mampu
Membaca Q.S. Ali Imran (3): 159; sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul
huruf.
4. Mampu
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3): 159
dengan lancar
D. Tujuan
Pembelajaran
Setelah dilaksanakan kegiatan
pembelajaran melalui model pembelajaran Saintifik kooperatif rool
play,diskusi, ceramah siswa dapat :
1.
Menganalisis Q.S. Ali Imran (3):
159, serta hadits tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
2.
Membaca Q.S. Ali Imran (3): 159;
sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
3.
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali
Imran (3): 159 dengan lancar
4.
Mengembangkan perilaku (jujur,
disiplin, tanggungjawab, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif
dan pro- aktif)
E.
Materi Pembelajaran
·
Materi Fakta (sesuatu yang dapat
diindera)
Q.S.
Ali Imran (3): 159, serta hadits tentang bersikap demokratis.
·
Materi Konsep (gabungan antar fakta
yang saling berhubungan)
Pengertian
demokrasi
·
Materi Prinsip (generalisasi
hubungan antar konsep-konsep yang berkaitan: hukum, teori, azas)
Tujuan antara Pendidikan Agama
Islam adalah Materi Pendidikan Agama Al-Islam
·
Materi Prosedur (sederetan langkah
yang sistematis dalam menerapkan prinsip)
Cara Mempelajari Agama Islam
Azas demokratis dalam Pendidikan Agama Islam
Pandangan Islam tentang demokratis
Demokrasi untuk mempersatukan bangsa
Bacalah
ayat-ayat berikut dengan tartil dan renungkanlah maknanya serta perhatikan adab
dan sopan santun membaca Al Qur’an.
Q.S. Ali-Imran (3) : 190-191,
Artinya : 159. Maka disebabkan rahmat dari
Allah-lah kamu Berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap
keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu.
karena itu ma'afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan
bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu[246]. kemudian apabila kamu
telah membulatkan tekad, Maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah
menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.
[246] Maksudnya: urusan peperangan dan
hal-hal duniawiyah lainnya, seperti urusan politik, ekonomi, kemasyarakatan dan
lain-lainnya.
F.
Metode Pembelajaran
·
Saintifik
·
Kooperatif
·
rool play,diskusi, ceramah
G. Media Pembelajaran
Media
·
Video Pembelajaran
·
CD Pembelajaran Tajwid Interaktif
Alat
· Komputer / Laptop
· LCD Projector
H. Sumber
Belajar:
Sumber Belajar :
·
Buku PAI Kls XII Kemdikbud
·
Al-Quran dan Al-Hadits
·
Buku tajwid
·
Kitab tafsir Al-Qur’an
·
Buku lain yang menunjang
·
Multimedia interaktif dan Internet
I. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasiwaktu
|
Pendahuluan
|
|
10 menit
|
Inti
|
·
Mengamati
·
Menyimak bacaan,
membaca, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid), dan mencermati kandungan
Q.S. Ali Imran (3): 159, dan hadits tentang sikap dmokratis
·
Menanya
·
Menanyakan cara membaca
Q.S. Ali Imran (3) : 159
·
Mengajukan pertanyaan
terkait hukum tajwid, asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. Ali Imran (3) :
159, dan hadits terkait.
·
Mengumpulkan
data/eksplorasi
·
Mendiskusikan cara membaca
Q.S. Ali Imran (3) : 159, sesuai
dengan hukum bacaan tajwid;
·
Menterjemahkan Q.S.
Ali Imran (3) : 159, dan hadits terkait;
·
Menganalisis asbabun
nuzul/wurud dan kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 159, dan hadits terkait.
·
Mengasosiasi
·
Membuat kesimpulan
dari kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 159, dan hadits terkait.
·
Mengkomunikasikan:
Mendemonstrasikan bacaan
(hafalan), menyampaikan hasil diskusi tentang Q.S. Ali Imran (3) : 159,
dan hadits terkait secara individu
maupun kelompok
|
70 menit
|
Penutup
|
|
10 menit
|
J. Penilaian
1.Prosedur :
a.Penilaian proses belajar mengajar
oleh guru
b.Penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay)
2.Alat Penilaian (Soal terlampir)
Aspek
afektif
Isilah
pernyataan-pernyataan berikut sesuai dengan sikapmu yang sebenarnya dengan cara
mencontreng ( √ ) pada kolom yang tersedia
INTERNALISASI AKHLAK MULIA
|
|||||
No
|
Pernyataan
|
setuju
|
tidak
setuju
|
tidak
tahu
|
alasan
|
1
|
Ketika
bermusyawarah saya akan mempertahankan dengan gigih pendapat yang benar
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
2
|
Jika
saya menjadi ketua OSIS , maka setiap keputusan yang menyangkut organisasi
akan selalu saya bicarakan dalam forum musyawarah
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
3
|
Orang
tua hendaknya menggali potensi dan kecendrungan anak-anaknya sebelum
mengarahkan kepada profesi yang dipilihnya
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
4
|
Masa
jabatan harus dibatasi supaya tidak cendrung korup
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
Lampiran 2 : Format Penilaian
Proses bealajar
FORMAT PENGAMATAN SIKAP
No
|
Nama
Siswa
|
Disiplin
|
Tanggung
jawab
|
Peduli
|
Kerja
keras
|
||||||||
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
4
|
|||||||||||||
5
|
INDIKATOR
KOMPETENSI INTI 1 DAN 2
1.
Disiplin
·
Selalu hadir di kelas tepat waktu
·
Mengerjakan LKS sesuai petunjuk dan
tepat waktu
·
Mentaati aturan main dalam kerja
mandiri dan kelompok
2.
Tanggung jawab
Berusaha menyelesaikan tugas dengan
sungguh-sungguh
·
Bertanya kepada teman/guru bila
menjumpai masalah
·
Menyelesaikan permasalahan yang
menjadi tanggung jawabnya
·
Partisipasi dalam kelompok
2.
Peduli
·
Menjaga kebersihan kelas, membantu
teman yang membutuhkan
·
Menunjukkan rasa empati dan simpati
untuk ikut menyelesaikan masalah
·
Mampu memberikan ide/gagasan
terhadap suatu masalah yang ada di sekitarnya
·
Memberikan bantuan sesuai dengan
kemampuannya
3.
Kerja keras
·
Mengerjakan LKS dengan
sungguh-sungguh
·
Menunjukkan sikap pantang menyerah
·
Berusaha menemukan solusi
permasalahan yang diberikan
PEDOMAN
PENILAIAN:
·
Penilaian dilakukan dengan cara
membandingkan karakter siswa pada kondisi awal dengan pencapaian dalam waktu
tertentu.
·
Hasil yang dicapai selanjutnya
dicatat, dianalisis dan diadakan tindak lanjut.
1.
Tugas
Menghafal Q.S. Ali Imran (3) : 159,
dan hadits terkait dengan cara mengisi
lis ( lembar tugas hafalan).
2.
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
·
isi diskusi (kandungan ayat dan
hukum bacaan)
·
sikap yang ditunjukkan peserta
didik terkait dengan tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
3.
Portofolio
·
Melaporkan hasil obervasi berupa
paparan tentang kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 159, dan hadits terkait;
·
Membuat paparan analisis dan
identifikasi hukum bacaan yang ada pada Q.S. Ali Imran (3) : 159
·
Membuat laporan perkembangan
hafalan Q.S. Ali Imran (3) : 159, dan hadist terkait.
4.
Tes tulis
·
Menyalin Q.S. Ali Imran (3) : 159 serta mengidentifikasi hukum bacaan
tajwidnya;
·
Menjawab soal-soal tentang isi
kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 159, dan hadist terkait.
4.
Tes lisan
Membaca dan menghafal Q.S. Ali
Imran (3) : 159, dan hadits terkait
Mengetahui
Kepala Sekolah
.........................................
NIP.
|
|
Banjarbaru, .......................
Pendidik Bidang Studi
.........................................
NIP.
|