Selasa, 28 Oktober 2014

KANDUNGAN QS. AL-ANFAL AYAT 2-4

MEMAHAMI KANDUNGAN QS. AL-ANFAL AYAT 2- 4
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ آيَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَاناً وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ -٢- الَّذِينَ يُقِيمُونَ الصَّلاَةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنفِقُونَ -٣- أُوْلَـئِكَ هُمُ الْمُؤْمِنُونَ حَقّاً لَّهُمْ دَرَجَاتٌ عِندَ رَبِّهِمْ وَمَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ -٤-
          Dalam QS. Al-Anfaal ayat 2-4 Allah SWT menjelaskan cirri-ciri orang mukmin itu, sebagaimana firman-Nya :” Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, bertambahlah iman mereka ( karenanya ) dan kepada tuhanlah mereka bertawakkal”.
          Orang-orang beriman adalah mereka yang takut kepada Allah SWT karena keagungan dan kemuliaan-Nya,karena itulah, ketika ayat-ayat Al-Qur’an yang dibacakan itu mengenai keadilan Allah SWT, hukuman dan kekuatan-Nya, mereka merasa ngeri dan bergetarlah hati mereka   . Dan ketika dibacakan ayat-ayat mengenai kemurahan, kasih sayang, rahmat dan pahala Allah SWT, mereka merasakan ketentraman dalam diri mereka dan bertambah keimanan mereka. Orang-orang yang beriman itu mereka senantiasa bertawakkal hanya kepada Allah SWT dalam berbagai keadaan apapun dan mereka menggantungkan diri kepada-Nya mengenai segala urusan dalam hidupnya.
          Sekali lagi, orang-orang yang beriman itu ialah mereka yang mendirikan shalat sebagai bukti hubungannya dengan Allah SWT dan membelanjakan hartanya tanpa mengharapkan imbalan dan bermurah hati terhadap apa yang Allah SWT berikan kepada mereka baik berupa makanan dan minuman dan harta benda lainnya, sebagaimana firman-Nya:” Yaitu orang-orang yang mendirikan sholat dan yang menafkahkan sebagaian dari rezki yang Kami berikan kepada mereka”.
          Allah Yang Maha Mulia, menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki ciri-ciri seperti yang diungkapkan di atas adalah benar-benar memenuhi syarat untuk disebut sebagai orang beriman, ayat ini mengatakan :” Itulah orang-orang yang beriman dengan sebenar-benarnya, mereka akan memperoleh beberapa derajat ketinggian di sisi Tuhannya dan ampunan serta rezki ( nikmat ) yang mulia”.
          Begitulah, orang-orang ini mempunyai kedudukan dan derajat yang tinggi berupa kehormatan di surge dan Allah SWT akan memberikan ampunan kepda mereka dan makanan lezat yang tiada habisnya. Itulah sebabnya beberapa penafsir Al-Qur’an mengatakan bahwa’ rezki yang mulia’ berarti makanan yang tiada habisnya yang sangat banyak dan suci dan diberikan kepada mereka tanpa cela, di hari pembalasan, rezki yang mulia itu akan berupa surga yang kekal abadi.
          Sebagai perbandingan dalam QS. At-Taubah ayat 71  Allah SWT menjelaskan ”Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma'ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana”. Tanda-tanda orang mukmin, laki-laki dan perempuan yang disebutkan dalam ayat diatas, karakteristiknya dari orang beriman itu adalah :
1.   Ciri pertama menunjukkan bahwa mereka mengajak orang-orang pada kebaikan.
2.   Mereka mencegah orang-orang dari kebiasaan buruk, kekejian dan hal-hal yang melanggar syari’at agama.
3.   Bertentangan dengan munafiqin yang selalu melupakan Allah SWT, orang-orang mukmin itu selalu mendirikan sholat, terus mengingat Allah SWT dan dengan mengingat Allah SWT ini hati mereka menjadi bercahaya dan pikirannya sadar.
4.   Sekali lagi, berlawanan dengan munafiqin, yang kikir, orang mukmin mengeluarkan sebagian dari kekayaannya sebagai zakat dijalan Allah dan untuk Allah dan untuk mendukung hamba-hamba Allah SWT, demi untuk memperbauki kondisi masyarakat mereka.
5.   Orang-orang munafiq itu merugikan, membangkang dan berbuat di luar lingkaran perintah-perintah Allah SWT, tetapi orang-orang mukmin mematuhi perintah-perintah Allah SWT dan rasul-Nya.
Dengan demikian prilaku yang harus kita tampilkan dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut :
1.   Kerjakanlah shalat dengan khusyu’.
2.   Menjauhkan diri dari hal-hal yang sia-sia.
3.   Hendaklah mengeluarkan zakat atau sedekah.
4.   Menjaga diri dari berbuat zina.
5.   Menjaga amanah dan janji.
6.   Menjaga sholat lima waktu.
7.   Hendaklah kita senantiasa mengingat Allah SWT.
8.   Senantiasa membaca Ayat-ayat Allah yang Qauliyah ( Al-Qur’an ) atau ayat kauniyah yakni ayat-ayat Allah yang ada pada alam semesta.
9.   Saling menolong sesama umat.
10.        Berbuat baik dan mencegah berbuat munkar.

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-6303669560088871"crossorigin="anonymous"></script>

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SURGA FIRDAUS IMPIAN ORANG BERIMAN

                                                             SURGA FIRDAUS      Setiap muslim pasti ingin masuk kedalam surga dan mereka b...