Selasa, 28 Oktober 2014

ADAB MEMBACA AL-QUR'AN

ADAB MEMBACA AL-QURA’AN

       فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ  
  وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُواْ لَهُ وَأَنصِتُواْ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ -  


         Dalam QS. An-nahl ayat 98 Allah Swt memerintahkan kita berlindung kepada Allah dari godaan syaitan yang terkutuk karena mereka akan senantiasa mengganggu orang mukmin yang ingin membaca Al-Qur’an agar mereka tidak jadi membacanya, oleh sebab itu setiap kali mau membaca Al-Qur’an mulailah dengan mengucap ta’awuzd agar senantiasa terpelihara dari gangguan syaitan tersebut.
   Dalam kitab Al Itqan karangan Imam Jalaluddin As Suyuthi, beliau menjelaskan tentang adab membaca Al-Qur’an antara lain:
a.    Di sunatkan membaca Al-Qur’an sesudah berwudhu, dalam keadaan bersih.
b. Di sunatkan membaca Al-Qur’an di tempat yang bersih,seperti di rumah, dimesjid,dimushalla dan tempat-tempat lain yang dianggap bersih.
c. Di sunatkan membaca Al-Qur’an menghadap kiblat,membacanya dengan khusyu’ dan tenang.
d.   Ketika membaca Al-Qur’an,mulut hendaknya bersih, tidak berisi makanan.
e.    Sebelum membaca Al-Qur’an disunatkan membaca ta’awwudz yaitu:
 اعوذ بالله من الشّيطان الرّجيم
      Baru disambung dengan membaca:
بسم الله الرحمن الرحيم
f.  Di sunatkan membaca Alqur’an denga tartil, yaitu bacaan yang pelan dan tenang.
g. Bagi orang yang sudah mengerti arti dan maksud ayat-ayat Alqur’an, di sunatkan membacanya dengan penuh perhatian dan pemikiran tentang ayat-ayat yang dibacanya itu dan maksudnya.
h.   Di sunatkan membaca Al-Qur’an dengan suara yang bagus lagi merdu.
i.     Sedapat-dapatnya membaca Al-Qur’an janganlah di putuskan karena hendak berbicara dengan orang lain, hendaknya pembacaan diteruskan sampai kebatas yang telah ditentukan, barulah disudahi.
j.     Dalam membaca Al-Qur’an, jangan tertawa-tawa dan sambil bermain-main.
k.   Tutuplah bacaan Alqur’an dengan kalimat:
صدق الله العظيم

Sementara dalam QS. Al-A’raf ayat 204 Allah Swt menjelaskan  apabila dibacakan Al-Quran, maka dengarkanlah dengan baik dan perhatikanlah dengan tenang supaya kalian mendapat rahmat. Maksudnya: jika dibacakan Al Quran kita diwajibkan mendengar dan memperhatikan sambil berdiam diri, baik dalam shalat maupun di luar shalat, terkecuali dalam shalat berjamaah ma'mum boleh membaca Al Faatihah sendiri waktu imam membaca ayat-ayat Al Quran.
Setelah Allah menjelaskan bahwa Al-Qur’an adalah bukti bagi manusia dan sebagai petunjuk serta rahmat , Allah memerintahkan untuk diam ketika dibacakan Al-Qur’an sebagai penghargaan dan pengehormatan kepadanya. Tidak seperti yang dilakukan oleh orang-orang kafir, mereka tidak mau mendengarkan ayat-ayat Allah, seperti yang dijelaskan dalam QS. Fushshilat : 26 yang artinya :”dan orang-orang yang kafir berkata: "Janganlah kamu mendengar dengan sungguh-sungguh akan Al Quran ini dan buatlah hiruk-pikuk terhadapnya, supaya kamu dapat mengalahkan mereka".
Dari Abu Hurairah ra, meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw bersabda sebagai berikut : “ Barangsiapa yang mendengarkan sebuah ayat dari kitab Allah , maka ditulislah baginya kebaikan yang berlipat ganda. Dan barangsiapa yang membacanya maka ia akan mempunyai cahaya pada hari kiamat “ ( HR. Ahmad )
Intinya , barangsiapa yang mendengarkan dan diam ketika Al-Qur’an dibacakan , maka dialah yang lebih dekat untuk dapat memahami dan memikirkannya dan orang seperti itulah yang patut diberi rahmat.
Jadi sikap seorang mukmin yang baik apabila ia ingin membaca Al-Qur’an adalah sebagai berikut :
1.   Dalam keadaan suci lahir dan batin
2.   Memohon perlindungan kepada Allah Swt dari godaan syaitan yang terkutuk
3.   Meresapi makna yang ia baca, agar tumbuh kecintaan kepada Al-Qur’an
4.   Apabila dibacakan Al-Qur’an maka dengarkanlah dengan baik.
Banyak orang yang membaca Al-Qur’an, tetapi yang terpenting adalah sebagaimana yang Allah nyatakan dalam ayatnya yakni merenungkan tiap-tiap ayat Al-Qur’an , mengambil pelajaran dari ayat tersebut dan memperbaiki perilaku seseorang sesuai dengan pelajaran yang terkandung  didalamnya.

<script async src="https://pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js?client=ca-pub-6303669560088871"crossorigin="anonymous"></script>

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SURGA FIRDAUS IMPIAN ORANG BERIMAN

                                                             SURGA FIRDAUS      Setiap muslim pasti ingin masuk kedalam surga dan mereka b...