RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. ......
Satuan Pendidikan : SMKN 2 Banjarbaru
Mata Pelajaran / Tema : Bahasa Arab / QIRA’AH.: البيانات الشحصية
Kelas/Semester : X/Ganjil.
Alokasi Waktu
: 90 menit Jam Pelajaran.
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif,
dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1
.KD pada KI. 1:
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
2
KD pada KI. 2
2.1.Menunjukkan perilaku
santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan
teman
3
KD pada KI. 3
3.1Mendemonstrasikan
tindak tutur menyapa (salam, menanyakan keadaan), memperkenalkan diri (ta’aruf),
mengucapkan terima kasih (taqdim al-syukr), meminta maaf (al-isti’fa),
dan berpamitan (wada’an), dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi interpersonal lisan dan
tulis sesuai dengan konteks penggunaannya.
4
KD pada KI. 4
4.1 Menggunakan tindak tutur menyapa (salam, menanyakan keadaan),
memperkenalkan diri (ta’aruf), mengucapkan terima kasih (taqdim
al- syukr), meminta maaf (al isti’fa), dan berpamitan (wada’an),
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
C. Indikator Pencapaian Kompentensi
1
Indikator KD
pada KI.1
1.1.1.
Mensyukuri segala kenikmatan yang diberikan oleh Alloh Ta’ala
1.1.2.
Membaca do’a
dengan khusyu’
2.
Indikator KD
pada KI. 2
2.1.1.
Menunjukkan
perilaku jujur dan tanggung jawab dalam menyampaikan informasi lisan.
3.
Indikator KD
pada KI. 3
3.1.1
Membaca
nyaring kata, frase dan kalimat dalam bahasa Arab
3.1.2
Menemukan
makna atau gagasan dari ujaran kata, frase dan kalimat dalam bahasa Arab
3.1.3
Menentukan
tema bacaan
4
Indikator KD
pada KI. 4
4.1.1
Menyampaikan
Informasi lisan dalam bahasa Arab
4.1.2
Menyampaikan
informasi tulisan dalam bahasa Arab.
D. Materi Pembelajaran
QIRA’AH : البيانات الشحصية.
E. Kegiatan Pembelajaran
Tahap |
RincianKegiatan |
Waktu |
Pendahuluan |
§ Mengucap
salam dan memulai kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama-sama. § Membaca
beberapa ayat Al-Qur’an bersama-sama untuk menambah keimanan. § Absensi siswa § Appersepsi § Memotivasi siswa § Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akandipelajari. |
10 |
Inti |
Mengamati § Siswa membaca / mengamati buku atau gambar § Guru memanfaatkan audio / guru membacakan materi, siswa menyima’ Menanya § Menanyakan
Lafal kata, frase dan kalimat yang telah didengar. § Menanyakan makna kata Mengeksplorasi / Mencoba /
Eksperimen § Masing – masing siswa membaca teks qiro’ah secara
bergantian bersambung. Menalar / Mengasosiasi § Kelas dibagi beberapa kelompok. § Masing – masing kelompok membahas tentang identifikasi bentuk dan tema
wacana, menentukan makna dan gagasan serta menentukan syakl atau harokat
sempurna. § Masing – masing kelompok menyimpulkan hasil diskusi. Mengomunikasikan § Masing – masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi baik secara
lisan maupun tulisan. § Siswa bersama guru melakukan konfirmasi terhadap hasil diskusi. |
70 |
Penutup |
§ Guru bersama siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. § Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran. § Penilaian. § Guru memberi tugas ( kondisional ) § Guru
menyampaikan rencana / topik pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang. § Sebelum guru menutup dengan do’a dan salam, guru memberi pesan moral. |
10 |
F. Media,Alat,Bahan/ SumberBelajar
1.
Media : slide pembelajaran/ video
2.
Alat : laptop dan LCD projector
3.
Bahan/
Sumber Belajar :Buku siswa dan buku pegangan guru
G. Penilain Hasil Belajar.
a. Teknik Penilaian.
NO |
Aspek yang dinilai |
Teknik |
Waktu |
1 |
KI. 1 |
Non Test (pengamatan / observasi) |
PBM |
2 |
KI. 2 |
Non Test (pengamatan / observasi) |
PBM |
3 |
KI. 3 |
Test |
PBM |
4 |
KI. 4 |
Unjuk kerja |
PBM |
b. Bentuk dan Instrumen Penilaian, serta Pedoman Penilaian.
1) KI. 1.
PEDOMAN OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL
Petunjuk
:
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual siswa. Berilah tanda cek (v)
pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh siswa, dengan
criteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan
Sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
NamaSiswa : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No |
Aspek Pengamatan |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
sesuatu |
||||
2 |
Mengucapkan rasa syukur atas
karunia Tuhan |
||||
3 |
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi |
||||
4 |
Mengungkapakan kekaguman secara
lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan |
||||
5 |
Merasakan keberadaan dan kebesaran
Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan |
||||
Jumlah Skor |
LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR
Nama
Siswa : ………………….
Kelas :………………….
Materi
Pokok :………………….
Tanggal :………………….
PETUNJUK
•
Bacalah pernyataan
yang ada di dalam kolom dengan teliti
•
Berilah tanda cek
(√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
No |
Pernyataan |
TP |
KD |
SR |
SL |
1 |
Saya tidak menyontek pada saat
mengerjakan ulangan |
||||
2 |
Saya menyalin karya orang
lain dengan menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas |
||||
3 |
Saya melaporkan kepada yang
berwenang jika menemukan barang |
||||
4 |
Saya berani mengakui kesalahan
yang saya dilakukan |
||||
5 |
Saya mengerjakan soal ujian tanpa
melihat jawaban teman yang lain |
Keterangan
:
•
SL = Selalu , apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
•
SR = Sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
•
KD =
Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
•
TP = Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2) KI. 2
Lembar
Penilaian Antar siswa
Sikap
Disiplin
(PENILAIAN
TEMAN SEJAWAT)
Petunjuk
:
Berilah
tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggungjawab yang ditampilkan oleh siswa,
dengan criteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama
Siswa yang dinilai : ………………….
Kelas :
………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok : …………………..
No |
Aspek
Pengamatan |
Skor |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
Masuk kelas tepat waktu |
||||
2 |
Mengumpulkan tugas tepat waktu |
||||
3 |
Memakai seragam sesuai tatatertib |
||||
4 |
Mengerjakan tugas yang
diberikan |
||||
5 |
Tertib dalam mengikuti pembelajaran |
||||
6 |
Membawa buku teks sesuai mata
pelajaran |
||||
Jumlah
Skor |
Petunjuk
Penskoran KI. 1 dan KI. 2:
Skor
akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Contoh :
Skor di peroleh( SD )= ...., skor maksimal ( SM ) =
4 x 6 pernyataan = 24, maka skor akhir :
X 4 = Skor Akhir
SM
Siswa memperoleh nilai :
SangatBaik : apabila memperoleh skor : 3.33
<skor< 4.00
Baik : apabila memperoleh skor : 2.33
<skor< 3.33
Cukup :
apabila memperoleh skor : 1.33 <skor< 2.33
3)
KI. 3
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
1
Pilihlah / tulislah apa yang didengar ( sesuai
petunjuk pertanyaan )
2
Sampaikan apa yang telah di dengar baik secara
lisan ataupun tulisan.
Pedoman penilaian : Konversi
dari nilai puluhan ke satuan.
4)
KI. 4
- Proses diskusi kelompok dan penyampaian pesan hasil disku
Keterangan :
1.
Partisipasi bahan
2.
Keaktifan mengikuti kegiatan
3.
Keaktifan ( saran, usul, bertanya
)
4.
Keaktifan mendemonstrasikan /
menyampaikan hasil
X 100
SM
Mengetahui Kepala Sekolah .............................................. |
Guru Mata Pelajaran .................................... |