RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
No. ......
Satuan Pendidikan : SMKN 2 BANJARBARU
Mata Pelajaran / Tema :
Bahasa Arab / Istima’ : البيانات الشحصية
Kelas/Semester : X /Ganjil
Alokasi Waktu : 90 menit
Jam Pelajaran
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif,
dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1
.KD pada KI. 1:
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
2
KD pada KI. 2
2.1.Menunjukkan perilaku
santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan
teman
3
KD pada KI. 3
3.1.Mendemonstrasikan
tindak tutur menyapa (salam, menanyakan keadaan), memperkenalkan diri (ta’aruf), mengucapkan terima
kasih (taqdim al-syukr), meminta maaf (al-isti’fa),
dan berpamitan (wada’an), dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi interpersonal lisan dan
tulis sesuai dengan konteks penggunaannya
4
KD pada KI. 4
4.1 Menggunakan tindak tutur menyapa (salam, menanyakan keadaan),
memperkenalkan diri (ta’aruf), mengucapkan terima kasih (taqdim
al- syukr), meminta maaf (al isti’fa), dan berpamitan (wada’an),
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
C. Indikator Pencapaian Kompentensi
1
Indikator KD
pada KI.1
1.1.1.
Mensyukuri segala kenikmatan yang diberikan oleh Allah Swt
1.1.2.
Membaca do’a
dengan khusyu’
2.
Indikator KD
pada KI. 2
2.1.1.
Menunjukkan
perilaku jujur dan tanggung jawab dalam menyampaikan informasi lisan.
3.
Indikator KD
pada KI. 3
3.1.1.
Mengidentifikasi bunyi kata, frase dan kalimat dalam bahasa Arab
3.1.2.
Mengidentifikasi makna
3.1.3.
Melafalkan
kata, frase dan kalimat dalam bahasa Arab
4.
Indikator KD
pada KI. 4
4.1.1.
Menyampaikan
Informasi lisan dalam bahasa Arab
4.1.2.
Menyampaikan
informasi tulisan dalam bahasa Arab.
D. Materi Pembelajaran
ISTIMA’ البيانات الشحصية.
E. Kegiatan Pembelajaran
Tahap |
Rincian Kegiatan |
Waktu |
Pendahuluan |
§ Mengucap salam dan memulai kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama-sama.
§ Membaca beberapa ayat
Al-Qur’an bersama-sama untuk menambah keimanan.
§ Absensi siswa § Appersepsi § Memotivasi siswa § Menyampaikan tujuan
pembelajaran yang
akan dipelajari.
|
10 |
Inti |
Mengamati § Siswa membaca / mengamati buku atau
gambar § Guru memanfaatkan audio / guru membacakan materi, siswa menyima’ Menanya § MenanyakanLafal
kata, frase dan kalimat yang telah didengar. § Menanyakan makna kata Mengeksplorasi / Mencoba /
Eksperimen § Masing – masing siswa menyampaikan informasi tentang kata,
frase dan kalimat yang telah didengar. Menalar / Mengasosiasi § Kelas dibagi beberapa kelompok. § Masing – masing kelompok membahas kata, frase dan kalimat yang telah
didengar. § Masing – masing kelompok menyimpulkan hasil diskusi. Mengomunikasikan § Masing – masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi baik secara
lisan maupun tulisan. § Siswa bersama guru melakukan konfirmasi terhadap hasil diskusi. |
70 |
Penutup |
§ Siswabersama
guru melakukan refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilakukan. § Guru bersama peserta didik menyimpulkan pembelajaran. § Penilaian. § Guru memberi tugas ( kodisional ) § Guru
menyampaikan rencana / topik pembelajaran untuk pertemuan
yang akan datang. § Sebelum guru menutup dengan do’a dan salam, guru memberi pesan moral. |
10 |
F. Media,Alat,Bahan/ SumberBelajar
1.
Media : video
/slide pembelajaran
2.
Alat : laptop dan LCD projector
3.
Bahan/
Sumber Belajar :Buku siswa dan buku pegangan guru
G. Penilain Hasil Belajar.
a. Teknik Penilaian.
NO |
Aspek yang dinilai |
Teknik |
Waktu |
1 |
KI. 1 |
Non Test (pengamatan / observasi) |
PBM |
2 |
KI. 2 |
Non Test (pengamatan / observasi) |
PBM |
3 |
KI. 3 |
Test |
PBM |
4 |
KI. 4 |
Unjuk kerja |
PBM |
b. Bentuk dan Instrumen Penilaian, serta Pedoman Penilaian.
1) KI. 1.
PEDOMAN OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL
Petunjuk
:
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor
sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh pesertadidik, dengan criteria sebagai
berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan
Sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No |
AspekPengamatan |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
sesuatu |
||||
2 |
Mengucapkan rasa syukur atas
karunia Tuhan |
||||
3 |
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi |
||||
4 |
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap
Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan |
||||
5 |
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan
saat mempelajari ilmu pengetahuan |
||||
Jumlah Skor |
LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas :………………….
Materi
Pokok :………………….
Tanggal :………………….
PETUNJUK
•
Bacalah pernyataan
yang ada di dalam kolom dengan teliti
•
Berilah tanda cek
(√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
No |
Pernyataan |
TP |
KD |
SR |
SL |
1 |
Saya tidak menyontek pada saat
mengerjakan ulangan |
||||
2 |
Saya menyalin karya orang
lain dengan menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas |
||||
3 |
Saya melaporkan kepada yang
berwenang jika menemukan barang |
||||
4 |
Saya berani mengakui kesalahan
yang saya dilakukan |
||||
5 |
Saya mengerjakan soal ujian tanpa
melihat jawab anteman yang lain |
Keterangan
:
•
SL = Selalu , apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
•
SR = Sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
•
KD =
Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
•
TP = Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2) KI. 2
Lembar
Penilaian Antar peserta didik
Sikap
Disiplin
(PENILAIAN TEMAN SEJAWAT)
Petunjuk
:
Berilah
tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggungjawab yang ditampilkan oleh pesertadidik,
dengan kriteria sebagai berikut :
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3
= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2
= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan Sering
tidak melakukan
1
= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama
Peserta Didik yang dinilai :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal
Pengamatan :
…………………..
Materi
Pokok :
…………………..
No |
Aspek
Pengamatan |
Skor |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
Masuk kelas tepat waktu |
||||
2 |
Mengumpulkan tugas tepat waktu |
||||
3 |
Memakai seragam sesuai tata tertib |
||||
4 |
Mengerjakan tugas yang
diberikan |
||||
5 |
Tertib dalam mengikuti pembelajaran |
||||
6 |
Membawa buku teks sesuai mata
pelajaran |
||||
Jumlah Skor |
Petunjuk
Penskoran KI. 1 dan KI. 2:
Skor
akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh( SD )= ...., skor maksimal ( SM ) =
4 x 6 pernyataan = 24, maka skor akhir :
X 4 = Skor Akhir
SD
SM
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat
Baik : apabila memperoleh skor
: 3.33 <skor< 4.00
Baik : apabila memperoleh skor : 2.33
<skor< 3.33
Cukup :
apabila memperoleh skor : 1.33 <skor< 2.33
3)
KI. 3
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
1
Pilihlah / tulislah apa yang didengar ( sesuai
petunjuk pertanyaan )
2
Sampaikan apa yang telah di dengar baik secara
lisan ataupun tulisan.
Pedoman penilaian : Konversi
dari nilai puluhan ke satuan.
4)
KI. 4
-
Proses diskusi kelompok dan penyampaian
pesan hasil diskusi.
NO |
NAMA |
ASPEK YANG
DINILAI |
SKOR |
|||
|
|
1 |
2 |
3 |
4 |
1
s/d 25 |
|
|
|
|
|
|
1
s/d 25 |
|
|
|
|
|
|
1
s/d 25 |
|
|
|
|
|
|
1
s/d 25 |
Keterangan :
1.
Partisipasi bahan
2.
Keaktifan mengikuti kegiatan
3.
Keaktifan ( saran, usul, bertanya
)
4.
Keaktifan mendemonstrasikan /
menyampaikan hasil
X 100
Skor Akhir = SD
SM
Banjarbaru, ....................
Mengetahui Kepala Sekolah .................................................... |
Guru Mata Pelajaran ......................................... |