Minggu, 29 Januari 2023

RPP bahasa Arab kelas X tentang Hiwar

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

No. .....

 

Satuan Pendidikan                  : SMKN 2 Banjarbaru

Mata Pelajaran / Tema             : Bahasa Arab / Hiwar:  البيانات الشخصية

Kelas/Semester                        : XII/Ganjil

Alokasi Waktu                       : 1 x 2 Jam Pelajaran

A.    Kompetensi Inti

 

1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif, dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 

B.     Kompetensi Dasar

 

1          .KD pada KI. 1:

1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

2          KD pada KI. 2

2.1.Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman

3          KD pada KI. 3

3.1 Mendemonstrasikan tindak tutur menyapa (salam, menanyakan keadaan), memperkenalkan diri (ta’aruf), mengucapkan terima kasih (taqdim al-syukr), meminta maaf (al-isti’fa), dan berpamitan (wada’an), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sesuai dengan konteks penggunaannya.

 

4          KD pada KI. 4

4.1 Menggunakan tindak tutur menyapa (salam, menanyakan keadaan), memperkenalkan diri (ta’aruf), mengucapkan terima kasih (taqdim al- syukr), meminta maaf (al isti’fa), dan berpamitan (wada’an), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

 

C.    IndikatorPencapaianKompentensi

 

1              Indikator KD pada KI.1

1.1.1.      Mensyukuri segala kenikmatan yang diberikan oleh Alloh Ta’ala

1.1.2.      Membaca do’a dengan khusyu’

2.            Indikator KD pada KI. 2

2.1.1.      Menunjukkan perilaku jujur dan tanggung jawab dalam menyampaikan informasi lisan.

 

3.            Indikator KD pada KI. 3

3.1.1        Melafalkan kata, frase dan kalimat dalam bahasa Arab

3.1.2        Menemukan makna kata, frase dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan الشخصية البيانات  baik secara lisan maupun tulisan

4               Indikator KD pada KI. 4

4.1.1        Melakukan dialog sederhana sesuai konteks dengan tepat dan lancar terkait topik : البيانات الشخصية

dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.

D.    Materi Pembelajaran

Hiwar    البيانات الشحصية.

 

E.     Kegiatan Pembelajaran

 

Tahap

RincianKegiatan

Waktu

Pendahuluan

§  Mengucap salam dan memulai kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama-sama.

§  Membaca beberapa ayat Al-Qur’an bersama-sama untuk menambah keimanan.

§  Absensi siswa

§  Appersepsi

§  Memotivasi siswa

§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari.

10

Inti

Mengamati

§  Siswa membaca / mengamati buku atau gambar.

§  Guru guru membacakan materi, siswa  memperhatikan.

Menanya

§  Menanyakan makna kata

Mengeksplorasi / Mencoba / Eksperimen

§  Masing – masing siswa melakukan dialog dengan bimbingan guru.

Menalar / Mengasosiasi

§  Kelas dibagi beberapa kelompok.

§  Masing – masing kelompok membahas isi dialog yang akan disampaikan.

§  Masing – masing kelompok menyimpulkan hasil diskusi.

 

Mengomunikasikan

§  Masing – masing kelompok melakukan dialog sederhana.

§  Siswa bersama guru melakukan konfirmasi terhadap hasil diskusi.

 

70

Penutup

§  Guru bersama peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.

§  Guru bersama peserta didik menyimpulkan pembelajaran.

§  Penilaian.

§  Guru memberi tugas ( kondisional )

§  Guru menyampaikan rencana / topik pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang.

§  Sebelum guru menutup dengan do’a dan salam, guru memberi pesan moral.

10

 

F.     Media,Alat,Bahan/ SumberBelajar

1.         Media                                    : slide pembelajaran/ video

2.         Alat                                        : laptop dan LCD projector

3.         Bahan/

Sumber Belajar                    :Buku siswa dan buku pegangan guru

 

G.    Penilain Hasil Belajar.

a.      Teknik Penilaian.

NO

Aspek yang dinilai

Teknik

Waktu

1

KI. 1

Non Test (pengamatan / observasi)

PBM

2

KI. 2

Non Test (pengamatan / observasi)

PBM

3

KI. 3

Test

PBM

4

KI. 4

Unjuk kerja

PBM

 

b.               Bentuk dan Instrumen Penilaian, serta Pedoman Penilaian.

1)      KI. 1.

 

PEDOMAN OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL

 

Petunjuk :

Lembaran ini di isi oleh guru untuk menilai sikap spiritual pesertadidik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampil kan oleh peserta didik, dengan criteria sebagai berikut :

        4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

        3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan

        kadang-kadang tidak melakukan

        2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan da n

        Sering tidak melakukan

        1 = tidak pernah, apabila tidak pernah m elakukan

 

Nama Peserta Didik           : ………………….

Kelas                                   : ………………….

Tanggal Pengamatan          : …………………..

Materi Pokok                      : …………………..

 

No

Aspek Pengamatan

1

2

3

4

1

Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu

2

Mengucapkan rasa syukur atas karuniaTuhan

3

Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi

4

Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan

5

Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan

Jumlah Skor

LEMBAR PENILAIAN DIRI

SIKAP JUJUR

 

Nama Peserta Didik    :           ………………….

Kelas                           :………………….

Materi Pokok              :………………….

Tanggal                       :………………….

PETUNJUK

         Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti

         Berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari

 

No

Pernyataan

TP

KD

SR

SL

1

Saya tidak menyontek pada saat mengerjakan ulangan

2

Saya menyalin karya orang lain dengan menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas

3

Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang

4

Saya berani mengakui kesalahan yang saya dilakukan

5

Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain

Keterangan :

       SL = Selalu  , apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

       SR = Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

       KD = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakuka n dan sering tidak melakukan

       TP  = Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

 

2)      KI. 2

Lembar Penilaian Antar peserta didik

Sikap Disiplin

(PENILAIAN TEMAN SEJAWAT)

 

Petunjuk :

Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggungjawab yang ditampil kan oleh p eserta didik,  dengan criteria sebagai berikut :

            4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

            3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan

            kadang-kadang tidak melakukan

            2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan

            Sering tidak melakukan

            1 = tidak pe rnah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik yang dinilai        : ………………….

Kelas                                                   : ………………….

Tanggal Pengamatan                           : …………………..

Materi Pokok                                      : …………………..

 

No

AspekPengamatan

Skor

1

2

3

4

1

Masukkelastepatwaktu

2

Mengumpulkantugastepatwaktu

3

Memakaiseragamsesuaitatatertib

4

Mengerjakantugas yang diberikan

5

Tertibdalammengikutipembelajaran

6

Membawabukutekssesuaimatapelajaran

JumlahSkor

PetunjukPenskoranKI. 1 dan KI. 2:

Skorakhirmenggunakanskala 1 sampai 4

Perhitunganskorakhirmenggunakanrumus :

Contoh :

Skordiperoleh( SD )= ...., skormaksimal ( SM ) = 4 x 6 pernyataan = 24, makaskorakhir :

X 4 = Skor Akhir

SD

SM

Pesertadidikmemperolehnilai :

SangatBaik      : apabilamemperolehskor  : 3.33  <skor< 4.00

Baik                 : apabilamemperolehskor  : 2.33  <skor< 3.33

Cukup             : apabilamemperolehskor  : 1.33  <skor< 2.33

3)      KI. 3

LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN

1        Pilihlah / tulislah apa yang didengar ( sesuai petunjuk pertanyaan )

2        Sampaikan apa yang telah di dengar baik secara lisan ataupun tulisan.

Pedoman penilaian : Konversi dari nilai piluhan ke satuan.

4)      KI. 4

-          Proses diskusi kelompok dan penyampaian pesan hasil diskusi.

NO

NAMA

ASPEK YANG DINILAI

SKOR

 

 

1

2

3

4

1 s/d 25

 

 

 

 

 

 

1 s/d 25

 

 

 

 

 

 

1 s/d 25

 

 

 

 

 

 

1 s/d 25

 

Keterangan :

1.    Partisipasi bahan

2.    Keaktifan mengikuti kegiatan

3.    Keaktifan ( saran, usul, bertanya )

4.    Keaktifan mendemonstrasikan / menyampaikan hasil

X 100

Skor Akhir = SD

    SM

 

 

 

 

Banjarbaru,...........

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

................................................


Guru Mata Pelajaran

 

 

 

...............................................


SURGA FIRDAUS IMPIAN ORANG BERIMAN

                                                             SURGA FIRDAUS      Setiap muslim pasti ingin masuk kedalam surga dan mereka b...