RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. .....
Satuan Pendidikan : SMKN 2 Banjarbaru
Mata Pelajaran / Tema : Bahasa Arab / Hiwar: البيانات الشخصية
Kelas/Semester : XII/Ganjil
Alokasi Waktu : 1 x 2 Jam Pelajaran
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif,
dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1
.KD pada KI. 1:
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa
Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
2
KD pada KI. 2
2.1.Menunjukkan perilaku
santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan
teman
3
KD pada KI. 3
3.1 Mendemonstrasikan
tindak tutur menyapa (salam, menanyakan keadaan), memperkenalkan diri (ta’aruf),
mengucapkan terima kasih (taqdim al-syukr), meminta maaf (al-isti’fa),
dan berpamitan (wada’an), dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi interpersonal lisan dan
tulis sesuai dengan konteks penggunaannya.
4
KD pada KI. 4
4.1 Menggunakan
tindak tutur menyapa (salam, menanyakan keadaan), memperkenalkan diri (ta’aruf),
mengucapkan terima kasih (taqdim al- syukr), meminta maaf (al
isti’fa), dan berpamitan (wada’an), dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan
sesuai konteks
C. IndikatorPencapaianKompentensi
1
Indikator KD pada
KI.1
1.1.1.
Mensyukuri segala kenikmatan yang diberikan oleh Alloh Ta’ala
1.1.2.
Membaca do’a
dengan khusyu’
2.
Indikator KD
pada KI. 2
2.1.1.
Menunjukkan
perilaku jujur dan tanggung jawab dalam menyampaikan informasi lisan.
3.
Indikator KD
pada KI. 3
3.1.1
Melafalkan
kata, frase dan kalimat dalam bahasa Arab
3.1.2
Menemukan
makna kata, frase dan kalimat Bahasa Arab yang berkaitan dengan الشخصية البيانات baik secara lisan maupun tulisan
4
Indikator KD
pada KI. 4
4.1.1
Melakukan dialog sederhana sesuai konteks dengan
tepat dan lancar terkait topik : البيانات الشخصية
dengan memperhatikan unsur
kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks.
D. Materi Pembelajaran
Hiwar البيانات الشحصية.
E. Kegiatan Pembelajaran
Tahap |
RincianKegiatan |
Waktu |
Pendahuluan |
§ Mengucap
salam dan memulai kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama-sama. § Membaca
beberapa ayat Al-Qur’an bersama-sama untuk menambah keimanan. § Absensi siswa § Appersepsi § Memotivasi siswa § Menyampaikan tujuan
pembelajaran yang
akan dipelajari.
|
10 |
Inti |
Mengamati § Siswa membaca / mengamati buku atau
gambar. § Guru guru membacakan materi, siswa
memperhatikan. Menanya § Menanyakan makna kata Mengeksplorasi / Mencoba /
Eksperimen § Masing – masing siswa melakukan dialog dengan bimbingan guru. Menalar / Mengasosiasi § Kelas dibagi beberapa kelompok. § Masing – masing kelompok membahas isi dialog yang akan disampaikan. § Masing – masing kelompok menyimpulkan hasil diskusi. Mengomunikasikan § Masing – masing kelompok melakukan dialog sederhana. § Siswa bersama guru melakukan konfirmasi terhadap hasil diskusi. |
70 |
Penutup |
§ Guru bersama peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan
yang sudah dilakukan. § Guru bersama peserta didik menyimpulkan pembelajaran. § Penilaian. § Guru memberi tugas ( kondisional ) § Guru
menyampaikan rencana / topik pembelajaran untuk pertemuan
yang akan datang. § Sebelum guru menutup dengan do’a dan salam, guru memberi pesan moral. |
10 |
F. Media,Alat,Bahan/ SumberBelajar
1.
Media : slide pembelajaran/ video
2.
Alat : laptop dan LCD projector
3.
Bahan/
Sumber Belajar :Buku siswa dan buku pegangan guru
G. Penilain Hasil Belajar.
a. Teknik Penilaian.
NO |
Aspek yang dinilai |
Teknik |
Waktu |
1 |
KI. 1 |
Non Test (pengamatan / observasi) |
PBM |
2 |
KI. 2 |
Non Test (pengamatan / observasi) |
PBM |
3 |
KI. 3 |
Test |
PBM |
4 |
KI. 4 |
Unjuk kerja |
PBM |
b. Bentuk dan Instrumen Penilaian, serta Pedoman Penilaian.
1) KI. 1.
PEDOMAN OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL
Petunjuk
:
Lembaran
ini di isi oleh guru untuk menilai sikap spiritual pesertadidik. Berilah tanda cek
(v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampil kan oleh peserta didik, dengan criteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan da n
Sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah m
elakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No |
Aspek Pengamatan |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
sesuatu |
||||
2 |
Mengucapkan rasa syukur atas
karuniaTuhan |
||||
3 |
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi |
||||
4 |
Mengungkapakan kekaguman secara
lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan |
||||
5 |
Merasakan keberadaan dan kebesaran
Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan |
||||
Jumlah Skor |
LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR
Nama
Peserta Didik : ………………….
Kelas :………………….
Materi
Pokok :………………….
Tanggal :………………….
PETUNJUK
•
Bacalah pernyataan
yang ada di dalam kolom dengan teliti
•
Berilah tanda cek
(√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari
No |
Pernyataan |
TP |
KD |
SR |
SL |
1 |
Saya tidak menyontek pada saat
mengerjakan ulangan |
||||
2 |
Saya menyalin karya orang
lain dengan menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas |
||||
3 |
Saya melaporkan kepada yang
berwenang jika menemukan barang |
||||
4 |
Saya berani mengakui kesalahan
yang saya dilakukan |
||||
5 |
Saya mengerjakan soal ujian tanpa
melihat jawaban teman yang lain |
Keterangan
:
•
SL = Selalu , apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
•
SR = Sering,
apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
•
KD =
Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakuka n dan sering tidak melakukan
•
TP = Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
2) KI. 2
Lembar
Penilaian Antar peserta didik
Sikap
Disiplin
(PENILAIAN
TEMAN SEJAWAT)
Petunjuk
:
Berilah
tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggungjawab yang ditampil kan oleh
p eserta didik, dengan criteria sebagai berikut
:
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan
Sering tidak melakukan
1 = tidak pe rnah, apabila tidak pernah melakukan
Nama
Peserta Didik yang dinilai :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal
Pengamatan :
…………………..
Materi
Pokok :
…………………..
No |
AspekPengamatan |
Skor |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1 |
Masukkelastepatwaktu |
||||
2 |
Mengumpulkantugastepatwaktu |
||||
3 |
Memakaiseragamsesuaitatatertib |
||||
4 |
Mengerjakantugas yang
diberikan |
||||
5 |
Tertibdalammengikutipembelajaran |
||||
6 |
Membawabukutekssesuaimatapelajaran |
||||
JumlahSkor |
PetunjukPenskoranKI. 1 dan KI. 2:
Skorakhirmenggunakanskala 1 sampai 4
Contoh :
Skordiperoleh( SD )= ...., skormaksimal ( SM ) =
4 x 6 pernyataan = 24, makaskorakhir :
X 4 = Skor Akhir
SM
Pesertadidikmemperolehnilai :
SangatBaik : apabilamemperolehskor : 3.33
<skor< 4.00
Baik : apabilamemperolehskor : 2.33
<skor< 3.33
Cukup :
apabilamemperolehskor : 1.33 <skor< 2.33
3)
KI. 3
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
1
Pilihlah / tulislah apa yang didengar ( sesuai
petunjuk pertanyaan )
2
Sampaikan apa yang telah di dengar baik secara
lisan ataupun tulisan.
Pedoman penilaian : Konversi
dari nilai piluhan ke satuan.
4)
KI. 4
-
Proses diskusi kelompok dan
penyampaian pesan hasil diskusi.
NO |
NAMA |
ASPEK YANG
DINILAI |
SKOR |
|||
|
|
1 |
2 |
3 |
4 |
1
s/d 25 |
|
|
|
|
|
|
1
s/d 25 |
|
|
|
|
|
|
1
s/d 25 |
|
|
|
|
|
|
1
s/d 25 |
Keterangan :
1.
Partisipasi bahan
2.
Keaktifan mengikuti kegiatan
3.
Keaktifan ( saran, usul, bertanya
)
4.
Keaktifan mendemonstrasikan /
menyampaikan hasil
X 100
SM
Banjarbaru,...........
Mengetahui Kepala Sekolah ................................................ |
Guru Mata Pelajaran ............................................... |