RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
No. 03
Satuan Pendidikan : .............................................
Kelas /Semester : XII / GENAP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Topik :
Rahmat Islam bagi Nusantara
Materi Pokok
: Strategi dakwah dan perkembangan Islam
di Indonesia
Alokasi Waktu :
3 X 3 Jam Pelajaran
Jumlah Pertemuan : 3 x
Pertemuan
A. Kompetensi Inti :
(K1) : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
(K2) : Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif) dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
(K3) : Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
(K4) : Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
A. Kompetensi Dasar
3.9 Memahami
strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
4.9 Mendeskripsikan
strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
B. Indikator Pencapaian
Kompetensi
1. Mampu
mamahami strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia dengan benar.
2. Mampu Mendeskripsikan
strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia dengan benar.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah dilaksanakan kegiatan pembelajaran
siswa mampu :
1.
Memahami
strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
2.
Mendeskripsikan
strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
D.
Materi Pembelajaran
1.
Masuknya Islam kenusantara, meliputi teori Gujarat, teori Mekkah dan teori
Persia.
2.
Strategi dakwah Islam di Nusantara, meliputi :
-
Perdagangan
-
Perkawinan
-
Pendidikan
-
Tasawuf
-
Kesenian
3.
Perkembangan dakwah Islam di Nusantara
-
Perkembangan Islam di Sumatra
-
Perkembangan Islam di Kalimantan, Maluku dan Papua
-
Perkembangan Islam di Sulawesi
-
Perkembangan Islam di Nusa Tenggara
-
Perkembangan Islam di Pulau Jawa
4.
Kerajaan Islam
-
Kerajaan Samudra Pasai
-
Kerajaan Aceh
-
Kerjaan Demak
-
Kerajaan Pajang
-
Kerajaan Mataram Islam
-
Kerajaan Cirebon
-
Kerajaan Banten
-
Kerjaan Makassar
-
Kerajaan Ternate dan Tedore
5.
Gerakan pembaruan Islam di Indonesia, meliputi :
-
Gerakan pendidikan dan sosial, seperti; sekolah thawalib, Jamiat Khair, Al-Irsyad,
persyarikatan ulama, Nahdhatul Ulama dan Muhammadiyah.
-
Gerakan politik
E. Metode Pembelajaran
·
Saintifik
·
kooperatif
·
rool play,diskusi,
F. Media Pembelajaran
Media
·
Video Pembelajaran
·
CD Pembelajaran Tajwid Interaktif
Alat
· Komputer / Laptop
· LCD Projector
G.
Sumber Belajar:
Sumber Belajar :
·
Buku PAI Kls XII Kemdikbud
·
Al-Quran dan Al-Hadits
·
Buku tajwid
·
Kitab tafsir Al-Qur’an
·
Buku lain yang menunjang
·
Multimedia interaktif dan Internet
H. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memberikan salam
·
Menanyakan kepada siswa kesiapan dan
kenyamanan untuk belajar
·
Menanyakan kehadiran siswa
·
Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·
Tadarus Al-Qur’an
·
Tanya jawab materi sebelumnya
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power
point.
|
20 menit
|
Inti
|
a.
Mengamati
-
Mengamati tayangan video tentang strategi dakwah dan
perkembangan Islam di Indonesia.
-
Membaca artikel tentang strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
b.
Menanya
- Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan strategi dakwah dan perkembangan Islam
di Indonesia?
c.
Mengumpulkan data/eksplorasi
- Diskusi tentang strategi dakwah dan perkembangan Islam di
Indonesia.
-
Menelaah
faktor-faktor yang memepengaruhi strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
d.
Mengasosiasi
- Menyimpulkan strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
e.
Mengkomunikasikan:
- Menyajikan/melaporkan hasil diskusi
tentang strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
- Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan
menyanggah).
Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
|
90 menit
|
Penutup
|
a. Klarifikasi/kesimpulan
siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi
b. Evaluasi untuk
mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
c. Siswa melakukan
refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
d. Berdo’a
e. Mengucapkan salam
|
10 menit
|
J. Penilaian
1. Prosedur :
a.Penilaian proses belajar
mengajar oleh guru
b.Penilaian hasil belajar (tes
lisan/ tertulis berbentuk Esay)
2.Alat Penilaian (Soal terlampir)
Aspek afektif
Isilah
pernyataan-pernyataan berikut sesuai dengan sikapmu yang sebenarnya dengan cara
mencontreng ( √ ) pada kolom yang tersedia
INTERNALISASI AKHLAK MULIA
|
|||||
No
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
KS
|
TS
|
1
|
Hanya
berkat Rahmat dari Allah Swt, bangsa Indonesia bisa menghirup kemerdekaan
melalui pengorbanan harta, tenaga dan jiwa.
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
2
|
Bangsa
Indonesia harus menjadi bangsa yang cerdas dan bertakwa , agar tidak terjadi
lagi pengulangan sejarah yaitu dijajah
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
3
|
Bentuk
penjajahan yang melanda bangsa Indonesia saat ini tidak lagi berbentuk fisik
tapi berbentuk ekonomi dan tehnologi.
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
4
|
Penjajah
tidak akan mengajak umat Islam untuk keluar dari ajaran Islam , tapi mereka
akan mengajak umat Islam untuk jauh dari ajaran Islam.
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
5
|
Indonesia
merupakan Negara muslim terbesar di dunia ,tetapi perilaku pemeluknya belum
mencerminkan sepenuhnya masyarakat muslim yang ideal.
|
…..
|
….
|
….
|
…..
|
6
|
Dikarenakan
factor keturunanlah Bangsa Indonesia menganut ajaran Islam , sehingga mereka
tidak memiliki semangat ruh ke Islaman.
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
7
|
Banyaknya organisasi ke Islaman di Indonesia
,menunjukan umat Islam di Indonesia egois.
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
8
|
Dari
beberapa kali pemilu yang diadakan di Indonesia, partai partai Islam tidak
pernah menjadi pemenang , ini menandakan bahwa umat Islam sendiri tidak
mencintai ajaran Islam.
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
9
|
Wali
Songo merupakan contoh konkret keberhasilan dakwah di pulau Jawa.
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
10
|
Perkembangan
Islam dipesisir dan pedalaman di Indonesia berbeda, dikarenakan kurang
gigihnya para da’I dalam berdakwah.
|
…..
|
….
|
….
|
…..
|
Lampiran 2 : Format Penilaian
Proses bealajar
FORMAT PENGAMATAN SIKAP
No
|
Nama
Siswa
|
Disiplin
|
Tanggung
jawab
|
Peduli
|
Kerja
keras
|
||||||||
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
4
|
|||||||||||||
5
|
INDIKATOR
KOMPETENSI INTI 1 DAN 2
1.
Disiplin
·
Selalu hadir di kelas tepat waktu
·
Mengerjakan LKS sesuai petunjuk dan
tepat waktu
·
Mentaati aturan main dalam kerja
mandiri dan kelompok
2.
Tanggung jawab
Berusaha menyelesaikan tugas dengan
sungguh-sungguh
·
Bertanya kepada teman/guru bila
menjumpai masalah
·
Menyelesaikan permasalahan yang
menjadi tanggung jawabnya
·
Partisipasi dalam kelompok
3.
Peduli
·
Menjaga kebersihan kelas, membantu
teman yang membutuhkan
·
Menunjukkan rasa empati dan simpati
untuk ikut menyelesaikan masalah
·
Mampu memberikan ide/gagasan
terhadap suatu masalah yang ada di sekitarnya
·
Memberikan bantuan sesuai dengan
kemampuannya
4.
Kerja keras
·
Mengerjakan LKS dengan
sungguh-sungguh
·
Menunjukkan sikap pantang menyerah
·
Berusaha menemukan solusi
permasalahan yang diberikan
PEDOMAN
PENILAIAN:
·
Penilaian dilakukan dengan cara
membandingkan karakter siswa pada kondisi awal dengan pencapaian dalam waktu
tertentu.
·
Hasil yang dicapai selanjutnya
dicatat, dianalisis dan diadakan tindak lanjut.
Tugas
-
Mengumpulkan
artikel dan tulisan tentang strategi dakwah dan perkembangan Islam di
Indonesia.
-
Mengumpulkanvisualisasi
tentang strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia .
Observasi
- Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi
yang memuat:
- Isi diskusi (strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia)
- Sikap semangat melakukan penelitian di bidang ilmu pengetahuan sebagai refleksi dari pemahaman strategi
dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
Portofolio
-
Membuat
laporan strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
Tes tulis
Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal- soal pilihan ganda
dan uraian tentang strategi dakwah dan
perkembangan Islam di Indonesia.
Tes
lisan
·
Memaparkan sejarah singkat masuknya
Islam kenusantara
Mengetahui
Kepala Sekolah
..................................................
NIP.
|
|
Banjarbaru, .....................
Pendidik Bidang Studi
............................................
NIP.
|