Rabu, 05 Oktober 2016

RPP PAI KELAS XII TENTANG STRATEGI DAKWAH DAN PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
No. 03


Satuan Pendidikan     : .............................................
Kelas /Semester        : XII / GENAP
Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
  Topik                        : Rahmat Islam bagi Nusantara
  Materi Pokok            : Strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
  Alokasi Waktu          : 3 X 3 Jam Pelajaran
Jumlah Pertemuan     : 3 x Pertemuan

A.   Kompetensi Inti       :
(K1)   : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
(K2) : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan   alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
(K3) : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan    wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  (K4)     : Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait  dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,   dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

A.   Kompetensi Dasar
      3.9 Memahami strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
        4.9 Mendeskripsikan strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia

B.   Indikator Pencapaian Kompetensi

1.      Mampu mamahami strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia dengan benar.
2.      Mampu  Mendeskripsikan strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia dengan benar.

C.   Tujuan Pembelajaran

Setelah dilaksanakan kegiatan pembelajaran   siswa mampu :
1.      Memahami strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
2.      Mendeskripsikan strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia

D.   Materi Pembelajaran

1.      Masuknya Islam kenusantara, meliputi teori Gujarat, teori Mekkah dan teori Persia.
2.      Strategi dakwah Islam di Nusantara, meliputi :
-          Perdagangan
-          Perkawinan
-          Pendidikan
-          Tasawuf
-          Kesenian
3.      Perkembangan dakwah Islam di Nusantara
-          Perkembangan Islam di Sumatra
-          Perkembangan Islam di Kalimantan, Maluku dan Papua
-          Perkembangan Islam di Sulawesi
-          Perkembangan Islam di Nusa Tenggara
-          Perkembangan Islam di Pulau Jawa
4.      Kerajaan Islam
-          Kerajaan Samudra Pasai
-          Kerajaan Aceh
-          Kerjaan Demak
-          Kerajaan Pajang
-          Kerajaan Mataram Islam
-          Kerajaan Cirebon
-          Kerajaan Banten
-          Kerjaan Makassar
-          Kerajaan Ternate dan Tedore
5.      Gerakan pembaruan Islam di Indonesia, meliputi :
-          Gerakan pendidikan dan sosial, seperti; sekolah thawalib, Jamiat Khair, Al-Irsyad, persyarikatan ulama, Nahdhatul Ulama dan Muhammadiyah.
-          Gerakan politik

E.   Metode Pembelajaran
·         Saintifik
·         kooperatif
·         rool play,diskusi,

F.    Media Pembelajaran

Media
·      Video Pembelajaran
·      CD Pembelajaran Tajwid Interaktif
Alat
·      Komputer / Laptop
·      LCD Projector

G.    Sumber Belajar:
 
      Sumber Belajar :    
·         Buku PAI Kls XII Kemdikbud
·         Al-Quran dan Al-Hadits
·         Buku tajwid
·         Kitab tafsir Al-Qur’an
·         Buku lain yang menunjang
·         Multimedia interaktif dan Internet

H.  Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu

Pendahuluan
·         Memberikan salam
·         Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·         Menanyakan kehadiran siswa
·         Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·         Tadarus Al-Qur’an
·         Tanya jawab materi sebelumnya
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point.

20 menit

Inti
a.      Mengamati
-       Mengamati tayangan video tentang strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
-       Membaca artikel tentang strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
b.      Menanya
-       Mengajukan  pertanyaan  berkaitan dengan strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia?
c.       Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Diskusi tentang strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
-       Menelaah faktor-faktor yang memepengaruhi strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
d.      Mengasosiasi
-       Menyimpulkan strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
e.       Mengkomunikasikan:
-       Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
-       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.

90 menit

Penutup
a.       Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi
b.      Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
c.       Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
d.      Berdo’a
e.       Mengucapkan salam

10 menit

J.   Penilaian       
1.  Prosedur        :
              a.Penilaian proses belajar mengajar oleh guru
              b.Penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay)
2.Alat Penilaian (Soal terlampir)
   
        Aspek afektif
Isilah pernyataan-pernyataan berikut sesuai dengan sikapmu yang sebenarnya dengan cara mencontreng ( √ ) pada kolom yang tersedia

INTERNALISASI AKHLAK MULIA
No
Pernyataan
SS
S
KS
TS
1
Hanya berkat Rahmat dari Allah Swt, bangsa Indonesia bisa menghirup kemerdekaan melalui pengorbanan harta, tenaga dan jiwa.
……
……
…..
……
 2
Bangsa Indonesia harus menjadi bangsa yang cerdas dan bertakwa , agar tidak terjadi lagi pengulangan sejarah yaitu dijajah
……
……
…..
……
 3
Bentuk penjajahan yang melanda bangsa Indonesia saat ini tidak lagi berbentuk fisik tapi berbentuk ekonomi dan tehnologi.
……
……
…..
……
4
Penjajah tidak akan mengajak umat Islam untuk keluar dari ajaran Islam , tapi mereka akan mengajak umat Islam untuk jauh dari ajaran Islam.
……
……
…..
……
5
Indonesia merupakan Negara muslim terbesar di dunia ,tetapi perilaku pemeluknya belum mencerminkan sepenuhnya masyarakat muslim yang ideal.
…..
….
….
…..
6
Dikarenakan factor keturunanlah Bangsa Indonesia menganut ajaran Islam , sehingga mereka tidak memiliki semangat ruh ke Islaman.

……

……

…..

……
7
Banyaknya  organisasi ke Islaman di Indonesia ,menunjukan umat Islam di Indonesia egois.
……
……
…..
……
8
Dari beberapa kali pemilu yang diadakan di Indonesia, partai partai Islam tidak pernah menjadi pemenang , ini menandakan bahwa umat Islam sendiri tidak mencintai ajaran Islam.
……
……
…..
……
9
Wali Songo merupakan contoh konkret keberhasilan dakwah di pulau Jawa.
……
……
…..
……
10
Perkembangan Islam dipesisir dan pedalaman di Indonesia berbeda, dikarenakan kurang gigihnya para da’I dalam berdakwah.
…..
….
….
…..

Lampiran 2 : Format Penilaian Proses bealajar
FORMAT PENGAMATAN SIKAP
No
Nama Siswa
Disiplin
Tanggung jawab
Peduli
Kerja keras
a
b
c
a
b
c
a
b
c
a
b
c
1
2
3
4
5

INDIKATOR KOMPETENSI INTI 1 DAN 2

1.      Disiplin
·         Selalu hadir di kelas tepat waktu
·         Mengerjakan LKS sesuai petunjuk dan tepat waktu
·         Mentaati aturan main dalam kerja mandiri dan kelompok
2.      Tanggung jawab
Berusaha menyelesaikan tugas dengan sungguh-sungguh
·         Bertanya kepada teman/guru bila menjumpai masalah
·         Menyelesaikan permasalahan yang menjadi tanggung jawabnya
·         Partisipasi dalam kelompok
3.      Peduli
·         Menjaga kebersihan kelas, membantu teman yang membutuhkan
·         Menunjukkan rasa empati dan simpati untuk ikut menyelesaikan masalah
·         Mampu memberikan ide/gagasan terhadap suatu masalah yang ada di sekitarnya
·         Memberikan bantuan sesuai dengan kemampuannya
4.      Kerja keras
·         Mengerjakan LKS dengan sungguh-sungguh
·         Menunjukkan sikap pantang menyerah
·         Berusaha menemukan solusi permasalahan yang diberikan

PEDOMAN PENILAIAN:

·         Penilaian dilakukan dengan cara membandingkan karakter siswa pada kondisi awal dengan pencapaian dalam waktu tertentu.
·         Hasil yang dicapai selanjutnya dicatat, dianalisis dan diadakan tindak lanjut.
Tugas
-          Mengumpulkan artikel dan tulisan tentang strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
-          Mengumpulkanvisualisasi tentang strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia .
Observasi
-       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
-       Isi diskusi (strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia)
-       Sikap semangat melakukan penelitian di bidang ilmu pengetahuan sebagai refleksi dari pemahaman strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.

Portofolio
-       Membuat laporan strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia
Tes tulis
Tes kemampuan kognitif dengan bentuk tes soal- soal pilihan ganda dan uraian  tentang strategi dakwah dan perkembangan Islam di Indonesia.
Tes lisan
·         Memaparkan sejarah singkat masuknya Islam kenusantara
Mengetahui
Kepala Sekolah



..................................................
NIP.

Banjarbaru, .....................
Pendidik Bidang Studi



............................................
NIP. 







SURGA FIRDAUS IMPIAN ORANG BERIMAN

                                                             SURGA FIRDAUS      Setiap muslim pasti ingin masuk kedalam surga dan mereka b...