RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
No. 01
Satuan Pendidikan : ......................................................
Kelas /Semester : XII / GENAP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Topik :
Indahnya membangun mahligai rumah tangga
Materi Pokok
: Pernikahan
Alokasi Waktu :
3 X 3 Jam Pelajaran
Jumlah Pertemuan : 3 x
Pertemuan
A. Kompetensi Inti :
(K1) : Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
(K2) : Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif) dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
(K3) : Memahami dan
menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
(K4) : Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
B. Kompetensi Dasar
1.3 Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam melaksanakan pernikahan
3.6 Memahami ketentuan
pernikahan dalam Islam.
3.7 Memahami
hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam.
4.6 Memperagakan tata cara pernikahan dalam Islam.
4.7 Menyajikan hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam.
C. Indikator Pencapaian
Kompetensi
1.
Mampu melaksanakan ketentuan
syariat Islam dalam melaksanakan
pernikahan dengan
benar
- Mampu
menerangkan ketentuan pernikahan
dalam Islam dengan tepat
- Mampu
menerangkan hak dan
kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam dengan tepat
- Mampu
Mendemonstrasikan tata
cara pernikahan dalam Islam dengan tepat
- Menunjukkan
hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam.
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah dilaksanakan kegiatan pembelajaran
siswa mampu :
1.
Menerapkan ketentuan syari’at Islam dalam
melaksanakan pernikahan
2.
Memahami ketentuan
pernikahan dalam Islam
3. Mamahami hak
dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam
4.
Memperagakan tata
cara pernikahan dalam Islam
5.
Menyajikan hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam.
E.
Materi Pembelajaran
Bacalah
baik-baik ayat dibawah ini :
`ÏBur
Èe@à2
>äóÓx«
$oYø)n=yz
Èû÷üy`÷ry
÷/ä3ª=yès9
tbrã©.xs?
ÇÍÒÈ
Artinya
: dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat
kebesaran Allah.
ª!$#ur
@yèy_
Nä3s9
ô`ÏiB
ö/ä3Å¡àÿRr&
%[`ºurør&
@yèy_ur
Nä3s9
ô`ÏiB
Nà6Å_ºurør&
tûüÏZt/
Zoyxÿymur
Nä3s%yuur
z`ÏiB
ÏM»t6Íh©Ü9$#
4
È@ÏÜ»t6ø9$$Î6sùr&
tbqãZÏB÷sã
ÏMyJ÷èÏZÎ/ur
«!$#
öNèd
tbrãàÿõ3t
ÇÐËÈ
Artinya:
Allah menjadikan bagi kamu isteri-isteri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan
bagimu dari isteri-isteri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu
rezki dari yang baik-baik. Maka Mengapakah mereka beriman kepada yang bathil
dan mengingkari nikmat Allah ?"
F.
Metode Pembelajaran
·
Saintifik
·
kooperatif
·
rool play,diskusi,
G. Media Pembelajaran
1.
Media
·
Video Pembelajaran
·
CD Pembelajaran Tajwid Interaktif
2.
Alat
· Komputer / Laptop
· LCD Projector
H. Sumber
Belajar:
Sumber Belajar :
·
Buku PAI Kls XII Kemdikbud
·
Al-Quran dan Al-Hadits
·
Buku tajwid
·
Kitab tafsir Al-Qur’an
·
Buku lain yang menunjang
·
Multimedia interaktif dan Internet
I.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasiwaktu
|
Pendahuluan
|
·
Memberikan salam
·
Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan
untuk belajar
·
Menanyakan kehadiran siswa
·
Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·
Tadarus Al-Qur’an
·
Tanya jawab materi sebelumnya
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power
point.
|
20 menit
|
Inti
|
a.
Mengamati
- Menyimak bacaan Al-Qur’an yang terkait dengan pernikahan dalam
Islam secara individu maupun kelompok.
-
Mengamati
tayangan video pernikahan dalam
Islam. atau mengamati langsung proses
pernikahan.
b.
Menanya
-
Mengajukan
pertanyaan tentang pernikahan
dalam Islam, misalnya; apa syarat dan rukun nikah, apa hikmah pernikahan dalam
Islam, dan bagaimana kedudukan wanita dalam keluarga
c.
Mengumpulkan data/eksplorasi
- Menelaah ketentuan pernikahan dalam Islam (syarat dan rukun nikah)
-
Diskusi
tentang hikmah pernikan dalam Islam.
d.
Mengasosiasi
-
Menyimpulkan ketentuan pernikahan dalam Islam (syarat dan
rukun nikah)
-
Menyimpulkan hikmah pernikhaan dalam Islam
e.
Mengkomunikasikan:
-
Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang
ketentuan pernikahan dalam Islam.
-
Menanggapi hasil presentasi (melengkapi,
mengkonformasi, dan menyanggah).
-
Membuat resume
pembelajaran di bawah bimbingan guru.
-
Mengadakan simulasi prosesi penikahan.
|
90 menit
|
Penutup
|
a. Klarifikasi/kesimpulan
siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi
b.
Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan
pembelajaran
c.
Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan
pembelajaran
d.
Mengucapkan salam
|
10 menit
|
J. Penilaian
1. Prosedur :
a.Penilaian proses belajar
mengajar oleh guru
b.Penilaian hasil belajar (tes
lisan/ tertulis berbentuk Esay)
2.Alat Penilaian (Soal terlampir)
Aspek afektif
Isilah
pernyataan-pernyataan berikut sesuai dengan sikapmu yang sebenarnya dengan cara
mencontreng ( √ ) pada kolom yang tersedia
INTERNALISASI AKHLAK MULIA
|
|||||
No
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
KS
|
TS
|
1
|
Lebih
baik menikah dalam usia muda daripada berpacaran melampaui batas
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
2
|
“kawin
lari”merupakan istilah pernikahan yang tidak direstui orang tua dan menurut
hukum Islam perkawinannya tidak sah
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
3
|
Orang
tua boleh memaksa anak perempuannya untuk dijodohkan dengan seorang pria
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
4
|
Pernikahan
beda agama dibolehkan selama kita
tidak terpengaruh oleh keyakinannya
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
5
|
Apabila
seseorang sudah bertunangan , maka sudah dibolehkan untuk berdua duaan asal
jangan berhubungan intim
|
…..
|
….
|
….
|
…..
|
6
|
Perhiasan
dunia yang paling indah adalah wanita yang shalihah
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
7
|
Orang
baik akan mendapatkan pasangan yang baik dan orang tidak baik akan
mendapatkan pasangan yang tidak baik
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
8
|
Pergaulan
bebas yang dilakukan dapat merusak keturunan
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
9
|
Poligami
yang boleh dilakukan merupakan solusi dari permasalahan yang ada dalam
keluarga
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
10
|
Lebih
baik melakukan perceraian daripada terjadi perselingkuhan dalam keluarga
|
…..
|
….
|
….
|
…..
|
Lampiran 2 : Format Penilaian
Proses bealajar
FORMAT PENGAMATAN SIKAP
No
|
Nama
Siswa
|
Disiplin
|
Tanggung
jawab
|
Peduli
|
Kerja
keras
|
||||||||
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
4
|
|||||||||||||
5
|
INDIKATOR
KOMPETENSI INTI 1 DAN 2
1.
Disiplin
·
Selalu hadir di kelas tepat waktu
·
Mengerjakan LKS sesuai petunjuk dan
tepat waktu
·
Mentaati aturan main dalam kerja
mandiri dan kelompok
2.
Tanggung jawab
Berusaha menyelesaikan tugas dengan
sungguh-sungguh
· Bertanya kepada teman/guru bila
menjumpai masalah
· Menyelesaikan permasalahan yang
menjadi tanggung jawabnya
· Partisipasi dalam kelompok.
3.
Peduli
· Menjaga kebersihan kelas, membantu
teman yang membutuhkan
· Menunjukkan rasa empati dan simpati
untuk ikut menyelesaikan masalah
· Mampu memberikan ide/gagasan
terhadap suatu masalah yang ada di sekitarnya
· Memberikan bantuan sesuai dengan
kemampuannya
4.
Kerja keras
·
Mengerjakan LKS dengan
sungguh-sungguh
·
Menunjukkan sikap pantang menyerah
·
Berusaha menemukan solusi
permasalahan yang diberikan
PEDOMAN
PENILAIAN:
·
Penilaian dilakukan dengan cara
membandingkan karakter siswa pada kondisi awal dengan pencapaian dalam waktu
tertentu.
·
Hasil yang dicapai selanjutnya
dicatat, dianalisis dan diadakan tindak lanjut.
Tugas
Salinlah QS.Ar-Rum ayat 21, QS.
An-Nur ayat 32 dan QS. An-Nisa ayat 3 tentang
pernikahan
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
·
isi diskusi (kandungan ayat dan hukum
bacaan)
·
sikap yang ditunjukkan peserta
didik terkait dengan tentang pernikahan
Portofolio
·
Melaporkan hasil observasi berupa paparan tentang kandungan Q.S. Ar-Rum ayat 21 QS. An-Nur ayat 32 dan QS. An-Nisa
ayat 3 dan hadits terkait;
·
Membuat paparan analisis dan
identifikasi hukum bacaan yang ada pada Q.S. Ar-Rum ayat 21 QS. An-Nur ayat 32 dan QS. An-Nisa
ayat 3.
Tes tulis
·
Menyalin Q.S. Ar-Rum ayat 21 QS. An-Nur ayat 32 dan QS. An-Nisa
ayat 3 serta mengidentifikasi hukum bacaan
tajwidnya;
·
Menjawab soal-soal tentang isi
kandungan Q.S. Ar-Rum
ayat 21 QS.
An-Nur ayat 32 dan QS. An-Nisa ayat 3, dan hadist terkait.
Tes
lisan
Membaca Q.S. Ar-Rum ayat 21 QS. An-Nur ayat 32 dan QS. An-Nisa
ayat 3 dan hadits terkait
Mengetahui
Kepala Sekolah
..................................................
NIP.
|
|
Banjarbaru, ........................
Pendidik Bidang Studi
..........................................
NIP.
|