Minggu, 02 Oktober 2016

RPP PAI KELAS XII TENTANG INDAHNYA MEMBANGUN MAHLIGAI RUMAH TANGGA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
No. 01


Satuan Pendidikan     : ......................................................
Kelas /Semester        : XII / GENAP
Mata Pelajaran          : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
  Topik                        : Indahnya membangun mahligai rumah tangga
  Materi Pokok            : Pernikahan
  Alokasi Waktu          : 3 X 3 Jam Pelajaran
Jumlah Pertemuan     : 3 x Pertemuan

A.   Kompetensi Inti       :
(K1)   : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
(K2) : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan   alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
(K3) : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan    wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  (K4)     : Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait  dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,   dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.   Kompetensi Dasar
1.3    Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam melaksanakan   pernikahan
       3.6    Memahami ketentuan pernikahan dalam Islam.
3.7    Memahami hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam.
       4.6    Memperagakan tata cara pernikahan dalam Islam.
4.7     Menyajikan hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan  hukum Islam.

C.   Indikator Pencapaian Kompetensi

1.      Mampu melaksanakan ketentuan syariat Islam dalam melaksanakan   pernikahan dengan benar
  1. Mampu  menerangkan  ketentuan pernikahan dalam Islam dengan tepat
  2. Mampu menerangkan hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam dengan tepat
  3. Mampu Mendemonstrasikan tata cara pernikahan dalam Islam dengan tepat
  4. Menunjukkan  hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan  hukum Islam.

D.   Tujuan Pembelajaran

Setelah dilaksanakan kegiatan pembelajaran   siswa mampu :
1.      Menerapkan ketentuan syari’at Islam dalam melaksanakan pernikahan
2.      Memahami ketentuan pernikahan dalam Islam
3.      Mamahami hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan hukum Islam
4.      Memperagakan tata cara pernikahan dalam Islam
5.      Menyajikan hak dan kedudukan wanita dalam keluarga berdasarkan  hukum Islam.

E.   Materi Pembelajaran

Bacalah baik-baik ayat dibawah ini :
`ÏBur Èe@à2 >äóÓx« $oYø)n=yz Èû÷üy`÷ry ÷/ä3ª=yès9 tbr㍩.xs? ÇÍÒÈ  
Artinya : dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah.

ª!$#ur Ÿ@yèy_ Nä3s9 ô`ÏiB ö/ä3Å¡àÿRr& %[`ºurør& Ÿ@yèy_ur Nä3s9 ô`ÏiB Nà6Å_ºurør& tûüÏZt/ Zoyxÿymur Nä3s%yuur z`ÏiB ÏM»t6Íh©Ü9$# 4 È@ÏÜ»t6ø9$$Î6sùr& tbqãZÏB÷sムÏMyJ÷èÏZÎ/ur «!$# öNèd tbrãàÿõ3tƒ ÇÐËÈ  
Artinya: Allah menjadikan bagi kamu isteri-isteri dari jenis kamu sendiri dan menjadikan bagimu dari isteri-isteri kamu itu, anak-anak dan cucu-cucu, dan memberimu rezki dari yang baik-baik. Maka Mengapakah mereka beriman kepada yang bathil dan mengingkari nikmat Allah ?"

F.    Metode Pembelajaran
·         Saintifik
·         kooperatif
·         rool play,diskusi,

G.  Media Pembelajaran
1.      Media
·      Video Pembelajaran
·      CD Pembelajaran Tajwid Interaktif
2.      Alat
·      Komputer / Laptop
·      LCD Projector

H.    Sumber Belajar:
      Sumber Belajar :    
·         Buku PAI Kls XII Kemdikbud
·         Al-Quran dan Al-Hadits
·         Buku tajwid
·         Kitab tafsir Al-Qur’an
·         Buku lain yang menunjang
·         Multimedia interaktif dan Internet

I.      Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi
Alokasiwaktu

Pendahuluan
·         Memberikan salam
·         Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
·         Menanyakan kehadiran siswa
·         Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
·         Tadarus Al-Qur’an
·         Tanya jawab materi sebelumnya
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point.


20 menit

Inti
a.      Mengamati
-       Menyimak bacaan Al-Qur’an yang terkait dengan pernikahan dalam Islam secara individu maupun kelompok.
-       Mengamati tayangan video pernikahan dalam Islam. atau mengamati langsung  proses pernikahan.
b.      Menanya
-       Mengajukan  pertanyaan  tentang pernikahan dalam Islam, misalnya; apa syarat dan rukun nikah, apa hikmah pernikahan dalam Islam, dan bagaimana kedudukan wanita dalam keluarga
c.       Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Menelaah ketentuan pernikahan dalam Islam (syarat dan rukun nikah)
-       Diskusi tentang hikmah pernikan dalam Islam.
d.      Mengasosiasi
-       Menyimpulkan ketentuan pernikahan dalam Islam  (syarat dan  rukun nikah)
-       Menyimpulkan hikmah pernikhaan dalam Islam
e.       Mengkomunikasikan:
-       Menyajikan/melaporkan hasil diskusi tentang ketentuan pernikahan dalam Islam.
-       Menanggapi hasil presentasi (melengkapi, mengkonformasi, dan menyanggah).
-       Membuat resume pembelajaran di bawah bimbingan guru.
-       Mengadakan simulasi prosesi penikahan.

90 menit

Penutup
a.       Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi
b.       Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
c.        Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
d.       Mengucapkan salam

10 menit

J.   Penilaian       
1.  Prosedur        :
              a.Penilaian proses belajar mengajar oleh guru
              b.Penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay)
2.Alat Penilaian (Soal terlampir)
   
        Aspek afektif
Isilah pernyataan-pernyataan berikut sesuai dengan sikapmu yang sebenarnya dengan cara mencontreng ( √ ) pada kolom yang tersedia

INTERNALISASI AKHLAK MULIA
No
Pernyataan
SS
S
KS
TS
1
Lebih baik menikah dalam usia muda daripada berpacaran melampaui batas
……
……
…..
……
 2
“kawin lari”merupakan istilah pernikahan yang tidak direstui orang tua dan menurut hukum Islam perkawinannya tidak sah
……
……
…..
……
 3
Orang tua boleh memaksa anak perempuannya untuk dijodohkan dengan seorang pria
……
……
…..
……
4
Pernikahan beda agama  dibolehkan selama kita tidak  terpengaruh oleh keyakinannya
……
……
…..
……
5
Apabila seseorang sudah bertunangan , maka sudah dibolehkan untuk berdua duaan asal jangan berhubungan intim
…..
….
….
…..
6
Perhiasan dunia yang paling indah adalah wanita yang shalihah
……
……
…..
……
7
Orang baik akan mendapatkan pasangan yang baik dan orang tidak baik akan mendapatkan pasangan yang tidak baik
……
……
…..
……
8
Pergaulan bebas yang dilakukan dapat merusak keturunan
……
……
…..
……
9
Poligami yang boleh dilakukan merupakan solusi dari permasalahan yang ada dalam keluarga
……
……
…..
……
10
Lebih baik melakukan perceraian daripada terjadi perselingkuhan dalam keluarga
…..
….
….
…..

Lampiran 2 : Format Penilaian Proses bealajar
FORMAT PENGAMATAN SIKAP
No
Nama Siswa
Disiplin
Tanggung jawab
Peduli
Kerja keras
a
b
c
a
b
c
a
b
c
a
b
c
1
2
3
4
5

INDIKATOR KOMPETENSI INTI 1 DAN 2

1.      Disiplin
·         Selalu hadir di kelas tepat waktu
·         Mengerjakan LKS sesuai petunjuk dan tepat waktu
·         Mentaati aturan main dalam kerja mandiri dan kelompok
2.      Tanggung jawab
Berusaha menyelesaikan tugas dengan sungguh-sungguh
·                      Bertanya kepada teman/guru bila menjumpai masalah
·                     Menyelesaikan permasalahan yang menjadi tanggung jawabnya
·                     Partisipasi dalam kelompok.
3.      Peduli
·                      Menjaga kebersihan kelas, membantu teman yang membutuhkan
·                      Menunjukkan rasa empati dan simpati untuk ikut menyelesaikan masalah
·                      Mampu memberikan ide/gagasan terhadap suatu masalah yang ada di sekitarnya
·                      Memberikan bantuan sesuai dengan kemampuannya
4.      Kerja keras
·         Mengerjakan LKS dengan sungguh-sungguh
·         Menunjukkan sikap pantang menyerah
·         Berusaha menemukan solusi permasalahan yang diberikan

PEDOMAN PENILAIAN:

·         Penilaian dilakukan dengan cara membandingkan karakter siswa pada kondisi awal dengan pencapaian dalam waktu tertentu.
·         Hasil yang dicapai selanjutnya dicatat, dianalisis dan diadakan tindak lanjut.
Tugas
Salinlah QS.Ar-Rum ayat 21, QS. An-Nur ayat 32 dan QS. An-Nisa ayat 3 tentang   pernikahan
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
·         isi diskusi (kandungan ayat dan hukum bacaan)
·         sikap yang ditunjukkan peserta didik terkait dengan  tentang pernikahan
Portofolio
·         Melaporkan hasil observasi berupa paparan tentang kandungan  Q.S. Ar-Rum ayat 21 QS. An-Nur ayat 32 dan QS. An-Nisa ayat 3 dan  hadits terkait;
·         Membuat paparan analisis dan identifikasi hukum bacaan yang ada pada  Q.S. Ar-Rum ayat 21 QS. An-Nur ayat 32 dan QS. An-Nisa ayat 3.

Tes tulis
·         Menyalin Q.S. Ar-Rum ayat 21 QS. An-Nur ayat 32 dan QS. An-Nisa ayat 3 serta mengidentifikasi hukum bacaan tajwidnya;
·         Menjawab soal-soal tentang isi kandungan Q.S. Ar-Rum ayat 21 QS. An-Nur ayat 32 dan QS. An-Nisa ayat 3, dan hadist terkait.
Tes lisan
Membaca Q.S. Ar-Rum ayat 21 QS. An-Nur ayat 32 dan QS. An-Nisa ayat 3 dan hadits terkait
Mengetahui
Kepala Sekolah



..................................................
NIP.

Banjarbaru, ........................
Pendidik Bidang Studi



..........................................
NIP. 




SURGA FIRDAUS IMPIAN ORANG BERIMAN

                                                             SURGA FIRDAUS      Setiap muslim pasti ingin masuk kedalam surga dan mereka b...