RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (
RPP )
No. 03
Satuan
Pendidikan : ...........................................
Kelas
/Semester : XII / Ganjil
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti
Topik : Menghidupkan Nurani dengan Berpikir
kritis
Materi Pokok
: Q.S. Ali-Imran (3) : 190-191
Alokasi Waktu :
3 X 3 Jam Pelajaran
Jumlah
Pertemuan : 3 x Pertemuan
A.
Kompetensi Inti
(K1) : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
(K2) : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif) dan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
(K3) :Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
(K4) :Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
A.
Kompetensi Dasar
2.3 Menunjukkan sikap kritis
dan demokratis sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan 159, serta hadits
terkait.
3.1 Menganalisis Q.S.
Ali Imran (3): 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3): 159, serta hadits tentang
berpikir kritis dan bersikap demokratis.
4.1.1 Membaca Q.S. Ali Imran (3): 190-191 dan Q.S. Ali Imran (3):
159; sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3): 190-191 dan
Q.S. Ali Imran (3): 159 dengan lancar
B.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Mampu menunjukkan sikap kritis sebagai implementasi
dari pemahaman Q.S. Ali Imran (3) : 190-191 dan hadits terkait.
2. Mampu
Menganalisis Q.S. Ali Imran (3): 190-191, dan hadits tentang berpikir kritis dan
bersikap demokratis.
3. Mampu Membaca Q.S. Ali Imran
(3): 190-191 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.
Mampu Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3): 190-191 dengan lancar
C.
Tujuan Pembelajaran
Setelah dilaksanakan kegiatan
pembelajaran melalui model pembelajaran Saintifik kooperatif rool
play,diskusi, ceramah siswa dapat :
- Menganalisis Q.S. Ali Imran (3): 190-191
dan hadits tentang berpikir
kritis dan bersikap demokratis.
- Membaca Q.S. Ali Imran (3): 190-191 sesuai
dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
- Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran
(3): 190-191 dengan lancar
- Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif)
D.
Materi Pembelajaran
1.
Materi Fakta (sesuatu yang dapat
diindera)
Q.S.
Ali Imran (3): 190-191, dan hadits tentang berpikir kritis dan bersikap
2.
Materi Konsep (gabungan antar fakta
yang saling berhubungan)
Pengertian
berfikir kritis
3.
Materi Prinsip (generalisasi
hubungan antar konsep-konsep yang berkaitan: hukum, teori,
azas)
Tujuan antara Pendidikan Agama
Islam adalah Materi Pendidikan Agama Al-Islam
4.
Materi Prosedur (sederetan langkah
yang sistematis dalam menerapkan prinsip)
Cara Mempelajari Agama Islam
Azas Filosofis dalam Pendidikan Agama Islam
Kedudukan Akal dalam memahami Al-Islam
Rasionalitas dalam Beragama
Bacalah
ayat-ayat berikut dengan tartil dan renungkanlah maknanya serta perhatikan adab
dan sopan santun membaca Al Qur’an.
Q.S. Ali-Imran (3) : 190-191,
Artinya :
190. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan
bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi
orang-orang yang berakal,
191. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah
sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan
tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan Kami,
Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, Maka peliharalah
Kami dari siksa neraka.
E.
Metode Pembelajaran
·
Saintifik
·
Kooperatif
·
rool play,diskusi, ceramah
F. Media Pembelajaran
Media
·
Video Pembelajaran
·
CD Pembelajaran Tajwid Interaktif
Alat
· Komputer / Laptop
· LCD Projector
H. Sumber
Belajar:
Sumber Belajar :
·
Buku PAI Kls XII Kemdikbud
·
Al-Quran dan Al-Hadits
·
Buku tajwid
·
Kitab tafsir Al-Qur’an
·
Buku lain yang menunjang
·
Multimedia interaktif dan Internet
I. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasiwaktu
|
Pendahuluan
|
|
10 menit
|
Inti
|
·
Mengamati
·
Menyimak bacaan,
membaca, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid), dan mencermati isi kandungan
Q.S. Ali Imran (3): 190-191, dan hadits tentang berpikir kritis
·
Menanya
·
Menanyakan cara
membaca Q.S. Ali Imran (3) : 190-191
·
Mengajukan pertanyaan
terkait hukum tajwid, asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. Ali Imran (3) :
190-191, dan hadits terkait.
·
Mengumpulkan
data/eksplorasi
·
Mendiskusikan cara
membaca Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, sesuai dengan hukum bacaan tajwid;
·
Menterjemahkan Q.S.
Ali Imran (3) : 190-191, dan hadits terkait;
·
Menganalisis asbabun
nuzul/wurud dan kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan hadits terkait.
·
Mengasosiasi
·
Membuat kesimpulan
dari kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan hadits terkait.
·
Mengkomunikasikan:
Mendemonstrasikan bacaan (hafalan),
menyampaikan hasil diskusi tentang Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan hadits terkait secara individu maupun
kelompok
|
70 menit
|
Penutup
|
|
10 menit
|
J. Penilaian
1.Prosedur :
a.Penilaian proses belajar mengajar
oleh guru
b.Penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay)
2.Alat Penilaian (Soal terlampir)
Aspek
afektif
Isilah
pernyataan-pernyataan berikut sesuai dengan sikapmu yang sebenarnya dengan cara
mencontreng ( √ ) pada kolom yang tersedia
INTERNALISASI AKHLAK MULIA
|
|||||
No
|
Pernyataan
|
setuju
|
tidak
setuju
|
tidak
tahu
|
alasan
|
1
|
bahwa
Allah lah yang telah memberikan potensi pada diri Anda
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
2
|
Anda
sadar bahwa otak anda adalah karunia besar dari Allah
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
3
|
Anda
meyadari bahwa otak manusia tanpa bimbingan wahyu Allah akan dapat mengungkap
tabir segala hal termasuk persoalan ghaib
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
4
|
Pendidikan
al-Islam tidak menghasilkan perubahan prilaku ke arah yang lebih baik
|
……
|
……
|
…..
|
……
|
5
|
Allah
sebagai Tuhan Yang Maha Tahu dan Maha Suci dari kealpaan berbuat salah
|
…..
|
….
|
….
|
…..
|
Lampiran 2 : Format Penilaian
Proses bealajar
FORMAT PENGAMATAN SIKAP
No
|
Nama
Siswa
|
Disiplin
|
Tanggung
jawab
|
Peduli
|
Kerja
keras
|
||||||||
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
a
|
b
|
c
|
||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
4
|
|||||||||||||
5
|
INDIKATOR
KOMPETENSI INTI 1 DAN 2
1.
Disiplin
·
Selalu hadir di kelas tepat waktu
·
Mengerjakan LKS sesuai petunjuk dan
tepat waktu
·
Mentaati aturan main dalam kerja
mandiri dan kelompok
2.
Tanggung jawab
Berusaha menyelesaikan tugas dengan
sungguh-sungguh
·
Bertanya kepada teman/guru bila
menjumpai masalah
·
Menyelesaikan permasalahan yang
menjadi tanggung jawabnya
·
Partisipasi dalam kelompok
3.
Peduli
·
Menjaga kebersihan kelas, membantu
teman yang membutuhkan
·
Menunjukkan rasa empati dan simpati
untuk ikut menyelesaikan masalah
·
Mampu memberikan ide/gagasan
terhadap suatu masalah yang ada di sekitarnya
·
Memberikan bantuan sesuai dengan
kemampuannya
4.
Kerja keras
·
Mengerjakan LKS dengan
sungguh-sungguh
·
Menunjukkan sikap pantang menyerah
·
Berusaha menemukan solusi
permasalahan yang diberikan
PEDOMAN
PENILAIAN:
·
Penilaian dilakukan dengan cara
membandingkan karakter siswa pada kondisi awal dengan pencapaian dalam waktu
tertentu.
·
Hasil yang dicapai selanjutnya
dicatat, dianalisis dan diadakan tindak lanjut.
1.
Tugas
Menghafal Q.S. Ali Imran (3) :
190-191, dan hadits terkait dengan cara
mengisi lis ( lembar tugas hafalan).
2.
Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
·
isi diskusi (kandungan ayat dan
hukum bacaan)
·
sikap yang ditunjukkan peserta
didik terkait dengan tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
3.
Portofolio
·
Melaporkan hasil obervasi berupa
paparan tentang kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan hadits terkait;
·
Membuat paparan analisis dan identifikasi
hukum bacaan yang ada pada Q.S. Ali Imran (3) : 190-191
·
Membuat laporan perkembangan
hafalan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan hadist terkait.
1.
Tes tulis
·
Menyalin Q.S. Ali Imran (3) :
190-191, dan mengidentifikasi hukum bacaan tajwidnya;
·
Menjawab soal-soal tentang isi
kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan hadist terkait.
2.
Tes lisan
Membaca dan menghafal Q.S. Ali
Imran (3) : 190-191, dan hadits terkait
Mengetahui
Kepala Sekolah
...................................................
NIP.
|
|
Banjarbaru, ........................
Pendidik Bidang Studi
..............................................
NIP.
|