Minggu, 02 Oktober 2016

RPP PAI KELAS XII TENTANG MENGHIDUPKAN NURANI DAN BERPIKIR KRITIS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
No. 03

Satuan Pendidikan      : ...........................................
Kelas /Semester           : XII / Ganjil
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Topik                           : Menghidupkan Nurani dengan Berpikir kritis
  Materi Pokok             : Q.S. Ali-Imran (3) : 190-191
  Alokasi Waktu            : 3 X 3 Jam Pelajaran
Jumlah Pertemuan       : 3 x Pertemuan

A.   Kompetensi Inti       
(K1)     : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
  (K2)  : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan   alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
(K3)  :Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan    wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
  (K4)   :Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,   dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
  
A.   Kompetensi Dasar

2.3  Menunjukkan sikap kritis dan demokratis sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.   Ali Imran (3) : 190-191 dan 159, serta hadits terkait.
3.1  Menganalisis Q.S. Ali Imran (3): 190-191, dan Q.S. Ali Imran (3): 159, serta hadits  tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
4.1.1 Membaca Q.S. Ali Imran (3): 190-191 dan Q.S. Ali Imran (3): 159; sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.1.2 Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3): 190-191 dan Q.S. Ali Imran (3): 159 dengan lancar

B.   Indikator Pencapaian Kompetensi

1. Mampu menunjukkan sikap kritis sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.   Ali Imran    (3) : 190-191 dan hadits terkait.
2.  Mampu  Menganalisis Q.S. Ali Imran (3): 190-191, dan  hadits  tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
3.   Mampu Membaca Q.S. Ali Imran (3): 190-191 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.   Mampu Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3): 190-191 dengan lancar
C.   Tujuan Pembelajaran

      Setelah dilaksanakan kegiatan pembelajaran  melalui model pembelajaran Saintifik   kooperatif rool play,diskusi, ceramah siswa dapat :
  1. Menganalisis Q.S. Ali Imran (3): 190-191 dan  hadits  tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
  2. Membaca Q.S. Ali Imran (3): 190-191 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
  3. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Ali Imran (3): 190-191  dengan lancar
  4. Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif)
D.   Materi Pembelajaran

1.    Materi Fakta (sesuatu yang dapat diindera)
Q.S. Ali Imran (3): 190-191, dan hadits  tentang berpikir kritis dan bersikap
2.    Materi Konsep (gabungan antar fakta yang saling berhubungan)
Pengertian berfikir kritis
3.    Materi Prinsip (generalisasi hubungan antar konsep-konsep yang berkaitan: hukum, teori, azas)
Tujuan antara Pendidikan Agama Islam adalah Materi Pendidikan Agama Al-Islam
4.    Materi Prosedur (sederetan langkah yang sistematis dalam menerapkan prinsip)
Cara Mempelajari Agama Islam
Azas Filosofis dalam Pendidikan Agama Islam
Kedudukan Akal dalam memahami Al-Islam
Rasionalitas dalam Beragama
Bacalah ayat-ayat berikut dengan tartil dan renungkanlah maknanya serta perhatikan adab dan sopan santun membaca Al Qur’an.

Q.S. Ali-Imran (3) : 190-191,
Artinya :
190. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,
191. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan Kami, Tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha suci Engkau, Maka peliharalah Kami dari siksa neraka.

E.   Metode Pembelajaran
·         Saintifik
·         Kooperatif
·         rool play,diskusi, ceramah

F.    Media Pembelajaran

Media
·      Video Pembelajaran
·      CD Pembelajaran Tajwid Interaktif
Alat
·      Komputer / Laptop
·      LCD Projector

H.  Sumber Belajar:
 
      Sumber Belajar :    
·         Buku PAI Kls XII Kemdikbud
·         Al-Quran dan Al-Hadits
·         Buku tajwid
·         Kitab tafsir Al-Qur’an
·         Buku lain yang menunjang
·         Multimedia interaktif dan Internet

I.      Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi
Alokasiwaktu

Pendahuluan
  • Memberikan salam
  • Menanyakan kepada siswa kesiapan dan kenyamanan untuk belajar
  • Menanyakan kehadiran siswa
  • Mempersilakan salah satu siswa memimpin doa
  • Tanya jawab materi sebelumnya
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran melalui power point.

10 menit

Inti
·         Mengamati
·         Menyimak bacaan, membaca, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid), dan mencermati isi kandungan  Q.S. Ali Imran (3): 190-191, dan hadits tentang berpikir kritis
·         Menanya
·         Menanyakan cara membaca Q.S. Ali Imran (3) : 190-191
·         Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid, asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan hadits terkait.
·         Mengumpulkan data/eksplorasi
·         Mendiskusikan cara membaca  Q.S. Ali Imran (3) : 190-191,  sesuai dengan hukum  bacaan tajwid;
·         Menterjemahkan  Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan hadits terkait;
·         Menganalisis asbabun nuzul/wurud dan kandungan  Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan  hadits terkait.
·         Mengasosiasi
·         Membuat kesimpulan dari kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan  hadits terkait.
·         Mengkomunikasikan:
      Mendemonstrasikan bacaan (hafalan), menyampaikan hasil diskusi tentang  Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan  hadits terkait secara individu maupun kelompok

70 menit

Penutup
  • Klarifikasi/kesimpulan siswa dibantu oleh guru menyimpulkan materi
  • Evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran
  • Siswa melakukan refleksi tentang pelaksanaan pembelajaran
  • Mengucapkan salam

10 menit

J.   Penilaian          
1.Prosedur  :
a.Penilaian proses belajar mengajar oleh guru
   b.Penilaian hasil belajar (tes lisan/ tertulis berbentuk Esay)
     2.Alat Penilaian (Soal terlampir)
   
Aspek afektif
Isilah pernyataan-pernyataan berikut sesuai dengan sikapmu yang sebenarnya dengan cara mencontreng ( √ ) pada kolom yang tersedia

INTERNALISASI AKHLAK MULIA
No
Pernyataan
setuju
tidak setuju
tidak tahu
alasan
1
bahwa Allah lah yang telah memberikan potensi pada diri Anda
……
……
…..
……
 2
Anda sadar bahwa otak anda adalah karunia besar dari Allah
……
……
…..
……
 3
Anda meyadari bahwa otak manusia tanpa bimbingan wahyu Allah akan dapat mengungkap tabir segala hal termasuk persoalan  ghaib
……
……
…..
……
4
Pendidikan al-Islam tidak menghasilkan perubahan prilaku ke arah yang lebih baik
……
……
…..
……
5
Allah sebagai Tuhan Yang Maha Tahu dan Maha Suci dari kealpaan berbuat salah
…..
….
….
…..

Lampiran 2 : Format Penilaian Proses bealajar
FORMAT PENGAMATAN SIKAP
No
Nama Siswa
Disiplin
Tanggung jawab
Peduli
Kerja keras
a
b
c
a
b
c
a
b
c
a
b
c
1
2
3
4
5

INDIKATOR KOMPETENSI INTI 1 DAN 2
1.      Disiplin
·         Selalu hadir di kelas tepat waktu
·         Mengerjakan LKS sesuai petunjuk dan tepat waktu
·         Mentaati aturan main dalam kerja mandiri dan kelompok
2.      Tanggung jawab
Berusaha menyelesaikan tugas dengan sungguh-sungguh
·         Bertanya kepada teman/guru bila menjumpai masalah
·         Menyelesaikan permasalahan yang menjadi tanggung jawabnya
·         Partisipasi dalam kelompok
3.      Peduli
·         Menjaga kebersihan kelas, membantu teman yang membutuhkan
·         Menunjukkan rasa empati dan simpati untuk ikut menyelesaikan masalah
·         Mampu memberikan ide/gagasan terhadap suatu masalah yang ada di sekitarnya
·         Memberikan bantuan sesuai dengan kemampuannya
4.      Kerja keras
·         Mengerjakan LKS dengan sungguh-sungguh
·         Menunjukkan sikap pantang menyerah
·         Berusaha menemukan solusi permasalahan yang diberikan

PEDOMAN PENILAIAN:

·         Penilaian dilakukan dengan cara membandingkan karakter siswa pada kondisi awal dengan pencapaian dalam waktu tertentu.
·         Hasil yang dicapai selanjutnya dicatat, dianalisis dan diadakan tindak lanjut.
1.      Tugas
Menghafal Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan  hadits terkait dengan cara mengisi lis  ( lembar tugas hafalan).
2.      Observasi
Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
·         isi diskusi (kandungan ayat dan hukum bacaan)
·         sikap yang ditunjukkan peserta didik terkait dengan  tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis.
3.      Portofolio
·         Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang kandungan  Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan  hadits terkait;
·         Membuat paparan analisis dan identifikasi hukum bacaan yang ada pada  Q.S. Ali Imran (3) : 190-191
·         Membuat laporan perkembangan hafalan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan hadist terkait.
1.      Tes tulis
·         Menyalin Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan mengidentifikasi hukum bacaan tajwidnya;
·         Menjawab soal-soal tentang isi kandungan Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan hadist terkait.
2.      Tes lisan
Membaca dan menghafal Q.S. Ali Imran (3) : 190-191, dan hadits terkait


Mengetahui
Kepala Sekolah



...................................................
NIP.

Banjarbaru, ........................
Pendidik Bidang Studi



..............................................
NIP. 






SURGA FIRDAUS IMPIAN ORANG BERIMAN

                                                             SURGA FIRDAUS      Setiap muslim pasti ingin masuk kedalam surga dan mereka b...