RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
No. 01
Satuan Pendidikan : ..........................................
Kelas /Semester :
XII / Ganjil
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Topik : Iman
Materi Pokok : Semangat
beribadah dengan menyakini Hari Akhir
Alokasi Waktu : 3 X 45 Jam Pelajaran
Jumlah Pertemuan : 3 x Pertemuan
A.
Kompetensi Inti
KI (1). Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI (2). Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin,tanggung jawab,peduli,santun,ramah lingkungan,gotong
royong,kerjasama,cinta damai,responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI (3). Memahami,
menerapkan,menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan
ingintahunya tentan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
KI (4). Mengolah,
menalar, menyaji dan mencipta daam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan,
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati nilai-nilai keimanan
kepada hari akhir
2.5
Menunjukkan sikap mawas diri dan taat beribadah sebagai cerminan
dari kesadaran beriman kepada hari akhir
3.3 Memahami makna iman kepada hari akhir.
4.3 Berperilaku yang mencerminkan kesadaran
beriman kepada Hari Akhir.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Mampu
menyebutkan arti beriman pada hari akhir
2.
Mampu menjelaskan Pengertian kiamat
sugra dan kiamat kubra
3.
Perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir, dijelaskan dengan benar.
4.
Perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Hari Akhir, ditampilkan dengan baik dan benar.
5.
Beribadah dan bertaubat dalam kehidupan sehari-hari
6.
Hikmah beriman kepada Hari Akhir,
dijelaskan dengan benar.
7.
Hikmah beriman kepada hari akhir
dideskripsikan dengan benar
8.
Hikmah beriman kepada Hari Akhir
diterapkan dengan baik dan benar.
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran, Peserta didik
mampu:
1) Menghayati nilai-nilai keimanan kepada Hari
akhir
2) Menunjukkan sikap mawas diri dan taat
beribadah sebagai cerminan dari kesadaran beriman kepada Hari Akhir.
3) Memahami makna iman kepada Hari Akhir
4) Berperilaku yang mencerminkan kesadaran
beriman kepada Hari Akhir
E.
Materi Pembelajaran
1. Menyebutkan dalil naqli yang terkait
dengan Hari Akhir
2. Hari
Akhir menurut Al-Qur’an terbagi menjadi dua: kiamat sugra dan kiamat kubra
3. Hari
kiamat menurut ilmu pengetahuan, baik menurut Giologi maupun teori fisika
4. Periode
Hari Akhir meliputi tahapan-tahapan : yaumul ba’ast, yaumul hasyr, buku
catatan, yaumul hisabdan mizan, shiratal mustaqim, yaumul jaza, balasan
kebaikan dengan surga dan balasan perbuatan buruk dengan neraka
5. Hakikat
beriman dengan Hari Akhir merupakan landasan utama untuk menyadarkan diri agar
selalu taat kepada ajaran Allah Swt, yang merupakan salah satu ciri orang
beriman
6. Hikmah
beriman kepada Hari Akhir yaitu benci terhadap kemaksiatan, menyejukkan dan
menggembirakan hati orang beriman, tertanam ketaatan kepada Allah Swt,
memotivasi untuk berbuat baik, menghindari niat-niat buruk.
F.
Metode pembelajaran
·
Scientific
Method (metode ilmiah)
·
Contextual Teaching and Learning
·
Direct Instruction (Model Pengajaran Langsung)
G.
Media Pembelajaran
Media
·
Video Pembelajaran
·
CD Pembelajaran Tajwid Interaktif
Alat
· Komputer / Laptop
· LCD Projector
H.
Sumber Belajar
1. Kitab al-Qur’anul Karim dan terjemahnya, Depag RI
2. Kitab Hadits Sohih
3. Buku Teks Siswa PAI SMK Kelas XII
I. Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan : Ke 1
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
b.
Memberi salam dan
memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah
dan kemudian berdoa bersama.
c.
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
d.
Peserta didik
menyiapkan kitab suci al-Qur’an Secara
bersama bertadarus al-Qur’an (selama
5-10 menit)
e.
Menjelaskan
secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan
kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
f.
Menanyakan
materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).
|
(20 Menit)
|
Inti
|
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para
peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a.
Mengamati
- Menyimak bacaan dan mencermati Q.S.Ali Imran;185, QS.At-Takwir; 1-3 dan
hadis dan hadits terkait
b.
Menanya
-
Menanyakan tentag isi kandungan Q.S.Ali Imran;185, QS.At-Takwir; 1-3 dan hadis dan hadits terkait
-
Menanyakan tentang kiamat sugra dan kubra
c.
Mengumpulkan
data/eksplorasi
-
Mendiskusikan isi kandungan Q.S.Ali Imran;185, QS.At-Takwir; 1-3 dan
hadis dan hadits terkait
-
Menganalisis asbabun nuzul/wurud Q.S.Ali Imran;185, QS.At-Takwir; 1-3 dan hadis dan hadits terkait
-
Mengidentifikasi sifat-sifat
terpuji yag terkandung pada Q.S.Ali Imran;185, QS.At-Takwir; 1-3 dan hadis dan hadits terkait
-
Mengumpulkan data/ bukti bahwa hari kiamat pasti
terjadi baik dalil Al-Qur’an maupun ilmu pengetahuan.
d.
Mengasosiasi
- Membuat kesimpulan dari isi kandungan Q.S.Ali Imran;185, QS.At-Takwir; 1-3 dan
hadis dan hadits terkait
e.
Mengkomunikasikan:
-
Menpresentasikan isi kandungan, manfaat, dan hikmah sifat terpuji yang
terdapat Q.S.Ali Imran;185, QS.At-Takwir; 1-3 dan
hadis dan hadits terkait
-
Mempresentasikan
hasil temuan tentang tanda-tanda hari kiamat
|
(100 Menit)
|
Penutup
|
-
Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi
membaca Q.S.Ali Imran;185, QS.At-Takwir; 1-3 dan
hadis dan hadits terkait
-
Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan
membaca Q.S.Ali Imran;185, QS.At-Takwir; 1-3 dan
hadis dan hadits terkait
-
Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan
membaca hamdalah/doa;
-
Pendidik
mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta
didik menjawab salam
|
1.
enit)
|
J.
PENILAIAN
1.Tes (tertulis dan lisan)
2.Non tes
(tugas, observasi, dan portofolio)
Lembar Penilaian
-
Tes Tertulis
No
|
Butir – butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Jelaskan isi kandungan Q.S.Ali Imran;185, QS.At-Takwir; 1-3
|
|
2.
|
Jelaskan
pembagian hari kimat menurut Al-Qur’an
|
|
3.
|
Jelaskan
teori ilmu pengetahuan tentang hari kiamat
|
|
-
Lisan
(mempresantasikan hasil diskusi)
No.
|
Nama Peserta didik
|
Kemampuan Mempresentasikan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1.
1
|
Adul
|
|
|
|
|
|
2.
2
|
Khadijah
|
|
|
|
|
|
3.
3
|
Idah
|
|
|
|
|
|
Dst
|
Dst..........................
|
|
|
|
|
|
Keterangan : Skor Tes lisan :
· Mempresentasikan
sangat baik = 80 – 90 = A
· Mempresentasikan baik = 70 – 79 = B
· Mempresentasikan kurang baik = 60 – 69 = C
· Mempresentasikan tidak lancar = 50 – 59 = D
· Tidak dapat mempresentasikan = kurang dari 50 = E
Non Tes
-
Tugas (mengidentifikasi ilmu tajwid dan isi
kandungan Q.S.Ali Imran;185, QS.At-Takwir; 1-3
-
Observasi (mengamati perilaku beriman kepada Hari Akhir terhadap teman sejawat atau orang lain;
-
Potofolio (tugas dan observasi dikerjakan di lembar kerja dan
diserahkan kepada pendidik)
Pertemuan : Ke 2
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Memberi salam dan
memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah
dan kemudian berdoa bersama.
·
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·
Peserta didik
menyiapkan kitab suci al-Qur’an Secara
bersama bertadarus al-Qur’an (selama 5-10
menit)
·
Menjelaskan
secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan
kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
·
Menanyakan
materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).
|
(20 Menit)
|
Inti
|
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta
didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a.
Mengamati
-
Menyimak para
siswa menyebutkan tahapan-tahapan
Hari Akhir ( yaumul ba’ast, yaumul hasyr, buku catatan, yaumul hisabdan
mizan, shiratal mustaqim, yaumul jaza, balasan kebaikan dengan surga dan
balasan perbuatan buruk dengan neraka)
b.
Menanya
-
Menanyakan tahapan-tahapan Hari Akhir yaitu tentang ( yaumul ba’ast, yaumul
hasyr, buku catatan, yaumul hisabdan mizan, shiratal mustaqim, yaumul jaza,
balasan kebaikan dengan surga dan balasan perbuatan buruk dengan neraka )
c. Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Mendiskusikan
tahapan-tahapan Hari
Akhir yaitu tentang ( yaumul
ba’ast, yaumul hasyr, buku catatan, yaumul hisabdan mizan, shiratal mustaqim,
yaumul jaza, balasan kebaikan dengan surga dan balasan perbuatan buruk dengan
neraka )
-
Menganalisis tahapan-tahapan Hari Akhir yaitu tentang ( yaumul ba’ast, yaumul
hasyr, buku catatan, yaumul hisabdan mizan, shiratal mustaqim, yaumul jaza,
balasan kebaikan dengan surga dan balasan perbuatan buruk dengan neraka )
-
-
Mengidentifikasi tahapan-tahapan Hari
Akhir yaitu tentang ( yaumul
ba’ast, yaumul hasyr, buku catatan, yaumul hisabdan mizan, shiratal mustaqim,
yaumul jaza, balasan kebaikan dengan surga dan balasan perbuatan buruk dengan
neraka )
c.
Mengasosiasi
-
Membuat
kesimpulan tahapan-tahapan Hari
Akhir yaitu tentang ( yaumul
ba’ast, yaumul hasyr, buku catatan, yaumul hisabdan mizan, shiratal mustaqim,
yaumul jaza, balasan kebaikan dengan surga dan balasan perbuatan buruk dengan
neraka )
d.
Mengkomunikasikan:
-
Menpresentasikan
hasil diskusi tahapan-tahapan Hari
Akhir yaitu tentang ( yaumul
ba’ast, yaumul hasyr, buku catatan, yaumul hisabdan mizan, shiratal mustaqim,
yaumul jaza, balasan kebaikan dengan surga dan balasan perbuatan buruk dengan
neraka )
|
(100 Menit)
|
Penutup
|
-
Pendidik meminta agar para peserta didik menyebutkan tahapan-tahapan Hari Akhir yaitu tentang ( yaumul ba’ast, yaumul
hasyr, buku catatan, yaumul hisabdan mizan, shiratal mustaqim, yaumul jaza,
balasan kebaikan dengan surga dan balasan perbuatan buruk dengan neraka )
-
Pendidik
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
-
Pendidik
mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta
didik menjawab salam
|
(15 Menit)
|
PENILAIAN
·
Tes (tertulis
dan lisan)
·
Non tes (tugas, observasi, dan portofolio)
Lembar Penilaian
-
Tes Tertulis
No
|
Butir – butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Jelaskan tahapan-tahapan Hari Akhir yaitu tentang ( yaumul ba’ast, yaumul hasyr, buku
catatan, yaumul hisabdan mizan, shiratal mustaqim, yaumul jaza, balasan
kebaikan dengan surga dan balasan perbuatan buruk dengan neraka )
|
|
|
|
|
-
Lisan
(mempresantasikan hasil diskusi)
No.
|
Nama Peserta didik
|
Kemampuan Mempresentasikan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Adul
|
|
|
|
|
|
2
|
Khadijah
|
|
|
|
|
|
3
|
Idah
|
|
|
|
|
|
Dst
|
Dst..........................
|
|
|
|
|
|
Keterangan : Skor Tes lisan :
· Mempresentasikan
sangat baik = 80 – 90 = A
· Mempresentasikan baik = 70 – 79 = B
· Mempresentasikan kurang baik = 60 – 69 = C
· Mempresentasikan tidak lancar = 50 – 59 = D
· Tidak dapat mempresentasikan = kurang dari 50 = E
Non Tes
-
Tugas (mengidentifikasi manfaat dan hikmah tahapan-tahapan Hari Akhir yaitu tentang ( yaumul ba’ast, yaumul hasyr, buku catatan, yaumul hisabdan mizan, shiratal
mustaqim, yaumul jaza, balasan kebaikan dengan surga dan balasan perbuatan
buruk dengan neraka )
-
Observasi
(mengamati perilaku tahapan-tahapan Hari Akhir yaitu tentang ( yaumul ba’ast, yaumul hasyr, buku catatan, yaumul hisabdan mizan, shiratal
mustaqim, yaumul jaza, balasan kebaikan dengan surga dan balasan perbuatan
buruk dengan neraka )
-
Potofolio (tugas dan observasi dikerjakan di lembar kerja dan
diserahkan kepada pendidik)
Pertemuan : Ke 3
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Memberi salam dan
memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah
dan kemudian berdoa bersama.
·
Memeriksa
kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·
Peserta didik
menyiapkan kitab suci al-Qur’an Secara
bersama bertadarus al-Qur’an (selama
5-10 menit)
·
Menjelaskan
secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan
kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
·
Menanyakan
materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).
|
(20 Menit)
|
Inti
|
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para
peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a.
Mengamati
-
Menyimak para siswa menjelaskan hakikat beriman kepada Hari Akhir
-
Menyimak para siswa menjelaskan hikmah beriman kepada Hari Akhir
b.
Menanya
-
Menanyakan
tentang hakikat beriman kepada Hari Akhir
-
Menanyakan tentang
hikmah beriman kepada Hari
Akhir
c.
Mengumpulkan data/eksplorasi
-
Mendiskusikan
tentang hakikat beriman kepada
Hari Akhir
-
Mendiskusikan tentang hikmah beriman kepada Hari Akhir
-
Menganalisis perilaku
yang mencerminkan hakikat
dan hikmah beriman kepada Hari
Akhir
-
Mengidentifikasi
sifat-sifat terpuji yang mencerminkan hakikat dan hikmah beriman kepada Hari Akhir
d.
Mengasosiasi
-
Membuat
kesimpulan hakikat beriman kepada
Hari Akhir
-
Membuat
kesimpulan hikmah
beriman kepada Hari
Akhir
e.
Mengkomunikasikan:
-
Menpresentasikan
hasil diskusi hakikat dan
hikmah beriman kepada Hari
Akhir
|
(100 Menit)
|
Penutup
|
·
Pendidik meminta agar para peserta didik senantiasa berperilaku
yang mencerminkan hakikat
dan hikmah beriman kepada Hari Akhir
·
Pendidik
menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
·
Pendidik
mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta
didik menjawab salam.
|
(15 Menit)
|
PENILAIAN
·
Tes (tertulis
dan lisan)
·
Non tes (tugas,
observasi, dan portofolio)
Lembar Penilaian
1. Tes Tertulis
No
|
Butir – butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Jelaskan
hakikat beriman kepada Hari Akhir ?
|
Ayat ini menjelaskan tentang Asmaul Husna
|
2.
|
Jelaskan
hikmah beriman kepada Hari Akhir ?
|
Ayat
ini menjelaskan tentang Asmaul Husna
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Lisan
(mempresantasikan hasil diskusi)
No.
|
Nama Peserta didik
|
Kemampuan Mempresentasikan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
4.
1
|
Zainal
|
|
|
|
|
|
5.
2
|
Nanang
|
|
|
|
|
|
6.
3
|
Maya
|
|
|
|
|
|
Dst
|
Dst..........................
|
|
|
|
|
|
Keterangan : Skor Tes lisan :
· Mempresentasikan
sangat baik = 80 – 90 = A
· Mempresentasikan baik = 70 – 79 = B
· Mempresentasikan kurang baik = 60 – 69 = C
· Mempresentasikan tidak lancar = 50 – 59 = D
· Tidak dapat mempresentasikan = kurang dari 50 = E
Non Tes
i.
Tugas menulis ayat Al-Qur’an tentang hakikat
dan hikmah beriman kepada Hari Akhir !
ii.
Observasi atau mengamati perilaku yang
mencerminkan beriman kepada Hari Akhir
iii.
Potofolio
(tugas dan observasi dikerjakan di lembar kerja dan diserahkan kepada pendidik)
Mengetahui
Kepala Sekolah
..............................................
NIP.
|
|
Banjarbaru, ............................
Pendidik Bidang Studi
...............................................
NIP.
|