Selasa, 11 November 2014

RPP PAI KELAS X TENTANG HUSNUZHUN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
No. 01

Satuan Pendidikan                 :  SMKN 2 Banjarbaru
Mata Pelajaran                        :  Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
                                                   Dan terintegrasi dengan pendidikan PLH
Kelas / Semester                     :  X / 1 (Ganjil)
Materi Pokok                          :  1. QS. Al-Anfal (8): 72 Tentang Mujahadah
                                                  2. QS. Al-Hujurat (49): 12 Tentang Husnudzan
                                                  3. QS. Al-Hujurat (49): 10  Tentang  Ukhuwah
Alokasi Waktu                       :  3 x 3 Jampel

A.    KOMPETENSI  INTI
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin,tanggung jawab,peduli,santun,ramah lingkungan,gotong royong, kerjasama,cinta damai, responsif dan proaktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan,menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan ingintahunya tentan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memcahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta daam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan,


B.     KOMPETENSI  DASAR

1.      Menganalisis Q.S. al-Anfal (8): 72,al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah). (3.1)
2.      Memahami manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan (3.2)
3.      Membaca Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12; dan Q.S.al-Hujurat (49): 10 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf. (4.1.1)
4.      Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12; dan Q.S.al-Hujurat (49): 10, dengan lancar. (4.1.2)

C.    INDIKATOR  PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.      Menyebutkan arti Q.S. al-Anfal (8): 72,al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah).(3.1.1)
2.      Menjelaskan kandungan Q.S. al-Anfal (8): 72,al-Hujurat (49): 12, dan al-Hujurat (49): 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah). (3.1.2)
3.      Menyebutkan manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan. (3.2.1)
4.      Menjelaskan manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan. (3.2.2)
5.      Menjelaskan hukum Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12; dan Q.S.al-Hujurat (49): 10  dengan benar.(4.1.1.1)
6.      Mendemontrasikan bacaan Q.S. al-Anfal (8): 72; Q.S. al-Hujurat (49): 12; dan Q.S.al-Hujurat (49): 10 dengan tartil..(4.1.1.2)
7.      Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Anfal (8): 72 dengan lancar dan benar.(4.1.2.1)
8.      Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Hujurat (49): 12 dengan lancar dan benar.(4.1.2.2)
9.      Mendemonstrasikan hafalan Q.S.al-Hujurat (49): 10 dengan lancar dan benar.(4.1.2.3)
10.  Melakukan mujahadah an-nafs dengan memelihara lingkungan

D.    TUJUAN  PEMBELAJARAN

Setelah pembelajaran, Peserta didik mampu:
1)      Menyebutkan arti Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
2)      Menjelaskan makna isi kandungan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs),prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah).
3)       Mengidentifikasi hukum tajwid Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10.
4)      Mendemontrasikan bacaan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dengan tartil.
5)      Mendemontrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 dengan lancar.
6)      Menampilkan contoh perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi surah Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10, serta hadis terkait.
7)      Menampilkan perilaku control diri dengan tidak membuang sampah sembarangan

E.     MATERI  PEMBELAJARAN

1) QS Al-Anfal (8) ayat 72 berisi perintah kontrol diri (mujahadah an-nafs)
2) QS Al-Hujurat (49) ayat 12 berisi perintah berprasangka baik (husnudzan)
3) QS Al-Hujurat (49) ayat 10 berisi perintah menjaga persaudaraan (ukhuwah)
4) Mujahadah an-nafs artinya perjuangan sungguh-sungguh melawan hawa nafsu atau bersungguh-sungguh menghindari perbuatan yang melanggar hukum-hukum Allah SWT.
5) Menurut Al-Qur’an nafsu manusia ada tiga yaitu nafsu ammarah, nafsu lawwamah dan nafsu muthmainnah
6)Rasulullah SAW menyebut jihad melawan hawa nafsu sebagai jihad besar (jihadul akbar)
7) Orang beriman diperintahkan untuk berprasangka baik (husnudzan), baik itu husnudzan kepada Allah SWT, kepada sesama manusia, maupun kepada diri sendiri.
8) Persaudaraan (ukhuwah) diantara sesama mukmin adalah persaudaraan yang dilandasi oleh persamaan aqidah dan keimanan kepada Allah SWT.

F.  ALOKASI  WAKTU
1. Pertemuan 1  QS. Al-Anfal (8): 72 Tentang Mujahadah  (3 x 45 menit)
2. Pertemuan 2  QS. Al-Hujurat (49): 12 Tentang Husnudzan (3 x 45 menit)
3. Pertemuan 3  QS. Al-Hujurat (49): 10  Tentang  Ukhuwah  (3 x 45 menit)

G.  METODE
1.    Scientific Method (metode ilmiah)
2.    Contextual Teaching and Learning
3.    Direct Instruction (Model Pengajaran Langsung)

H.  MEDIA PEMBELAJARAN

Media
1. Video Pembelajaran
2. CD Pembelajaran Tajwid Interaktif
Alat
1.  Komputer
2.  LCD Projector
3.  Kartu berpasangan (matching card) lafadz dan artinya.

I.       SUMBER BELAJAR
1.         Kitab al-Quranul Karim dan terjemahnya, Depag RI
2.         Kitab Hadits Sohih
3.         Buku Teks Siswa PAI SMK Kelas X

J.      LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN          
Pertemuan           : Ke 1
Alokasi Waktu     : 3 x 130 menit

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
 a.          Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b.          Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
 c.          Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
d.          Secara bersama bertadarus al-Qur’an  (selama 5-10 menit)
 e.          Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
 f.          Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).

(20 Menit)

Inti
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.

a.    Mengamati
-       Menyimak bacaan dan mencermati isi kandungan  Q.S. al-Anfal (8): 72, serta hadits terkait.
-       Mencermati manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), melalui tayangan video atau media pembelajaran lainnya.

b.    Menanya
-       Menanyakan tentag isi kandungan Q.S. al-Anfal (8): 72. Menanyakan manfaat dan hikmah dari kontrol diri (mujahadah an-nafs), serta hadits terkait.

c.    Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Mendiskusikan isi kandungan  Q.S. al-Anfal (8): 72, serta hadits terkait;
-       Menganalisis asbabun nuzul/wurud Q.S. al-Anfal (8): 72, serta hadits terkait.
-       Mengidentifikasi sifat-sifat terpuji yag terkandung pada Q.S. al-Anfal (8): 72, serta hadits terkait;
-       Menganalisis manfaat dan hikmah sifa terpuji yang terdapat pada Q.S. al-Anfal (8): 72,serta hadits terkait.
d.    Mengasosiasi
-       Membuat kesimpulan dari isi kandungan Q.S. al-Anfal (8): 72, serta hadits terkait.

e.    Mengkomunikasikan:
-       Menpresentasikan isi kandungan, manfaat, dan hikmah sifat terpuji yang terdapat pada Q.S. al-Anfal (8): 72, serta hadits terkait secara individu maupun kelompok;
-       Menyampaikan hasil diskusi tentang manfaat dan hikmah sifat terpuji yang terdapat pada Q.S. al-Anfal (8): 72, serta hadits terkait.

(100 Menit)
Penutup
a.    Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca Q.S. al-Anfal (8): 72,sebagai penutup materi pembelajaran;
b.    Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca Q.S. al-Anfal (8): 72
c.    Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
d.   Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.


(15 Menit)

K.    PENILAIAN
a.         Tes (tertulis dan lisan)
b.        Non tes (tugas, observasi, dan portofolio)

Lembar Penilaian
1.    Tes Tertulis
No
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Jelaskan isi kandungan Q.S. al-Anfal (8): 72!
 Ayat ini menjelaskan tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs) !
2.
Jelaskan manfaat dan hikmah dari kontrol diri (mujahadah an-nafs) !
Tidak tergesa-gesa dalam menghadapi sesuatu.

-       Lisan (mempresantasikan hasil diskusi)

No.
Nama Peserta didik
Kemampuan Mempresentasikan
1
2
3
4
5
1.           1
Udin





2.           2
Nanang





3.           3
Utuh





Dst
Dst..........................





Keterangan :                                                                Skor Tes lisan :           
·      Mempresentasikan sangat baik                               = 80 – 90 = A
·      Mempresentasikan baik                                          = 70 – 79 = B
·      Mempresentasikan kurang baik                              = 60 – 69 = C
·      Mempresentasikan tidak lancar                              = 50 – 59 = D
·      Tidak dapat mempresentasikan                              = kurang dari 50 = E

2.    Non Tes
-       Tugas (mengidentifikasi manfaat dan hikmah perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs)
-       Observasi (mengamati perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik  terhadap teman sejawat atau orang lain;
-       Potofolio (tugas dan observasi dikerjakan di lembar kerja dan diserahkan kepada pendidik)

Pertemuan            : Ke 2
Alokasi Waktu     : 2 x 45 menit
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
a.      Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b.      Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
c.      Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
d.      Secara bersama bertadarus al-Qur’an  (selama 5-10 menit)
e.      Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
f.      Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).

(20 Menit)

Inti
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a.      Mengamati
-       Menyimak bacaan dan mencermati isi kandungan QS al-Hujurat (49): 12, serta hadits terkait.
-       Mencermati manfaat dan hikmah prasangka baik (husnuzzhan) melalui tayangan video atau media pembelajaran lainnya.
b.          Menanya
-       Menanyakan tentag isi kandungan Q.S.al-Hujurat (49): 12
-       Menanyakan manfaat dan hikmah dari prasangka baik (husnuzzhan) serta hadits terkait.
c.          Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Mendiskusikan isi kandungan  Q.S. al-Hujurat (49): 12,  serta hadits terkait;
-       Menganalisis asbabun nuzul/wurud Q.S. al-Hujurat (49): 12, serta hadits terkait.
-       Mengidentifikasi sifat-sifat terpuji yag terkandung pada Q.S.al-Hujurat (49): 12, serta hadits terkait;
-       Menganalisis manfaat dan hikmah sifa terpuji yang terdapat pada QS al-Hujurat (49): 12, serta hadits terkait.
   d.     Mengasosiasi
-       Membuat kesimpulan dari isi kandungan Q.S.al-Hujurat (49): 12,serta hadits terkait.
    e.     Mengkomunikasikan:
-       Menpresentasikan isi kandungan, manfaat, dan hikmah sifat terpuji yang terdapat pada Q.S. al-Hujurat (49): 12,serta hadits terkait secara individu maupun kelompok
-       Menyampaikan hasil diskusi tentang manfaat dan hikmah sifat terpuji yang terdapat pada Q.S. al-Hujurat (49): 12, serta hadits terkait.

(100 Menit)
Penutup
a.       Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca Q.S. al-Hujurat (49): 12, sebagai penutup materi pembelajaran;
b.      Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca Q.S.al-Hujurat (49): 12.
c.       Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
d.      Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.

(15 Menit)

PENILAIAN
a.       Tes (tertulis dan lisan)
b.      Non tes (tugas, observasi, dan portofolio)
Lembar Penilaian
1.      Tes Tertulis
No
Butir – butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Jelaskan isi kandungan Q.S. al-Hujurat (49): 12!
Ayat ini menjelaskan tentang prasangka baik husnuzzhan)
2.
Jelaskan isi kandungan Q.S. al-Hujurat (49): 10 !
Ayat ini menjelaskan tentang persaudaraan (ukhuwah) !
3.
Jelaskan manfaat dan hikmah dari prasangka baik (husnuzzhan) !
Terhindar dari berburuk sangka,
akan selalu dihargai dan dihormati orang lain.

-       Lisan (mempresantasikan hasil diskusi)
No.
Nama Peserta didik
Kemampuan Mempresentasikan
1
2
3
4
5
4.           1
Adul





5.           2
Khadijah





6.           3
Idah





Dst
Dst..........................





Keterangan :                                                                Skor Tes lisan :           
·      Mempresentasikan sangat baik                               = 80 – 90 = A
·      Mempresentasikan baik                                          = 70 – 79 = B
·      Mempresentasikan kurang baik                              = 60 – 69 = C
·      Mempresentasikan tidak lancar                              = 50 – 59 = D
·      Tidak dapat mempresentasikan                              = kurang dari 50 = E

2.      Non Tes
-       Tugas (mengidentifikasi manfaat dan hikmah perilaku prasangka baik (husnuzzhan) yang terdapat pada Q.S.al-Hujurat (49): 12.
-       Observasi (mengamati perilakuprasangka baik (husnuzzhan) terhadap teman sejawat atau orang lain;
-       Potofolio (tugas dan observasi dikerjakan di lembar kerja dan diserahkan kepada pendidik)
Pertemuan            : Ke 3
Alokasi Waktu     : 3x 130 menit
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
a. Memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoa bersama.
b. Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
c.   Peserta didik menyiapkan kitab suci al-Qur’an
d. Secara bersama bertadarus al-Qur’an  (selama 5-10 menit)
e. Menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar serta indikator yang akan dicapai.
f. Menanyakan materi yang pernah diajarkan (Appersepsi).

(20 Menit)

Inti
Dalam kegiatan inti, pendidik dan para peserta didik melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut.
a.    Mengamati
-       Menyimak dan mencermati bacaan Q.S. al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait melalui tayangan video atau media pembelajaran lainnya.
b.    Menanya
-       Menanyakan tentang cara membaca Q.S. al-Hujurat (49): 10,
-       Menanyakan cara membaca Q.S. al-Hujurat (49): 10, serta hadits terkait.
c.    Mengumpulkan data/eksplorasi
-       Mendiskusikan cara-cara membaca Q.S. al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait;
-       Mengidentifikasi hukum bacan pada Q.S. al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait.
d.    Mengasosiasi
-       Membuat kesimpulan tentang cara membaca Q.S. al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait.
e.    Mengkomunikasikan:
-       Mempraktikkan cara membaca Q.S. al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait secara individu maupun kelompok;
-       Menyampaikan hasil diskusi tentang cara membaca Q.S. al-Hujurat (49): 10 serta hadits terkait.
(100 Menit)
Penutup
a.    Pendidik meminta agar para peserta didik sekali lagi membaca Q.S. al-Hujurat (49): 10sebagai penutup materi pembelajaran;
b.    Pendidik meminta agar para peserta didik membiasakan membaca Q.S. al-Hujurat (49): 10;
c.    Pendidik menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doa;
d.   Pendidik mengucapkan salam kepada para peserta didik sebelum keluar kelas dan peserta didik menjawab salam.
(15 Menit)
No.
Butir-butir Soal
Kunci Jawaban
1.
Tulislah Q.S. Al-Anfal (8): 72 !
¨bÎ) z`ƒÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#rãy_$ydur (#rßyg»y_ur óOÎgÏ9ºuqøBr'Î/ öNÍkŦàÿRr&ur Îû È@Î6y «!$# tûïÏ%©!$#ur (#rur#uä (#ÿrçŽ|ÇtR¨r y7Í´¯»s9'ré& öNåkÝÕ÷èt/ âä!$uÏ9÷rr& <Ù÷èt/ 4 tûïÏ%©!$#ur (#qãZtB#uä öNs9ur (#rãÅ_$pkç $tB /ä3s9 `ÏiB NÍkÉJu»s9ur `ÏiB >äóÓx« 4Ó®Lym (#rãÅ_$pkç 4 ÈbÎ)ur öNä.rçŽ|ÇZoKó$# Îû ÈûïÏd9$# ãNà6øn=yèsù çŽóǨZ9$# žwÎ) 4n?tã ¤Qöqs% öNä3oY÷t/ NæhuZ÷t/ur ×,»sVŠÏiB 3 ª!$#ur $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ׎ÅÁt/ ÇÐËÈ  
2.
Tulislah Q.S. Al-Hujurat (49): 12 !
$pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qç7Ï^tGô_$# #ZŽÏWx. z`ÏiB Çd`©à9$# žcÎ) uÙ÷èt/ Çd`©à9$# ÒOøOÎ) ( Ÿwur (#qÝ¡¡¡pgrB Ÿwur =tGøótƒ Nä3àÒ÷è­/ $³Ò÷èt/ 4 =Ïtär& óOà2ßtnr& br& Ÿ@à2ù'tƒ zNóss9 ÏmŠÅzr& $\GøŠtB çnqßJçF÷d̍s3sù 4 (#qà)¨?$#ur ©!$# 4 ¨bÎ) ©!$# Ò>#§qs? ×LìÏm§ ÇÊËÈ  
3.
Tulislah Q.S. Al-Hujurat (49): 10 !
$yJ¯RÎ) tbqãZÏB÷sßJø9$# ×ouq÷zÎ) (#qßsÎ=ô¹r'sù tû÷üt/ ö/ä3÷ƒuqyzr& 4 (#qà)¨?$#ur ©!$# ÷/ä3ª=yès9 tbqçHxqöè? ÇÊÉÈ  
4.
Lengkapi kalimat belrikut ini !
$yJ¯RÎ) tbqãZÏB÷sßJø9$# ×………….. (#qßsÎ=ô¹r'sù y
×ouq÷zÎ)
5.
Tunjukkan bacaan tajwid pada kata yang bergaris bawah berikut ini !
×ouq÷zÎ)#qßsÎ=ô¹r'sùtû÷üt/ö/ä3÷ƒuqyzr&
Mad asli karena ada tanda baca dhomah berhadapan dengan waw mati

Penilaian
a.      Tes (tulis dan lisan)
b.      Non tes (tugas, observasi, dan portofolio
Lembar Penilaian
1.    Tes
-       Tes Tulis
-       Tes Lisan
No.
Nama Peserta didik
Kemampuan Membaca
1
2
3
4
5
7.           1
Amar





8.           2
Amir





9.           3
Umar





Dst
Dst..........................





Keterangan :                                                                Skor Tes Perbuatan :  
·      Membaca lancar dan baik                                       = 80 – 90 = A
·      Membaca lancar kurang baik                                  = 70 – 79 = B
·      Membaca terbata-bata                                            = 60 – 69 = C
·      Membaca terbata-bata dibantupendidik                 = 50 – 59 = D
·      Tidak dapat membaca                                            = kurang dari 50 = E

2.    Non Tes
-       Tugas (menyalin Q.S. al-Hujurat (49): 10)
-       Observasi (mengamati dan mengidentifikasi hukum bacaan tajwid yang ada pada Q.S. al-Hujurat (49): 10 dengan memberi tanda dan menjelaskannya)
-       Potofolio (tugas dan observasi dikerjakan di lembar kerja dan diserahkan kepada pendidik)




Mengetahui
Kepala Sekolah



Drs.Parjiono,M.Pd
NIP.19630630 199403 1 005

Banjarbaru , 11  Agustus 2014
Pendidik Bidang Studi PAI



Kamrani. S.Ag
NIP. 19750808 200604 1 019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SURGA FIRDAUS IMPIAN ORANG BERIMAN

                                                             SURGA FIRDAUS      Setiap muslim pasti ingin masuk kedalam surga dan mereka b...