Minggu, 29 Januari 2023

RRP BAHASA ARAB KELAS X TENTANG :QIRA’AH.: البيانات الشحصية

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

No. ......

 

Satuan Pendidikan                  : SMKN 2 Banjarbaru

Mata Pelajaran / Tema             : Bahasa Arab / QIRA’AH.: البيانات الشحصية

Kelas/Semester                        : X/Ganjil.

Alokasi Waktu                        : 90 menit Jam Pelajaran.

A.    Kompetensi Inti

1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif, dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, tehnologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

 

B.     Kompetensi Dasar

1          .KD pada KI. 1:

1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.

2          KD pada KI. 2

2.1.Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman

3          KD pada KI. 3

3.1Mendemonstrasikan tindak tutur menyapa (salam, menanyakan keadaan), memperkenalkan diri (ta’aruf), mengucapkan terima kasih (taqdim al-syukr), meminta maaf (al-isti’fa), dan berpamitan (wada’an), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sesuai dengan konteks penggunaannya.

 

4          KD pada KI. 4

4.1  Menggunakan tindak tutur menyapa (salam, menanyakan keadaan), memperkenalkan diri (ta’aruf), mengucapkan terima kasih (taqdim al- syukr), meminta maaf (al isti’fa), dan berpamitan (wada’an), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

 

C.    Indikator Pencapaian Kompentensi

1              Indikator KD pada KI.1

1.1.1.      Mensyukuri segala kenikmatan yang diberikan oleh Alloh Ta’ala

1.1.2.      Membaca do’a dengan khusyu’

2.            Indikator KD pada KI. 2

2.1.1.      Menunjukkan perilaku jujur dan tanggung jawab dalam menyampaikan informasi lisan.

3.            Indikator KD pada KI. 3

3.1.1        Membaca nyaring kata, frase dan kalimat dalam bahasa Arab

3.1.2        Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frase dan kalimat dalam bahasa Arab

3.1.3        Menentukan tema bacaan

 

4               Indikator KD pada KI. 4

4.1.1        Menyampaikan Informasi lisan dalam bahasa Arab

4.1.2        Menyampaikan informasi tulisan dalam bahasa Arab.

 

D.    Materi Pembelajaran

QIRA’AH :  البيانات الشحصية.

 

E.     Kegiatan Pembelajaran

 

Tahap

RincianKegiatan

Waktu

Pendahuluan

§  Mengucap salam dan memulai kegiatan pembelajaran dengan berdoa bersama-sama.

§  Membaca beberapa ayat Al-Qur’an bersama-sama untuk menambah keimanan.

§  Absensi siswa

§  Appersepsi

§  Memotivasi siswa

§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akandipelajari.

10

Inti

Mengamati

§  Siswa membaca / mengamati buku atau gambar

§  Guru memanfaatkan audio / guru membacakan materi, siswa  menyima’

 

Menanya

§  Menanyakan Lafal kata, frase dan kalimat yang telah didengar.

§  Menanyakan makna kata

 

Mengeksplorasi / Mencoba / Eksperimen

§  Masing – masing siswa membaca teks qiro’ah secara bergantian bersambung.

 

Menalar / Mengasosiasi

§  Kelas dibagi beberapa kelompok.

§  Masing – masing kelompok membahas tentang identifikasi bentuk dan tema wacana, menentukan makna dan gagasan serta menentukan syakl atau harokat sempurna.

§  Masing – masing kelompok menyimpulkan hasil diskusi.

 

Mengomunikasikan

§  Masing – masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi baik secara lisan maupun tulisan.

§  Siswa bersama guru melakukan konfirmasi terhadap hasil diskusi.

70

Penutup

§  Guru bersama siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan.

§  Guru bersama siswa menyimpulkan pembelajaran.

§  Penilaian.

§  Guru memberi tugas ( kondisional )

§  Guru menyampaikan rencana / topik pembelajaran untuk pertemuan yang akan datang.

§  Sebelum guru menutup dengan do’a dan salam, guru memberi pesan moral.

10

 

 

F.     Media,Alat,Bahan/ SumberBelajar

1.         Media                                    : slide pembelajaran/ video

2.         Alat                                        : laptop dan LCD projector

3.         Bahan/

Sumber Belajar                    :Buku siswa dan buku pegangan guru

 

 

G.    Penilain Hasil Belajar.

a.      Teknik Penilaian.

NO

Aspek yang dinilai

Teknik

Waktu

1

KI. 1

Non Test (pengamatan / observasi)

PBM

2

KI. 2

Non Test (pengamatan / observasi)

PBM

3

KI. 3

Test

PBM

4

KI. 4

Unjuk kerja

PBM

 

b.      Bentuk dan Instrumen Penilaian, serta Pedoman Penilaian.

1)      KI. 1.

 

PEDOMAN OBSERVASI SIKAP SPIRITUAL

 

Petunjuk :

Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual siswa. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh siswa, dengan criteria sebagai berikut :

        4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

        3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan

        kadang-kadang tidak melakukan

        2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan

        Sering tidak melakukan

        1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

 

NamaSiswa : ………………….

Kelas                                   : ………………….

Tanggal Pengamatan          : …………………..

Materi Pokok                      : …………………..

No

Aspek Pengamatan

1

2

3

4

1

Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu

2

Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan

3

Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi

4

Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan

5

Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan

Jumlah Skor

 

LEMBAR PENILAIAN DIRI

SIKAP JUJUR

 

Nama Siswa    :           ………………….

Kelas                           :………………….

Materi Pokok              :………………….

Tanggal                       :………………….

PETUNJUK

         Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti

         Berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan  kalian sehari-hari

 

No

Pernyataan

TP

KD

SR

SL

1

Saya tidak menyontek pada saat mengerjakan ulangan

2

Saya menyalin karya orang lain dengan menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas

3

Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang

4

Saya berani mengakui kesalahan yang saya dilakukan

5

Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain

 

Keterangan :

       SL = Selalu  , apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

       SR = Sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan

       KD = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan

       TP  = Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

 

2)      KI. 2

Lembar Penilaian Antar siswa

Sikap Disiplin

(PENILAIAN TEMAN SEJAWAT)

 

Petunjuk :

Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggungjawab yang ditampilkan oleh siswa, dengan criteria sebagai berikut :

            4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan

            3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan  kadang-kadang tidak

       melakukan

            2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan

            1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

 

Nama Siswa yang dinilai        : ………………….

Kelas                                       : ………………….

Tanggal Pengamatan               : …………………..

Materi Pokok                          : …………………..

 

No

Aspek Pengamatan

Skor

1

2

3

4

1

Masuk kelas tepat waktu

2

Mengumpulkan tugas tepat waktu

3

Memakai seragam sesuai tatatertib

4

Mengerjakan tugas yang diberikan

5

Tertib dalam mengikuti pembelajaran

6

Membawa buku teks sesuai mata pelajaran

Jumlah Skor

 

Petunjuk Penskoran KI. 1 dan KI. 2:

Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4

Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

     

                                                

Contoh :

Skor di peroleh( SD )= ...., skor maksimal ( SM ) = 4 x 6 pernyataan = 24, maka skor akhir :

X 4 = Skor Akhir

SD

SM

Siswa memperoleh nilai :

SangatBaik      : apabila memperoleh skor  : 3.33  <skor< 4.00

Baik                 : apabila memperoleh skor  : 2.33  <skor< 3.33

Cukup             : apabila memperoleh skor  : 1.33  <skor< 2.33

 

3)      KI. 3

LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN

 

1        Pilihlah / tulislah apa yang didengar ( sesuai petunjuk pertanyaan )

2        Sampaikan apa yang telah di dengar baik secara lisan ataupun tulisan.

Pedoman penilaian : Konversi dari nilai puluhan ke satuan.

 

4)      KI. 4

-          Proses diskusi kelompok dan penyampaian pesan hasil disku

 

Keterangan :

1.    Partisipasi bahan

2.    Keaktifan mengikuti kegiatan

3.    Keaktifan ( saran, usul, bertanya )

4.    Keaktifan mendemonstrasikan / menyampaikan hasil

X 100

Skor Akhir = SD

    SM

 

 

 

Banjarbaru,.............

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

 

..............................................

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

....................................

SURGA FIRDAUS IMPIAN ORANG BERIMAN

                                                             SURGA FIRDAUS      Setiap muslim pasti ingin masuk kedalam surga dan mereka b...