Surah At- Tiin ini diturunkan di Mekah sebanyak 8 ayat, berbicara
tentang rahasia penciptaan manusia sebagai makhluk yang terbaik yang pernah ada
di alam semesta. Hal ini langsung dikatakan Allah dalam ayat ke 4 surat ini.
Masih tersisa beberapa poin penting dalam ayat ini yang perlu dibuka rahasia
kecerdasannya. Misalkan tentang buah tiin, zaitun dan bukit thursina sebagai
perangkat balad al amin ( negeri yang aman ) apa maksud dari ayat tersebut .
A.
MEMBACA QS. AT- Tiin 1 – 8
Bacaalah surah At-Tiin dibawah ini dengan tartil !
وَالتِّيْنِ
وَالزَّيْتُوْنِ (1) وَطُوْرِ سِيْنِيْنَ (2) وَهَذَا الْبَلَدِ الْأَمِيْنِ (3)
لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيْمٍ (4) ثُمَّ رَدَدْنَاهُ
أَسْفَلَ سَافِلِيْنَ (5) إِلَّا الَّذِيْنَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ
أَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُوْنٍ (6) فَمَا يُكَذِّبُكَ بَعْدُ بِالدِّيْنِ (7) أَلَيْسَ
اللَّهُ بِأَحْكَمِ الْحَاكِمِيْنَ (8)
1.
Arti
Perkata:
Arti
|
Lafazh
|
Arti
|
Lafazh
|
Orang-orang
|
الَّذِيْنَ
|
Dan
demi buah tiin
|
وَالتِّيْنِ
|
Yang
beriman
|
آمَنُوا
|
Dan
demi buah Zaitun
|
وَالزَّيْتُوْنِ
|
Dan
orang yang beramal
|
وَعَمِلُوا
|
Dan
demi bukit sinai
|
وَطُوْرِ سِيْنِيْنَ
|
Baik
(sholeh)
|
الصَّالِحَاتِ
|
Dan
ini
|
وَهَذَا
|
Maka
bagi mereka
|
فَلَهُمْ
|
Negeri
|
الْبَلَدِ
|
Pahala
|
أَجْرٌ
|
Yang
aman
|
الْأَمِيْنِ
|
Yang
tiada
|
غَيْرُ
|
Sesungguhnya
|
لَقَدْ
|
Yang
terputus-putus
|
مَمْنُوْنٍ
|
Kami
ciptakan
|
خَلَقْنَا
|
Maka
apakah
|
فَمَا
|
Manusia
|
الْإِنْسَانَ
|
menyebabkan
kamu mendustakan
|
يُكَذِّبُكَ
|
Dalam
|
فِي
|
Sesudah
|
بَعْدُ
|
Sebaik-baik
|
أَحْسَنِ
|
Keterangan-keterangan
itu (hari) pembalasan
|
بِالدِّيْنِ
|
Bentuk
(Penciptaan)
|
تَقْوِيْمٍ
|
Bukankah
|
أَلَيْسَ
|
Kemudian
|
ثُمَّ
|
Allah
|
اللَّهُ
|
Kami
kembalikan
|
رَدَدْنَاهُ
|
Hakim
|
بِأَحْكَمِ
|
Dia
ketempat
|
أَسْفَلَ
|
yang seadil-adilnya?
|
الْحَاكِمِيْنَ
|
Yang
serendah-serendahnya (neraka)
|
سَافِلِيْنَ
|
|
|
Kecuali
|
إِلَّا
|
Lafazhkanlah
kalimat-kalimat diatas sambil mengingat artinya !
|
2. Arti selengkapnya :
1. Demi
(buah) Tin dan (buah) Zaitun
2. Dan demi bukit Sinai
3. Dan demi kota (Mekah) ini yang aman,
4. Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang
sebaik-baiknya
5. Kemudian Kami kembalikan Dia ke tempat yang serendah-rendahnya
(neraka),
6.
Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh; Maka bagi
mereka pahala yang tiada
putus-putusnya.
7.
Maka Apakah yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya
keterangan-keterangan) itu?
8. Bukankah Allah hakim yang seadil-adilnya?
B. MENGANALISIS HUKUM
BACAAN DAN KANDUNGAN QS. AT-TIIN ( 97 ) ; 1-8
Hukum bacaan yang terdapat pada QS.
At-Tiin ayat 1 – 8 dapat dilihat pada tabel
berikut ini !
AYAT
|
HUKUM BACAAN
|
SEBAB
|
وَالتِّيْنِ
وَالزَّيْتُوْنِ
|
Alif lam Syamsiah
Mad Arid Lis Sukun
|
· Alif Lam bertemu huruf Ta dan Zai
( ت
, ز ) dan dibaca samar
· Apabila ada mad thobi’i atau mad lien
sesudahnya ada waqaf/ tempat berhenti
|
وَطُوْرِ
سِيْنِيْنَ
|
Mad Thabii
Mad Arid Lis Sukun
|
· Ada huruf Waw ( وْ )
berbaris mati
· Apabila ada mad thobi’i atau mad lien
sesudahnya ada waqaf/ tempat berhenti
|
وَهَذَا
الْبَلَدِ الْأَمِيْنِ
|
Alif lam Qomariyyah
Mad Arid Lis Sukun
|
· Alif Lam
bertemu huruf Ba
( ب ) dan dibaca jelas
· Apabila ada mad thobi’i atau mad lien
sesudahnya ada waqaf / tempat berhenti
|
لَقَدْ
خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيْمٍ
|
Qalqalah
Alif lam Qomariyyah
Ikhfa
Mad Arid Lis Sukun
|
· Ada huruf qalqalah
Dal dan Qaf ( د, ق ) yang berbaris mati
· Alif Lam
bertemu huruf Alif
( ا ) dan dibaca jelas
· Nun ( نْ )
mati bertemu huruf sin ( س )
· Apabila ada mad thobi’i atau mad lien
sesudahnya ada waqaf / tempat berhenti
|
ثُمَّ رَدَدْنَاهُ
أَسْفَلَ سَافِلِيْنَ
|
Gunnah musyaddah
Qalqalah
Mad Arid Lis Sukun
|
· Ada huruf Mim ( مّ )
bertasydid
· Ada huruf qalqalah
Dal ( د ) yang berbaris mati
· Apabila ada mad thobi’i atau mad lien
sesudahnya ada waqaf/ tempat berhenti
|
إِلَّا
الَّذِيْنَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ أَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُوْنٍ
|
Alif lam Syamsiah
Qalqalah sughra
Izhar syafawi
Mad Arid Lis Sukun
|
· Alif Lam bertemu huruf Shad
( ص ) dan dibaca samar
· Ada huruf qalqalah Jim
( ج ) yang berbaris
mati
· Mim ( مْ ) mati bertemu huruf alif ( أ )
· Apabila ada mad thobi’i atau mad lien
sesudahnya ada waqaf / tempat berhenti
|
فَمَا
يُكَذِّبُكَ بَعْدُ بِالدِّيْنِ
|
Mad Thabi
Alif lam syamsiah
Mad Arid Lis Sukun
|
· Ada huruf Alif ( ا ) sesudah mim yang berbaris fathah
· Alif Lam bertemu huruf dal
( د ) dan dibaca samar
· Apabila ada mad thobi’i atau mad lien
sesudahnya ada waqaf/ tempat berhenti
|
أَلَيْسَ
اللَّهُ بِأَحْكَمِ الْحَاكِمِيْنَ
|
Alif lam Qomariyyah
Mad Arid Lis Sukun
|
· Alif Lam bertemu huruf ha (
ح ) dan dibaca jelas
· Apabila ada mad thobi’i atau mad lien
sesudahnya ada waqaf / tempat berhenti
|
Bacalah
berulang –ulang hukum bacaan diatas
sesuai makhrajul hurufnya !
|
Dengan memperhatikan hukum bacaan maka kita hendaknya juga bisa
menerapkan tajwid dalam perilaku sehari hari. Contoh; masalah yang pendek tidak
perlu diperpanjang, sesuatu yang jelas tidak boleh disamarkan, sesuatu yang
berdengung haruslah didengungkan. Apabila semua itu sesuai maka diri akan
mempunyai akhlaq yang indah seperti tajwid yang indah.
Setelah kita membaca dan
mengartikannya satu persatu dapat ditarik kesimpulan bahwa QS. At-Tiin ; 1 – 8
mengandung pelajaran sebagai berikut :
1.
At-Tiin
di simbolkan kepada makanan ( buah yang dapat dimakan ) dan tempat tinggal Nabi
Nuh, Yaitu Damaskus yang banyak pohon Tiin.
2.
Zaitun
disimbolkan pada minuman ( buah yang dapat dibuat minyak ) dan zaitun ialah
Baitul Maqdis yang banyak tumbuh Zaitun.
3.
Bukit Sinai di simbolkan dengan sesuatu yang kokoh
atau kuat dan tempat Nabi Musa a.s. menerima wahyu dari Tuhannya.
4.
Kota
Mekkah adalah kota yang aman.
5.
Manusia
diciptakan dalam dalam bentuk yang paling baik.
6.
Siapa
yang tidak mensyukuri penciptaannya itu maka akan dimasukkan kedalam neraka.
7.
Orang
yang terhindar dari api neraka adalah orang-orang yang beriman dan beramal
sholeh.
8.
Hari
pembalasan itu pasti benar adanya.
9.
Allah
Swt adalah hakim yang paling adil.
C.
MENULIS
QS. AT- TIIN 1- 8
Dengan panduan
cara menulis maka mulailah kita menulis surah At Tiin 1-8 dengan benar dengan
metode imla. Agar kita dapat menulis dengan baik dan benar maka kita harus
memperhatikan tata letak huruf pada posisi awal, tengah dan akhir. Dalam
kehidupan sehari hari kita harus bisa menempatkan diri kita sebagaimana
mestinya, seorang siswa haruslah menempatkan dirinya sebagai siswa pada saat di
sekolah dan menempatkan dirinya sebagai anak pada saat di rumah. Salah
menempatkan diri akan berakibat kurang indahnya akhlak kita. Orang yang
berakhlak mulia adalah orang yang bisa menempatkan sesuatu pada tempatnya.
Tulislah dengan rapi dan benar sesuai dengan kaidah penulisan !
وَالتِّيْنِ وَالزَّيْتُوْنِ (1) وَطُوْرِ سِيْنِيْنَ (2)
وَهَذَا الْبَلَدِ الْأَمِيْنِ (3) لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ
تَقْوِيْمٍ (4) ثُمَّ رَدَدْنَاهُ أَسْفَلَ سَافِلِيْنَ (5) إِلَّا الَّذِيْنَ
آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ أَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُوْنٍ (6) فَمَا
يُكَذِّبُكَ بَعْدُ بِالدِّيْنِ (7) أَلَيْسَ اللَّهُ بِأَحْكَمِ الْحَاكِمِيْنَ
(8)