KISI SOAL USBN PAI SMA / SMK PROPINSI KALIMANTAN
SELATAN
TAHUN 2015/2016
NO
|
STANDAR KOMPETENSI /K I.3
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR SOAL
|
NO. URUT
|
1.
|
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai
khalifah di bumi.
|
Membaca QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An
Nahl; 78.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang manusia dan
tugasnya sebagai khalifah di bumi, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum
bacaan tajwid.
|
1.
|
2.
|
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi.
|
Menyebutkan arti QS Ali Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38.
|
Ditampilkan penggalan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang
demokrasi, peserta didik dapat menunjukkan terjemahannya.
|
2.
|
3.
|
Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang perintah menyantuni kaum Dhu’afa.
|
Menampilkan perilaku menyantuni kaum Dhu’afa seperti terkandung dalam QS.
al Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah : 177
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang menyantuni kaum
Dhu’afa, peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang sesuai dengan ayat
tersebut.
|
3.
|
4.
|
Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian
lingkungan hidup.
|
Menjelaskan arti QS Ar Rum: 41- 42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad:
27.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang perintah menjaga
kelestarian lingkungan hidup, peserta didik dapat mengartikan penggalan teks
ayat tersebut.
|
4
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang perintah menjaga
kelestarian lingkungan hidup, peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungan
ayat tersebut
|
5
|
|||
5.
|
Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang anjuran bertoleransi.
|
Membaca QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan QS Al-Kahfi: 29.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang anjuran
bertoleransi yang tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi ayat
tersebut.
|
6.
|
Menjelaskan arti QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan QS Al-Kahfi: 29.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang anjuran
bertoleransi, peserta didik dapat menunjukkan kandungan ayat tersebut.
|
7.
|
||
Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS
Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan QS Al-Kahfi: 29.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang anjuran
bertoleransi, peserta didik dapat menerapkan perilaku yang sesuai dengan ayat
tersebut.
|
8.
|
||
NO
|
STANDAR KOMPETENSI/K I.3
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR SOAL
|
NO. URUT
|
6.
|
Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang etos kerja.
|
Membaca QS Al-Mujadalah: 11 dan QS Al-Jumuah: 9-10.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang etos kerja, peserta
didik dapat menunjukkan hukum bacaan ayat tersebut.
|
9
|
Membiasakan beretos kerja seperti terkandung dalam QS Al-Mujadalah: 11,
dan QS Al-Jumuah: 9-10.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang etos kerja, peserta
didik dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan ayat tersebut.
|
10.
|
||
7.
|
Memahami ayat-ayat al Quran tentang pengembangan IPTEK.
|
Menjelaskan arti QS Yunus: 101 dan QS Al-Baqarah: 164.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat / penggalan ayat Al Qur’an tentang
IPTEK, peserta didik dapat menunjukkan terjemahan ayat tersebut.
|
11.
|
Melakukan pengembangan IPTEK seperti terkandung dalam QS Yunus: 101 dan
QS Al-Baqarah: 164.
|
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang IPTEK, peserta
didik dapat menunjukkan contoh pengembangan IPTEK sesuai dengan kandungan
ayat tersebut.
|
12.
|
||
8.
|
Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya
dalam Asmaul Husna.
|
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah
dalam Asmaul Husna.
|
Disajikan narasi tentang sifat Allah yang berkaitan dengan kehidupan
manusia, peserta didik dapat menganalisis makna salah satu dari 10 sifat
Allah SWT dalam Asma’ ulHusna.
|
13.
|
9.
|
Meningkatkan keimanan kepada Malaikat.
|
Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat
|
Disajikan narasi tentang perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari,
peserta didik dapat menunjukkan tanda tanda beriman kepada Malaikat.
|
14.
|
10.
|
Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah.
|
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab
Allah.
|
Disajikan contoh kasus tentang kehidupan di masyarakat, peserta didik
dapat menunjukkan contoh perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap
Kitab-kitab Allah.
|
15
|
11
|
|
Menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah.
|
Ditampilkan kisah singkat seorang Rasul Allah, peserta didik dapat
menunjukkan hikmah beriman kepada Rasul-rasul Allah.
|
16.
|
NO
|
STANDAR KOMPETENSI/K I.3
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR SOAL
|
NO. URUT
|
|
|
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Disajikan contoh kasus tentang kehidupan di masyarakat, peserta didik
dapat mengidentifikasi contoh sikap beriman kepada Rasul-rasul Allah.
|
17.
|
12
|
|
Menjelaskan kehidupan setelah Hari
Akhir.
|
Disajikan ilustrasi peristiwa hari akhir, peserta didik dapat menjelaskan
fase-fase kehidupan akhirat.
|
18.
|
Menerapkan hikmah beriman kepada hari akhir.
|
Ditampilkan narasi tentang hari akhir, peserta didik dapat menganalisis
hikmah beriman kepada hari akhir.
|
19.
|
||
13.
|
Meningkatkan keimanan kepada qadha dan qadar.
|
Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha’ dan qadar.
|
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan seseorang, peserta didik dapat
menunjukkan contoh sikap menerima qadar Allah SWT.
|
20
|
14
|
|
Menyebutkan contoh-contoh perilaku husnuzzhan terhadap Allah, diri
sendiri dan sesame manusia.
|
Disajikan deskripsi tentang kebiasaan berperilaku terpuji, peserta didik
dapat menunjukkan contoh husnuzzhan terhadap sesama manusia.
|
21.
|
Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan,
bertamu atau menerima tamu.
|
Disajikan ilustrasi tentang bepergian jauh, peserta didik dapat memilih
contoh do’a bepergian jauh.
|
22.
|
||
Membiasakan perilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Disajikan ilustrasi tentang kebiasaan berperilaku terpuji, peserta didik
dapat menentukan contoh perilaku raja.
|
23.
|
||
Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Disajikan ilustrasi tentang kebiasaan menghargai karya orang lain,
peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku menghargai karya orang lain.
|
24
|
||
NO
|
STANDAR KOMPETENSI/K I.3
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR SOAL
|
NO. URUT
|
15
|
|
Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari
|
Disajikan deskripsi tentang perilaku seseorang, peserta didik dapat
menunjukkan cara menghindari perbuatan dosa besar.
|
25.
|
Menampilkan contoh perilaku adil, ridha dan amal shaleh
|
Disajikan ilustrasi tentang kebiasaan perilaku terpuji, peserta didik
dapat mengidentifikasi contoh perilaku ridha.
|
26.
|
||
Membiasakan perilaku adil, ridha dan amal shaleh dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Disajikan narasi tentang kebiasaan perilaku terpuji, peserta didik dapat
menentukan contoh perilaku adil dalam memimpin.
|
27.
|
||
Menampilkan contoh perilaku persatuan dan kerukunan.
|
Disajikan ilustrasi tentang kebiasaan berperilaku terpuji, peserta didik
dapat menunjukkan hikmah menjaga persatuan.
|
28
|
||
Membiasakan perilaku persatuan dan kerukunan.
|
Disajikan deskripsi tentang kebiasaan perilaku terpuji, peserta didik
dapat mengidentifikasi perilaku membangun kerukunan.
|
29.
|
||
16.
|
Menghindari Perilaku Tercela.
|
Menjelaskan contoh perilaku Isyraf, Tabzir, Ghibah dan Fitnah.
|
Disajikan ilustrasi tentang kebiasaan berperilaku tercela, peserta didik
dapat menunjukkan cara menghindari tabzir.
|
30.
|
Menghindari perilaku Isyrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah dalam kehidupan
sehari-hari
|
Disajikan ilustrasi tentang perilaku tercela, peserta didik dapat
menentukan hikmah menghindari perilaku ghibah.
|
31.
|
||
17
|
Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah.
|
Menyebutkan pengertian kedudukan dan fungsi
Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
|
Disajikan pernyataan tentang sumber hukum Islam, peserta didik dapat
menunjukkan kedudukan hadits sebagai sumber hokum Islam.
|
32.
|
Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari.
|
Disajikan ilustrasi tentang fenomena kehidupan di masyarakat, peserta
didik dapat menunjukkan hukum taklifi dari fenomena tersebut.
|
33.
|
||
NO
|
STANDAR KOMPETENSI/K I.3
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR SOAL
|
NO. URUT
|
18.
|
Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf.
|
Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf.
|
Disajikan wacana tentang erma salahan zakat, peserta didik dapat
menunjukkan undang-undang zakat di Indonesia.
|
34.
|
19
|
Memahami hukum Islam tentang Mu’amalah
|
Menjelaskan azas-azas transaksi ekonomi dalam Islam.
|
Disajikan deskripsi tentang ekonomi Islam, peserta didik dapat
mengidentifikasi transaksi sesuai dengan ketentuan syariah.
|
35.
|
Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam Islam.
|
Disajikan ilustrasi tentang kerjasama ekonomi dalam Islam, peserta didik
dapat menentukan hikmah menjauhi riba.
|
36.
|
||
20.
|
Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah.
|
Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah.
|
Disajikan deskripsi tentang kematian, peserta didik dapat mengurutkan
tatacara shalat jenazah.
|
37
|
21.
|
Memahami khutbah, tabligh dan dakwah.
|
Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh dan dakwah.
|
Disajikan deskripsi tentang khutbah, peserta didik dapat membedakan
khutbah jum’at dengan da’wah.
|
38.
|
22.
|
Memahami Hukum Islam tentang Hukum Keluarga.
|
Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam.
|
Disajikan ilustras itentang pernikahan, peserta didik dapat menunjukkan
ketentuan menggunakan wali hakim sebagai wali nikah menurut hukum Islam.
|
39
|
Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia.
|
Disajikan deskripsi tentang pernikahan, peserta didik dapat menunjukkan
ketentuan pernikahan menurut UU Nomor 1 Tahun 1974.
|
40.
|
||
23.
|
Memahami Hukum Islam tentangWaris
|
Menjelaskan ketentuan hukum Waris.
|
Disajikan ilustrasi tentang waris, peserta didik dapat mengidentifikasi
sebab-sebab seseorang terhalang mendapat waris.
|
41.
|
Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum Waris.
|
Disajikan contoh wafatnya seseorang dengan meninggalkan sejumlah harta
warisan dan beberapa ahli waris, peserta didik dapat menghitung bagian yang
diterima oleh masing-masing ahli waris.
|
42.
|
||
NO
|
STANDAR KOMPETENSI/K I.3
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR SOAL
|
NO. URUT
|
24.
|
Memahami keteladanan Rasulullah SAW dalam membina umat periode Makkah.
|
Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW periode
Makkah.
|
Disajikan gambaran semangat perjuangan dakwah Rasulullah SAW periode
Makkah, peserta didik dapat menjelaskan strategi da’wah Rasululullah SAW di
Makkah.
|
43.
|
25.
|
Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Madinah.
|
Mendeskripsikan strategi dakwah Rasullullah SAW periode Madinah.
|
Disajikan kisah singkat da’wah Rasulullah periode Madinah, peserta didik
dapat mengidentifikasi isi Piagam Madinah.
|
44.
|
26.
|
Memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan (1250 – 1800).
|
Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan.
|
Disajikan sejarah singkat sejumlah perkembangan Islam abad pertengahan,
peserta didik dapat menunjukkan contoh tokoh Islam pada abad pertengahan.
|
45.
|
27.
|
Memahami perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).
|
Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern .
|
Disajikan sejarah singkat perkembangan Islam pada masa modern, peserta
didik dapat mengidentifikasi pengaruh gerakan modernisasi Islam terhadap
perkembangan Islam di Indonesia.
|
46.
|
28.
|
Memahami perkembangan Islam di Indonesia.
|
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia.
|
Disajikan sejarah singkat masuknya Islam keIndonesia, peserta didik dapat
menunjukkan faktor-faktor yang menyebabkan Islam berkembang dengan cepat di
Indonesia.
|
47.
|
Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia.
|
Disajikan narasi tentang perkembangan Islam di Indonesia, peserta didik
dapat menganalisis contoh data perkembangan Islam di Indonesia.
|
48.
|
||
29.
|
Memahami perkembangan Islam di dunia
|
Menjelaskan perkembangan Islam di dunia.
|
Disajikan sejarah singkat perkembangan Islam di dunia, peserta didik
dapat menunjukkan contoh perkembangan Islam di dunia.
|
49.
|
Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia
|
Ditampilkan contoh perkembangan Islam di dunia, peserta didik dapat
mengidentifikasi hikmah perkembangan Islam di dunia.
|
50.
|
Merkur 37C Safety Razor Review – Merkur 37C
BalasHapusThe Merkur sol.edu.kg 37c is an excellent 바카라 short handled DE deccasino safety razor. It is more suitable for both heavy and non-slip hands and is therefore a great option for gri-go.com experienced casinosites.one