Senin, 22 Februari 2016

KISI-KISI UASBN PAI TH. 2016

KISI SOAL USBN PAI SMA / SMK PROPINSI KALIMANTAN SELATAN  
TAHUN 2015/2016

NO
STANDAR KOMPETENSI /K I.3
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR SOAL
NO. URUT

1.

Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi.
Membaca QS Al Baqarah: 30, Al-Mukminum: 12-14, Az-Zariyat: 56 dan An Nahl; 78.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum bacaan tajwid.

1.


2.

Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi.
Menyebutkan arti QS Ali Imran: 159 dan QS Asy Syura: 38.
Ditampilkan penggalan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang demokrasi, peserta didik dapat menunjukkan terjemahannya.

2.


3.

Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang perintah menyantuni kaum Dhu’afa.
Menampilkan perilaku menyantuni kaum Dhu’afa seperti terkandung dalam QS. al Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah : 177
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang menyantuni kaum Dhu’afa, peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang sesuai dengan ayat tersebut.

3.


4.

Memahami ayat-ayat Al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup.
Menjelaskan arti QS Ar Rum: 41- 42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup, peserta didik dapat mengartikan penggalan teks ayat tersebut.
4
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup, peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungan ayat tersebut
5

5.

Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang anjuran bertoleransi.
Membaca QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan QS Al-Kahfi: 29.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang anjuran bertoleransi yang tidak lengkap, peserta didik dapat melengkapi ayat tersebut.

6.

Menjelaskan arti QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan QS Al-Kahfi: 29.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang anjuran bertoleransi, peserta didik dapat menunjukkan kandungan ayat tersebut.

7.

Membiasakan perilaku bertoleransi seperti terkandung dalam QS Al-Kafiruun, QS Yunus: 40-41, dan QS Al-Kahfi: 29.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang anjuran bertoleransi, peserta didik dapat menerapkan perilaku yang sesuai dengan ayat tersebut.

8.

NO
STANDAR KOMPETENSI/K I.3
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR SOAL
NO. URUT

6.

Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang etos kerja.
Membaca QS Al-Mujadalah: 11 dan QS Al-Jumuah: 9-10.

Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang etos kerja, peserta didik dapat menunjukkan hukum bacaan ayat tersebut.

9

Membiasakan beretos kerja seperti terkandung dalam QS Al-Mujadalah: 11, dan QS Al-Jumuah: 9-10.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang etos kerja, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku yang sesuai dengan ayat tersebut.

10.


7.

Memahami ayat-ayat al Quran tentang pengembangan IPTEK.
Menjelaskan arti QS Yunus: 101 dan QS Al-Baqarah: 164.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat / penggalan ayat Al Qur’an tentang IPTEK, peserta didik dapat menunjukkan terjemahan ayat tersebut.

11.

Melakukan pengembangan IPTEK seperti terkandung dalam QS Yunus: 101 dan QS Al-Baqarah: 164.
Ditampilkan kutipan salah satu ayat Al Qur’an tentang IPTEK, peserta didik dapat menunjukkan contoh pengembangan IPTEK sesuai dengan kandungan ayat tersebut.

12.


8.

Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya dalam Asmaul Husna.
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
Disajikan narasi tentang sifat Allah yang berkaitan dengan kehidupan manusia, peserta didik dapat menganalisis makna salah satu dari 10 sifat Allah SWT dalam Asma’ ulHusna.

13.


9.

Meningkatkan keimanan kepada Malaikat.
Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Malaikat
Disajikan narasi tentang perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menunjukkan tanda tanda beriman kepada Malaikat.

14.


10.

Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah.
Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah.
Disajikan contoh kasus tentang kehidupan di masyarakat, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah.

15

11

Menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah.
Ditampilkan kisah singkat seorang Rasul Allah, peserta didik dapat menunjukkan hikmah beriman kepada Rasul-rasul Allah.

16.

NO
STANDAR KOMPETENSI/K I.3
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR SOAL
NO. URUT


Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan contoh kasus tentang kehidupan di masyarakat, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh sikap beriman kepada Rasul-rasul Allah.

17.

12

Menjelaskan kehidupan setelah Hari
Akhir.
Disajikan ilustrasi peristiwa hari akhir, peserta didik dapat menjelaskan fase-fase kehidupan akhirat.

18.

Menerapkan hikmah beriman kepada hari akhir.
Ditampilkan narasi tentang hari akhir, peserta didik dapat menganalisis hikmah beriman kepada hari akhir.

19.


13.

Meningkatkan keimanan kepada qadha dan qadar.
Menjelaskan tanda-tanda keimanan kepada qadha’ dan qadar.
Disajikan ilustrasi tentang kehidupan seseorang, peserta didik dapat menunjukkan contoh sikap menerima qadar Allah SWT.

20

14

Menyebutkan contoh-contoh perilaku husnuzzhan terhadap Allah, diri sendiri dan sesame manusia.
Disajikan deskripsi tentang kebiasaan berperilaku terpuji, peserta didik dapat menunjukkan contoh husnuzzhan terhadap sesama manusia.

21.

Menampilkan contoh-contoh adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu atau menerima tamu.
Disajikan ilustrasi tentang bepergian jauh, peserta didik dapat memilih contoh do’a bepergian jauh.

22.

Membiasakan perilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan ilustrasi tentang kebiasaan berperilaku terpuji, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku raja.

23.

Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari.

Disajikan ilustrasi tentang kebiasaan menghargai karya orang lain, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku menghargai karya orang lain.

24

NO
STANDAR KOMPETENSI/K I.3
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR SOAL
NO. URUT
15

Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan deskripsi tentang perilaku seseorang, peserta didik dapat menunjukkan cara menghindari perbuatan dosa besar.

25.

Menampilkan contoh perilaku adil, ridha dan amal shaleh
Disajikan ilustrasi tentang kebiasaan perilaku terpuji, peserta didik dapat mengidentifikasi contoh perilaku ridha.

26.

Membiasakan perilaku adil, ridha dan amal shaleh dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan narasi tentang kebiasaan perilaku terpuji, peserta didik dapat menentukan contoh perilaku adil dalam memimpin.

27.

Menampilkan contoh perilaku persatuan dan kerukunan.
Disajikan ilustrasi tentang kebiasaan berperilaku terpuji, peserta didik dapat menunjukkan hikmah menjaga persatuan.
28
Membiasakan perilaku persatuan dan kerukunan.
Disajikan deskripsi tentang kebiasaan perilaku terpuji, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku membangun kerukunan.

29.


16.

Menghindari Perilaku Tercela.
Menjelaskan contoh perilaku Isyraf, Tabzir, Ghibah dan Fitnah.
Disajikan ilustrasi tentang kebiasaan berperilaku tercela, peserta didik dapat menunjukkan cara menghindari tabzir.

30.

Menghindari perilaku Isyrof, Tabzir, Ghibah dan Fitnah dalam kehidupan sehari-hari
Disajikan ilustrasi tentang perilaku tercela, peserta didik dapat menentukan hikmah menghindari perilaku ghibah.

31.

17
Memahami sumber hukum Islam, hukum taklifi, dan hikmah ibadah.

Menyebutkan pengertian kedudukan dan fungsi Al-Qur’an, Al-Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
Disajikan pernyataan tentang sumber hukum Islam, peserta didik dapat menunjukkan kedudukan hadits sebagai sumber hokum Islam.

32.

Menerapkan hukum taklifi dalam kehidupan sehari-hari.
Disajikan ilustrasi tentang fenomena kehidupan di masyarakat, peserta didik dapat menunjukkan hukum taklifi dari fenomena tersebut.

33.

NO
STANDAR KOMPETENSI/K I.3
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR SOAL
NO. URUT

18.

Memahami hukum Islam tentang zakat, haji dan wakaf.
Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji dan wakaf.
Disajikan wacana tentang erma salahan zakat, peserta didik dapat menunjukkan undang-undang zakat di Indonesia.

34.

19
Memahami hukum Islam tentang Mu’amalah

Menjelaskan azas-azas transaksi ekonomi dalam Islam.
Disajikan deskripsi tentang ekonomi Islam, peserta didik dapat mengidentifikasi transaksi sesuai dengan ketentuan syariah.

35.

Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam Islam.
Disajikan ilustrasi tentang kerjasama ekonomi dalam Islam, peserta didik dapat menentukan hikmah menjauhi riba.

36.


20.

Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah.
Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah.
Disajikan deskripsi tentang kematian, peserta didik dapat mengurutkan tatacara shalat jenazah.

37


21.

Memahami khutbah, tabligh dan dakwah.
Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh dan dakwah.
Disajikan deskripsi tentang khutbah, peserta didik dapat membedakan khutbah jum’at dengan da’wah.

38.


22.

Memahami Hukum Islam tentang Hukum Keluarga.
Menjelaskan ketentuan hukum perkawinan dalam Islam.
Disajikan ilustras itentang pernikahan, peserta didik dapat menunjukkan ketentuan menggunakan wali hakim sebagai wali nikah menurut hukum Islam.

39

Menjelaskan ketentuan perkawinan menurut perundang-undangan di Indonesia.
Disajikan deskripsi tentang pernikahan, peserta didik dapat menunjukkan ketentuan pernikahan menurut UU Nomor 1 Tahun 1974.

40.


23.

Memahami Hukum Islam tentangWaris
Menjelaskan ketentuan hukum Waris.
Disajikan ilustrasi tentang waris, peserta didik dapat mengidentifikasi sebab-sebab seseorang terhalang mendapat waris.

41.

Menjelaskan contoh pelaksanaan hukum Waris.
Disajikan contoh wafatnya seseorang dengan meninggalkan sejumlah harta warisan dan beberapa ahli waris, peserta didik dapat menghitung bagian yang diterima oleh masing-masing ahli waris.

42.

NO
STANDAR KOMPETENSI/K I.3
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR SOAL
NO. URUT

24.

Memahami keteladanan Rasulullah SAW dalam membina umat periode Makkah.
Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW periode Makkah.
Disajikan gambaran semangat perjuangan dakwah Rasulullah SAW periode Makkah, peserta didik dapat menjelaskan strategi da’wah Rasululullah SAW di Makkah.

43.


25.

Memahami keteladanan Rasulullah dalam membina umat periode Madinah.
Mendeskripsikan strategi dakwah Rasullullah SAW periode Madinah.
Disajikan kisah singkat da’wah Rasulullah periode Madinah, peserta didik dapat mengidentifikasi isi Piagam Madinah.

44.


26.

Memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan (1250 – 1800).
Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan.
Disajikan sejarah singkat sejumlah perkembangan Islam abad pertengahan, peserta didik dapat menunjukkan contoh tokoh Islam pada abad pertengahan.

45.


27.

Memahami perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang).
Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern .
Disajikan sejarah singkat perkembangan Islam pada masa modern, peserta didik dapat mengidentifikasi pengaruh gerakan modernisasi Islam terhadap perkembangan Islam di Indonesia.

46.


28.

Memahami perkembangan Islam di Indonesia.
Menjelaskan perkembangan Islam di Indonesia.
Disajikan sejarah singkat masuknya Islam keIndonesia, peserta didik dapat menunjukkan faktor-faktor yang menyebabkan Islam berkembang dengan cepat di Indonesia.

47.

Menampilkan contoh perkembangan Islam di Indonesia.
Disajikan narasi tentang perkembangan Islam di Indonesia, peserta didik dapat menganalisis contoh data perkembangan Islam di Indonesia.

48.


29.

Memahami perkembangan Islam di dunia
Menjelaskan perkembangan Islam di dunia.
Disajikan sejarah singkat perkembangan Islam di dunia, peserta didik dapat menunjukkan contoh perkembangan Islam di dunia.

49.

Mengambil hikmah dari perkembangan Islam di dunia
Ditampilkan contoh perkembangan Islam di dunia, peserta didik dapat mengidentifikasi hikmah perkembangan Islam di dunia.

50.



1 komentar:

  1. Merkur 37C Safety Razor Review – Merkur 37C
    The Merkur sol.edu.kg 37c is an excellent 바카라 short handled DE deccasino safety razor. It is more suitable for both heavy and non-slip hands and is therefore a great option for gri-go.com experienced casinosites.one

    BalasHapus

SURGA FIRDAUS IMPIAN ORANG BERIMAN

                                                             SURGA FIRDAUS      Setiap muslim pasti ingin masuk kedalam surga dan mereka b...